Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Managemen MPASI Dita 6-8 bulan

Posted by BunDit on March 18, 2009

Alhamdulillah, MPASI Dita telah melewati tahap pertama (6-8 bulan). Sebagai ibu baru, saya mengelola Makanan Pendamping ASI untuk Dita dengan cara learning by doing, tentu saja dengan dukungan informasi dari milis, artikel di internet, buku dsb. Untungnya saya memiliki partner yang bisa dibilang suka berkutat di dapur, siapa lagi kalau bukan Mbak Euis, teman setia Dita saat saya dan suami bekerja. Mbak Euis lah yang memasak MPASI untuk Dita selama saya bekerja. Bila ada makanan baru, saya mengajari Mbak Euis cara mengolahnya saat saya libur. Di awal MPASI Dita, saya pernah buat bubur ASI kekurangan air sehingga jadinya mringkil2😀 . Maklum belum tahu takarannya. Lama-lama ya alah bisa karena biasa🙂

Begini Managemen MPASI ala Bundanya Dita :

PERSIAPAN MPASI

  • Mencari informasi MPASI sebanyak-banyaknya.

Sebelum usia Dita menginjak 6 bulan, saya mencari informasi soal MPASI awal. Caranya? Rajin googling. Namun untuk mempersempit area pencarian saya lebih suka searching di milis yang Public (tidak perlu subscribe), tinggal masukin kata kunci, dapatlah banyak tautan message archive sesuai dengan kata kunci yang dimaksud. Untuk milis MPASI, saya lebih banyak “main” di milis MPASI Rumahan. Juga sering-sering mengintip blog nya ibu-ibu yang usia anaknya sepantaran dengan Dita *untung saya gak timbilen karenanya😀 *

  • Merangkum yang berhubungan dengan MPASI

Dari kegiatan googling, searching dan ngintip itu, saya memilah kemudian merangkum apa-apa yang menjadi agenda seputar MPASI Dita. Hasilnya? Selain kumpulan resep-resep MPASI (nanti akan saya share), ini yang pernah saya posting di tulisan terdahulu :

Daftar Barang Persiapan MPASI

Tabel Rangkuman Menu MPASI vs Usia

  • Belanja!

Nah, hasil rangkuman itu direalisasikan dengan belanja kebutuhan MPASI awal. Untuk peralatan MPASI memang harus segera dibeli, sedangkan untuk bahan makanan MPASI, untuk awalnya saya cukup memesan tepung Gasol saja dulu, karena untuk MPASI 6 bulan memang saya memutuskan memberikan bubur ASI. Selanjutnya untuk buah-buahan dan sayuran, saya membelinya mingguan.

IT”S TIME TO MPASI

  • Menyusun Menu

Untuk MPASI Dita 6 bulan, saya langsung menyusun menunya selama 1 bulan. Soalnya makannya masih bursi dan puree buah, jadi gampang nyusunnya. Untuk 7 bulan dan 8 bulan, karena menunya makin variatif, saya menyusunnya sambil jalan (karena harus mengarang indah dulu), sekaligus melihat ketersediaan stock di kulkas😀 . Saya selalu menentukan menu untuk hari H minimal sehari sebelumnya, sehingga mbak Euis tidak perlu memikirkan menu untuk Dita dan tinggal memasak sesuai catatan saya. Penyusunan menu ini keharusan bagi saya, hal ini untuk menghindari pemberian menu secara sembarangan untuk Dita . Catatan menu ini saya tempel di dekat dapur, sekaligus untuk mencatat kalau-kalau ada reaksi Dita setelah makan makanan tertentu, sekaligus mencatat jam, warna dan tekstur pup nya Dita. Kata Ayahnya Dita, saya ini pengamat pup😀

  • Membeli bahan makanan

Biasanya saya membeli bahan makanan yang tahan lama (buah, sayur)per minggu. Untuk bahan makanan tertentu seperti bayam, tempe, tahu saya membeli pas di hari H di tukang sayur keliling. Sedangkan untuk daging ayam dan daging sapi, saya lebih memilih memesan ke tukang sayur langganan daripada membelinya di supermarket. Kalau dari tukang sayur kepercayaan, mereka membelinya di pasar dan menjamin yang dia beli lebih fresh. Kalau di supermarket, takutnya stock lama. ya untuk antisipasi saja.

  • Menyimpan bahan makanan

Sayuran, yang berkulit (wortel, labu, zuchini dsb) dicuci dulu sedangkan untuk sayuran berdaun dialiri air kran (brokoli, asparagus dsb), kemudian baru dimasukkan ke plastik bening dan plastiknya dilubangi sekitar 3-4 titik, di pisah per jenis.

Buah, dicuci dan dimasukkan ke plastik bening dan plastiknya dilubangi sekitar 3-4 titik, dipisah per jenis.

Daging, baik daging ayam atau daging sapi, dicuci langsung direbus. Setelah matang, daging dicincang halus. Air kaldu dan daging cincang dimasukkan ke cetakan es untuk dibekukan. Setelah beku, dimasukkan plastik klip per porsi masak untuk mempermudah dalam mengolah. Biasanya saya membekukan air kaldu dan daging untuk stock seminggu.

  • Mengolah MPASI

Untuk buah yang dikukus kemudian disaring/diblender, mbak Euis melakukannya di pagi hari dan hanya untuk hari itu lalu ditempatkan di baby cubes dan disimpan di kulkas. Hal ini demi kepraktisan saja. Saya tidak pernah membekukan puree buah. Sedangkan untuk bubur atau nasi tim saring, semua dilakukan ndadak, biar enak dimakan hangat-hangat.

Jadi begitulah ibu-ibu, managemen MPASI 6-8 bulan yang Bunda lakukan untuk Dita. Untuk MPASI 9-12 bulan akan saya ceritakan kemudian. Karena untuk soal MPASI saya lebih memilih menceritakan apa yang sudah saya lakukan daripada apa yang akan saya lakukan. Jadinya benar-benar namanya berbagi pengalaman. Silakan jika ada Bunda yang lain yang mau membagi pengalamannya seputar MPASI🙂

 

55 Responses to “Managemen MPASI Dita 6-8 bulan”

  1. 6 bulan lagi aku mampir lagi kesini ya mbak..*lama amat ya :D* belon brojol soalnya.. salam kenal (^_^)V

    Bundanya Dita :
    Salam kenal juga mbak Darina. Wah, lagi menikmati masa kehamilan ya? Silakan mbak, anytime mampir ke sini. Blognya Dita selalu open house kok🙂

  2. sanggita said

    Ikut2an : 2 bulan lagi sama baca artikel ini.😆

    Bundanya Dita :
    Monggo mbak..🙂

  3. Rifa said

    nyontek ya mbak, isi blognya, esp tentang MPASI nya.🙂

    Bundanya Dita :
    Silakan mbak. Dengan senang hati saya berbagi🙂

  4. prabantini said

    Tx ya, tabel menu MPASI-nya bermanfaat sekali. Saya print dan tempel di dapur, biar suami or mertua tau juga, he – he he, jadi gak ada alasan kalau mereka maksa kasih makan dedek dg jenis makanan yg belum waktunya.

    BunDit :
    Monggo mbak Prabantini, dengan senang hati saya berbagi. Menurut saya, pencernakan anak harus kita hormati dengan menyesuaikan makanan dan usianya🙂

  5. Dwi Astuti Ningsih said

    Duuhhhh…thanx banget bundanya Dita…
    Marva udah 4 bulan nih n udah mulai sibuk cari2 info biar lebih prepare!!boleh donk sering2 ngintip. Mudah2an kita sama2 ga bintitan yah!

    BunDita :
    Sama-sama mbak Dwi. Silakan mengintip blog nya Dita sepuasnya. Hehehe bener moga2 mbak gak bintitan, kan mbak yang ngintip😀 .Salam buat dik Marva dari Dita ya. Dik Marva punya blog nggak?

  6. ira said

    Mbak, numpang ngintip lagi yaaa.. *Ini koq ngintip gak sekilas, tapi seluruh isi blog-nya Mbak :D*

    BunDit :
    Hehehe gak papa kok mbak. Silakan saja🙂

  7. […] by Bundanya Dita on June 26, 2009 Tidak seperti di MPASI 6-8 bulan yang dimulai dengan “kesibukan” mencari informasi yang berkaitan dengan MPASI, untuk […]

  8. gitafh said

    mba, makasi ya, aku sangat terbantu dgn postingan mba yg sistematis ini, bentar lg dah mau kasiy ichiro mpasi, agak bingung mau mulai darimana..

    BunDit :
    Sama-sama Mom. Ikut senang kalau tulisan saya di blog ini berguna. Happy MPASI ya dik Ichiro🙂

  9. Dien said

    Hi..mom dita,my baby gissela bentar lg udh mo 6 bln nich,jd intip tipsny ya bwt nambah masukan.tp lg bingung jg neh ttng sayuran yg akan d berikan bwt Mpasi Cos pernah baca d mana gt,wortel,brokoli,bayam br bs d berikan umur 7 atw 8bln krn kndngan nitratny tinggi.jd bgung ntar mO ngasiH sayuran jenis apa bwt gissela???salam maniez y.

    BunDit :
    Dulu kebingungan yang sama juga saya rasakan Mom🙂 . Tapi saya coba rangkum jenis makanan buat MPASI vs usia paling tepat buat baby kita mengkonsumsinya. Silakan Mom lihat/unduh Tabel Rangkuman MPASI vs Usia di Right Bar blog ini. Semoga membantu🙂

  10. fiona said

    Salam kenal Bundanya Dita🙂

    Tanggal 3 besok, my baby Stefi berumur 5 bulan. Sebulan lagi udah mulai mamam… sekarang aja udah ngeliatin ‘pingin’ kalo papa mamanya ato granienya lagi mamam..
    Ikutan download tabel rangkumannya ya Mom..
    Thanks banget! Salam buat Kakak Dita dari Stefi…

    BunDit :
    Salam kenal mbak Fiona. Silakan unduh aja tabel rangkumannya. Salam juga buat dik Stefie🙂

  11. Trias said

    Salam kenal mbak…

    Boleh bergabung ya… Klo buah seperti apel/pir apa mesti harus dikukus / direbus ya? klo lgsng diberikan segar?

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak. Setahu yang saya baca, untuk awal MPASI (umur 6-8 bulan), sebaiknya buah spt apel/pir di kukus dulu (jangan direbus, nanti banyak vitamin yang hilang), baru diblender, biar teksturnya lembut. Untuk MPASI, kalau saya menganut pengenalan bertahap, dari minum ASI saja (0-6 bulan) kalau langsung diberi yang kasar2 kan kasihan pencernakan bayi. Jadi awal MPASI disarankan makanan yang lembut dan encer, secara bertahap ditingkatkan tekstur dan kekentalannya. Semoga membantu🙂

  12. Trias said

    Makasih bunda infonya, mo nambah tanya nih… Bgm penyimpanan pure buah yg baik? max brp lama? apa mesti di blemder? klo disaring apa masih kasar?

    BunDit :
    Kalau pure buah, saya biasanya bikin pagi hari, trus dismpan di kulkas untuk siang dan sore pada dari yang sama. Demi kepraktisan aja, jadi bikinnya sekalian. Kalau saya gak pernah membekukan pure buah, soalnya kan bikinnya cepat. Yang saya bekukan hanya kaldu dan daging ayam/sapi/ikan. Untuk awal MPASI buat Dita dulu, untuk pure buah, saya blender kemudian di saring lagi. Soalnya kalau di blender doang takut masih tersisa serat kasarnya. Kalau di saring pakai saringan kawat itu justru malah lebih bisa lembut dan serat kasarnya gak ngikut, cuman kalau gak diblender dulu langsung disaring, lebih susah dan butuh waktu lama. Setelah usia 9 bulanan, ya gak perlu disaring2 lagi atau bisa langsung dimakan berupa potongan kalau anak sudah mampu mengunyah dengan baik. Begitu sih pengalaman saya🙂

  13. ambar said

    bunda dita, salam kenal:), mau tanya singkatan yang bunda buat di jadwal makan BTP, BKH, BBM, BBC itu apa ya, terus kobotcha itu sejenis apa yah? aku baru denger… trimakasih

    BunDit :
    Salam kenal mbak Ambar. Singkatan tsb sebenarnya sudah saya beri keterangan di Jadwal dan Menu MPASI Dita 6 bulan . Silakan unduh file ini. Kalau kabocha itu sejenis labu, dijual di Carrefour juga kok, silakan lihat fotonya di postingan ini MPASI Dita 6 Bulan .Semoga membantu🙂

  14. Trias said

    Bun mo nanya nih, klo bubur kacang merah itu sebaiknya digunakan untuk bayi usia berapa ya..? thanks

    BunDit :
    Untuk kacang-kacangan (kacang panjang, kacang kapri, kacang merah), menurut yang saya baca, sebaiknya diberikan bayi umur 9 bulan. Jadi untuk bubur kacang merah pun demikian. Kalau Dita gak doyam nih bubur kacang merah. Untuk selengkapnya mbak Tria bisa unduh File MPASI vs Usia di sini . Semoga membantu🙂

  15. Trias said

    Bun, setiap sy buat bubur susu di tengah2 maem kok buburnya jd mencair ya? jd encer akhirnya, pdhl diawal dah sy atur kekentalanya…apa sy buatnya yg kliru?
    setelah bubur masak baru sy campurin susunya…

    BunDit :
    Bener mbak, dulu saya juga mengalami hal serupa. Buatnya sudah bener kok mbak. Bubur gasol sudah masak baru ditambah ASI. MAsak buburnya pun diusahakan jangan kebanyakan air. Kemudian jumlah ASI nya saja yang di atur. Jadi dikira2 saja, biar nanti kalau encer gak encer banget. Dulu saya akalin begitu. Semoga membantu🙂

  16. Trias said

    Mbak, untuk usia 6 ~ 7 bulan , pemberian bubur susu takarannya brp ? Zahra saat ini usia 6bln 3minggu setiap kali pembuatan 2 sendok makan tepung gasol (blm dimasak) untuk 2x maem, masih kurang ya? Itupun dia sdh sendawa… apa klo sdh sendawa maem harus dihentikan? tp msh mau maemnya?

    BunDit :
    Kalau pengalaman saya dulu, awal-awal MPASI takarannya 1 sdm tepung+20ml ASI di minggu 1, kemudian minggu ke-2 saya tingkatkan kekentalannya, 2 sdm tepung+20ml ASI. Tapi aturan ini sebagai guidance saja, intinya makanan yang kita berikan harus bertahap dari segi jumlah maupun kekentalan/kekasarannya. Tiap2 bayi kan unik. Lama-lama kita hafal kok, tanda2 dia sudah kenyang atau belum. Untuk jadwal dan menu Dita 6 bulan, mbak bisa lihat di sini . Tabel ini untuk guidance saja, sesuaikan dengan dik Zahra ya🙂

  17. Yustita Mayasari said

    Bunda Dita salam kenal ya.
    Bunda 1/2 bulan lg saya uda harus kasi anak saya MPASI.waktu saya baca blog bunda saya sampe terkagum-kagum ni.bunda hebat n teliti bgt ya.bunda saya nyontoh ya ttg jadwal n menu buat MPASI nya.bunda saya jg mau nanya dl bunda ngabisin brp bungkus tepung gasol yg beras merah,beras coklat,tepung kacang ijo,tepung pisang?saya mau bli tp takut blinya kurang ntr.wkt dita umur 6 maemannya di blender trs disaring g?atau cm salah satu aj?hehehe maaf ni bunda banyak tanya…bunda mohon advice nya ya.ma kasi bgt bunda.

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak Yustita. Silakan di ambil yang sekiranya berguna di blog ini. Awal MPASI dulu seinget saya, saya cuma beli tepungnya masing 1 bungkus. Penggunaannya kan diselang-seling, jadi habisnya lama kok mam. Bisa 2 bulanan deh/malah lebih, agak lupa. Kalau kurang kan gampang mam, kan order tepungnya bisa by phone, Dulu kalau kira-kira sudah mau habis ya order lagi (hehehe saya bukan agen tepung gasol lho).

    Waktu awal mamam, pengalaman saya untuk buah seperti apel/pir, habis dikukus, trus disaring saja. Untun nasi juga gitu, awalnya ya disaring saja. Kalau mau enak, pakai saringan kawat yang gede itu mam. Kalau saringan kawat bawaan dari feeding set itu kurang mantap karena kecil dan gampang jebol. Semoga membantu🙂

  18. Trias said

    Mbak klo agar2 itu bisa diberikan bayi usia brp ya? tq

    BunDit :
    Karena agar-agar teksturnya padat, sebaiknya diberikan ke bayi yang sudah punya kemampuan mengunyah. Sekitar 8 bulan ke atas. Saya dulu sering berikan agar-agar ASIP rasa buah ke Dita. Resepnya bisa dilihat di sini . Semoga membantu🙂

  19. Yustita Mayasari said

    Bunda,saya mau tanya lg ya…jng bosen ya bunda🙂 bunda untuk maem prtama kali apa boleh selain beras coklat(misal bbm,btp,bkh)?lalu apa boleh wkt awal2 maem itu tiap harinya ganti?misal hri ke 1 bbc ke 2 bkh ke 3 btp?krn saya liat di jadwal maemnya dita kok bbc slana 1mggu berturut2.menurut bunda gmn?mohon advicenya ya bunda dita.

    BunDit :
    Sebenarnya boleh-boleh saja, tapi menurut saya untuk amannya terapkan 4 day wait rule . Dengan memberi makanan yg sama selama 4 hari berturut2 ini, gunanya untuk antisipasi supaya jika anak alergi terhadap jenis makanan tertentu, dapat segera diketahui penyebabnya. Kalau saya sendiri ya gak saklek banget dengan aturan ini, cuma untuk awal2 MPASI sebaiknya diikuti. Untuk selanjutnya sih, karena lama2 makin “mengenali” makanan anak, saya mulai bandel hehehe. Tapi tetap saja, untuk antisipasi saya hanya memperkenalkan 1 jenis makanan baru dalam 1 hari, ya supaya ketahuan kalau ternyata anak kita alergi makanan tertentu atau pupnya bermasalah. Semoga membantu🙂

  20. ida said

    Salam Kenal Bunda Dita,,,
    klo ngasih mpasi dari daging/ikan tuh mulai umur berapa ya????

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak Ida. Setahu saya dari beberapa referensi, untuk daging ayam/sapi mulai umur 7 bulan. Sedangkan untuk ikan umur 9 bulan. Untuk lengkapnya silakan unduh file rangkuman yang saya susun dg referensi dari berbagai sumber Tabel-rangkuman-mpasi-vs-usia .Semoga membantu🙂

  21. rajni said

    salam kenal bunda dita…
    maaf saya boleh ya ngintip jadwal mneunya dita…saya edit lagi hehehe…
    saya mo nanya..rajni (7 bln)sudah mulai variasi makan ne..tapi akhir2 ini sepertinya makannya agak susah…tapi saya juga bingung kadang doyan kadang g…kira2 knp ya..menunya sih saya liat diblognya bunda2 jg….udah gt pupnya agak susah…baru pupnya lancar kalo dikasih pepaya..pliiis infonya…thanks be4 bunda….

    BunDit :
    Silakan mbak. Jadwal menu Dita itu editable kok. Anak kan unik, jadi menu makanan anak yang satu gak bisa sepenuhnya diterapkan sama persis ke anak lain. Soal kenapa anak susah makan, menurut pengalaman saya, penyebabnya bisa macam-macam ya. Makanan kurang variasi jadi anak bosan, lagi mau tumbuh gigi, waktu pemberian terlalu mepet dengan pemberian makanan lain misal susu/ASI dll. Dita juga pernah sehari blas gak doyan makan, tapi besoknya menu diganti eh jadi makan lahap seperti biasa. Ya memang perlu kecermatan dalam mengenali anak susah makan.

    Setahu saya seperti yang pernah saya baca di whole some baby food , buah pear adalah buah yang bagus untuk masalah konstipasi. Sampai sekarang, pear selalu menjadi stock rutin buah untuk Dita. Kadang saya campur apel, campur mangga dst. Alhamdulillah sampai sekarang Dita pupnya lancar.

    Oh ya, kalau boleh tahu dedek Rajni minum susunya ASI atau dicampur dengan sufor. Dan tidak bermaksud menyudutkan sufor, cuma menurut pengalaman beberapa teman ada sufor merk2 tertentu yang menyebabkan pup anak jadi keras. Saya gak bisa share mengenai sufor ini karena sampai sekarang Dita belum saya perkenalkan dengan sufor.

    Hihihi jawaban saya panjang ya. Semoga sedikit membantu🙂

  22. june said

    salam kenal bunda dita,

    terimakasih sekali buat tips mpasi-nya. Sangat berguna sekali. dan aku sangat menghargai bunda Dita yang mau meluangkan waktu berbagi ilmu dengan ibu-ibu muda lainnya.Baby aku tanggal 31 may ini akan mulai MPASI pertama di usianya pas 6 bulan.
    Bagaimana yah managemen MPASI saat bepergian? misalnya di Mal, atau pas ke luar kota?
    trus baby cubes itu belinya dimana ya

    thanks before.

    june

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak June, Terima kasih atas apresiasinya thd tulisan saya. Wah, kayaknya pertanyaan mbak June jadi ide saya buat nulis nih. Nanti jawabannya saya tulis dalam posting tersendiri aja ya mbak. Insya Allah besok deh🙂 . Oh ya baby cubes nya saya beli di carrefour Cempaka Mas.

  23. Virna said

    BunDit, Thank you banget… Sangat membantu ibu muda seperti saya yang jauh dari orangtua dan saudara…

    3 minggu lagi udah mulai mamam nih baby kaka..

    Thanks

    BunDit :
    Sama-sama mbak. Semoga nanti dede Kaka nya mamamnya gampang dan banyak ya🙂

  24. leni said

    Bunda… salam kenal ya
    Numpang tanya boleh donk, emang pure buah gak boleh disimpen di freezer ya Bun? Aq pernah denger dr temenku, kalo mnrt Bunda gmn? Tenkyu yah..

    BunDit :
    Salam kenal mbak Leni. Kalau soal boleh tidak nya, menurut saya boleh saja. Cuma kalau saya pribadi memilih untuk tidak membekukan pure buah. Pure buah kan mudah dan cepat bikinnya, bisa lah dibuat tiap hari. Lagian rasanya lebih fresh kalau dibuat mendadak, atau setidaknya dikonsumsi pada hari yang sama. Jadi jika dibuat pagi, cukup dimasukkan ke kulkas dulu untuk dimakan siang/sore. Jadi saya hanya membekukan kaldu/daging ayam/ikan/daging sapi aja. Karena yang ini kan gak praktis kalau dibuat tiap hari. Dan itupun saya batasi stocknya untuk pemakaian maksimal seminggu. Begitu menurut pendapat saya🙂

  25. Bunda, salam kenal yah…
    senangnya membaca blog ini, komprehensif dan lengkap banget. Lumayan menginspirasi diriku buat bikin blog serupa buat my baby (gpp kan bun nyontek2 dikit idenya, tapi ini plagiator jujur kok,:D). Pertama kali liat blog ini, soalnya pas nulis keyword tentang MPASI di google selalu muncul blognya bunda dita, wah sukses banget nih kayaknya membuat mbah google juga terpesona sama isi blog sampe dimasukkin jadi urutan pertama pencarian, hehehe…
    Secara my baby dah mau 6 bulan, bulan depan, jadi lagi menggiatkan diri buat nyari info sebanyak2nya tentang MPASI. Thanks banget, info2nya bener2 berguna en bagus banget. Btw, kalo nanya2 juga boleh kan yah?? hehehe…Tapi kalo nggak boleh juga gpp kok, pokoknya thanks banget deh buat such a comprehensive blog, it helps me a lot, thanks bun…

    BunDit :
    Thanks apresianya Ummi. Hihihi mbah google nya lagi sayang sama blognya Dita ini kali. Ayo ummi bikin blog di WP. Kalau di MP, susahnya yang mau kasih komen harus punya account MP juga. Silakan ummi kalau ada yang mau ditanya. Sepanjang saya bisa menjawab, akan saya share. Lha ilmu saya juga tahunya dari pengalaman aja dan hasil sharing dengan ibu2 yang lain. Salam buat dedek Kiera. Semoga nanti mamamnya banyak dan gampang. Dan yang penting selalu sehat ya🙂

  26. vietri said

    bunda, salam kenal
    mau nanya nih bun, kalo puree buahnyakan buatnya pagi, disimpan dikulkas untuk dimakan siangnya…
    itu harus dihangatkan dulu atau gimana ya…atau langsung dikasi gitu
    baby saya 1 bulan lagi nih mau mpasi, jadi belajar dulu

    thanks ya bun

    BunDit :
    Sepengalaman saya dulu, puree buah dari kulkas saya hangatkan di suhu ruangan saja mbak. Semoga nanti anaknya mamamnya banyak ya dan selalu sehat🙂

  27. ummu hamaz said

    thanks ya bun infonya…swngaaat membantu, aku nyontek abiz boleh ya…dgn variasi dikit deh, biar gak plagiat..hue3

    BunDit :
    Saya senang apabila blog ini membantu. Boleh kok di copas habis hehehe. Tapi memang lebih bagus lebih disesuaikan ke anak ummu🙂

  28. nira said

    salam kenal bunda Dita
    jempol deh buat bunda yang satu ini, bekerja tapi rajin banget ngeblog perkembangan baby na, kirain saya doang yang pusing ngurus anak dengan kerja, mungkin sekarang telat, besok tgl 28 maret pas 6 bulan anak saya MPASI, tapi saya baru cari menu sekarang( 2hari lagi..), sempat ketar-ketir karena asi saya mulai berkurang. mo tanya, kalau buat bubur gasol pagi terus buat siang /sore bisa yah? cara nyimpen dan sajikan lagi gimana?(dihangatkan lagi or + air panas saja), terus bagaimana cara campur bubur ketika ingin disajikan dengan asip, apa asip harus dihangatkan dulu(karena dari kulkas)?
    please jawab secepatnya ya Bunda DIta …
    terimakasih sebelumnya…

    BunDit :
    Salam kenal juga mam. Kalau dulu saat saya gantor, yang momong Dita selalu buat bursi (bubur ASI) nya ngedadak. Jadi gak pernah nyimpen2 bursi. Tapi misal terpaksa biar gak repot, gak masalah bikin sekalian untuk pagi,siang dan sore. Sebaiknya disimpan di kulkas. Pas mendekati makan diamkan di suhu ruang aja. Kalau mau hangat ya dimasukan magic jar sebentar. ASIPnya jangan dipanasin mam biar gizinya gak hilang. Dari kulkas dikeluarkan aja dan didiamkan dalam suhu ruang. Setelah dinginnya berkurang baru dicampur ke dalam bubur yang hangat tadi. Semoga membantu🙂

  29. buna prita said

    Hai bunda…
    Sekarang Alde sudah mulai mpasi hampir 3 minggu. Menurut pengalaman bunda, pernah ga ngasih makanan lain selain jam makan dita yg sudah bunda tulis di jadwal? dikasih finger food/biskuit gitu? terimakasih ya sebelumnya…

    BunDit :
    Pengalaman saya, saya memberikan finger food saat Dita umur 8 bulan. Menurut referensi http://www.wholesomebabyfood.com/introducing-baby-finger-foods.htm , usia terbaik memperkenalkan finger foot sekitar umur 7-8 bulan. Itupun harus diawasin, soalnya anak takut tersedak. Semoga membantu🙂

  30. tika said

    bunda memang hebat nih, bikin postingan smp setahun lewat ga ada matinya, jd saya yg jg lg persiapan mpasi ga malu2 mau nanyanya🙂

    baru liat menunya mbak dita, ada bbc+bbm, btp+apel, atau pepaya+air jeruk dan sbgnya itu, maksudnya sesama tepungnya bnr2 dicampur jd 1, dan sama buahnya, atau air jeruknya jg gitu? ada tujuan tertentu kah, atau cuma untuk ‘rasa’ nya aja?
    terus utk buah2an, ada yg disebutkan pakai puree, ada yg disebutkan nama buahnya aja, ini bedanya apa ya?
    (duh, maaf kalo ini pertanyaan bodoh bgt ya…)
    terus kalau bayi itu habis makan minum air putih jg kah?
    terus di akhir bln ke7 kayanya mbak dita udah makan tempe/asparagus, itu dibubur jg?
    terima kasih banyaaaak ya bunda dita…

    BunDit :
    Hai mam. Iya, kalau bbc+bbm gitu memang kedua tepung di campur di panci, di beri air dan aduk sampai rata kemudian baru di masak di atas api sedang sambil diaduk2 terus sampai matang. Nah untuk buah nya selain untuk vitamin ya untuk perasa juga, soalnya saya tidak memberikan gula/garam sama Dita sebelum usia 1 tahun. Buahnya sendiri ya dicampurkan ke bubur yang telah matang.

    Yang saya sebutkan tanpa kata “puree” sebenarnya puree juga mam. Gak saya tulis aja😀 . Iya, sehabis makan kalau anaknya mau ya dikasih saja air putih mam. Kalau dulu seinget saya, Dita habis makan di usia mulai 6 bulan, minumnya ASI aja. Maklum saat itu kan ASI saya masih melimpah. Dita mulai umur 8 atau 9 bulan gitu baru waterholic alias hobi banget minum air putih sampai sekarang 🙂

    Untuk tempe dan asparagus memang masaknya dicampur dengan masak nasi tim gitu mam. Setelah matang baru deh di saring. Begitu mam, semoga membantu🙂

  31. bety said

    bunda salam kenal….

    bun,info nya berguna banget nih…sebulan lagi Fayyaz ku mau MPASI….
    bun,cara bikin gasol untuk awal MPASI tuh gimana ya..
    1 sdt gasol itu mksdnya tepungnya atau bubur yg sdh jd??
    di petunjuk tepung gasol kan 20 gr dicampur 200 nl air ya??bingungggg…….
    kalo bubur susu itu bisa dibekukan nggak ya??(ada rencana piknik di kantor nginep 1 hari)
    trus menambah kekentalannya bagaimana???apa tiap minggu??

    maaf ya bun…msh bingung sih.

    mksh

    BunDit :
    1 sdt gasol itu maksudnya tepungnya mam. Kalau airnya saya kira2 aja, gak liat petunjuk. Awalnya emang buatnya mringkil2 tapi lama2 tahu takarannya. Kalau menambah kekentalannya tergantung kesiapan anak. Dulu awal2 nya seminggu sudah saya tambah kekentalannya.

    Kalau cuma sehari misal bener2 gak bisa masak di tempat piknik, mending buat buburnya aja trus di masukan baby cubes dan disimpan di cooler box, gak usah dibekukan. ASI/susu nya kan bisa dicampur ngedadak saat anak mau makan. Sama bawa buah yang gampang bikinnya gak perlu dikukus misal alpukat/pepaya/pisang ambon, dicampur ASI yummy juga mam🙂

  32. ummi Fayyaz said

    salam kenal bunda….

    Fayyaz dah 2 hari ini mulai MPASI…hari pertama lancar…eh hari ke 2….rame bener…tangannya ikut2an kesana kemari…
    bun,gimana sih posisi makan yang baik untuk bayi 6 bulan..Fayyaz posisi setengah berbaring tidak mau..maunya duduk..pdhl kan belum bisa duduk..trus jadi susah nyuapinnya.tangannya ikut2an…maksudnya biar punya kebiasaan makan dengan baik…
    oya bun..makasih ya info MPASI…membantu bener.nyontek..:)

    terima kasih banyak

    BunDit :
    Karena di awal MPASI makanannya masih encer, dulu Dita sih posisinya dipangku setengah berbaring. Coba tangan Fayyaz di pegangin mainan yang disukai atau sambil menonton DVD kesukaannya. Biasanya anak akan jadi anteng deh. Maaf kalau tidak banyak membantu. Salam buat dedek Fayyaz. Selalu sehat dan makannya banyak ya🙂

  33. ummi fayyaz said

    mau nanya lagi nih bun…

    alhamdulillah fayyaz maemnya dah 2 kali sehari…kalo maem sama si mbak lebih anteng euiiii….
    mom,gimana sih sebenarnya cara ngukus sayuran/buah (ex:labu,pir,apel)….biar vitaminnnya ga banyak terbuang..
    bunda kalo ngukus pake panci apa??

    makasih banyak ya

    BunDit :
    Cara ngukusnya biasa aja. Setelah apel/pir/labu dikupas kemudian potong2 dan masukkan ke wadah stainless steel (yang biasa buat kobokan itu). Trus taruh di kukusan panci (pembatas yang bolong2 itu lho), dengan air dibawahnya yang sudah mendidih. Semoga membantu🙂

  34. hallo bunda salam kenal..
    2 bulan lg aku mau mulai mpasi niy..ijin nyontek2 boleh ya bunda, biar aku jd ketularan pinternya hehe. oiya skalian ijin ngelink blognya ya bun. boleh? salam kenal jg buat kakak dhita dr zoya🙂

    Hai mam, salam kenal juga. Silakan di copas mana yang dimaui. Ok, blog nya juga saya link ya mam. Kiss buat dedek Zoya dari Dita🙂

  35. NovieS said

    Allow bundit..salam kenal ya..
    thanks banget ya blognya..bener2 sangat mbantu..bunda, saya mau downk resep mpasi nya..cara bikinnya tiap mpasi..bulan depan adek kayla udah mulai maem mpasi nih, jadi mamanya skrg sibuk cari info ttg mpasi…salam buat mbak dita ya..
    jangam bosen2 ya kalo ntar2 saya sering nanya ke bundit..mohon dimaklumi krn masih amatiran.. makasih… ;p

    Hai mam. Salam kenal juga. Silakan mam, kalau saya bisa bantu saya akan bantu🙂

  36. Visisca mamanya Varo said

    dear bunda Dita,
    Blognya bagus bgt sering saya buka nih buat nyontek mpasi, maklum masih gaptek bgt masalah ngasuh baby n ingin ngasih yg terbaik.
    Bun mau tanya kalo kasih air putih sehabis kasih mpasi itu lewat sendok ato dot ya?
    Makasih sblmnya

    Makasih atas apresiasinya thd blog ini. Kita sama-sama belajar kok mam. Kalau soal kasih air putih, bisa dengan cara 2-2 nya bun. Mana yang dirasa nyaman di baby aja dan tergantung situasi. Kalau saya sendiri dulu kalau Dita mamam di rumah, biasa pakai sendok. Tapi kalau lagi traveling trus ngasih MPASI lewat botol bersendok, lebih praktis minum air putihnya pakai botol🙂

  37. Mama Taka said

    Hi salam kenal …

    Saya permisi unduh rangkuman menu mpasi vs usia nya ya . . .
    lagi persiapan mpasi juga nih, bulan depan Taka udah mulai mpasi, jadi lagi mulai nyusun menu . . .

    Banyak juga googling and informasi emang seperti yg di rangkum ini . . .

    Salam kenal mam. Silakan diunduh saja ang diperlukan. Salam buat dedek Taka🙂

  38. Ayu said

    hi bunda salam kenal ya..

    ijin nyontek ya bunda, soalnya baby Kiano sebulan lagi dah mulai mpasi
    oo iya, skalian ijin ngelink blognya ya bun? boleh ya??😉

    Hi mam, salam kenal juga. Silakan dilink, saya juga link balik ya🙂

  39. janty suharta said

    hai bunda, apa bunda punya saran ni buat aku? bntar lg anakku umur 6 bln, aku sendiri kerja, jd anakku cuma sama susternya aja dirmh..apa makanan yg bunda tulis di tabel utk mknan anak umur 6 bln itu bisa dibuat smua dr pagi2? jd misalnya aku bikin pagi2 jam 4 terus aku masukkin kulkas smuanya utk mkn jam 9 & 16 blhkah? dr yg aku baca kan tinggal dikluarin aj dr kulkas terus taro aj di meja makan sampe dinginnnya ilang? kira2 brapa lama y spy ga dingin lg?terus jam makannya harus jam 9 & jam 16? terus kalo gasol dicampur sufor bolehkah? karena aku dr pertama nglahirin bermasalah dengan asi jd ga kluar (sedih bgt)..thx bgt ya bunda…

    Mam bisa buat makanan pagi2 kemudian di masukin kulkas. Saat mau makan, keluarkan dari kulkas, didiamkan sebentar supaya hilang dinginnya. Baru watu mau makan, dihangatkan sebentar di magic jar gak masalah. Saran saja, ajarkan pelan2 kepada suster cara membuat makanan buat si kecil. Jadi makanan bisa disajikan dengan fresh karena dibuat nge-dadak. Dulu saya juga begitu, waktu saya libur saya ajarin yang momong Dita untuk memasak, untuk jadwal hari ini menu makan anak apa, baru saya yang menentukan🙂

    Untuk jam makan, gak harus sak-klek jam 9 dan 16. Sesuaikan juga dengan anak. Kalau anak sudah kelihatan lapar ya diberikan saja. Gasol juga tidak masalah dicampur dengan sufor kok mam. Semoga membantu🙂

  40. janty suharta said

    hai bunda, kalo buah jg sama ya? boleh dibuat dari pagi?ga berubah warna atau rasa atau brbg kandungan gizinya karena udah dr pagi bikinnya? terus untuk gasol, kata ibuku rada2 reot bikinnya karena kalo ga bisa buatnya, bisa jd brinjil2 ntar hasilnya. apa benar bu? thx bgt ya bunda…:)

    Sama saja mam. Sebaiknya semua makanan yang dimasukkan ditutup rapat. Kalau dulu saya masukkan buah yang diblender ke baby cubes. Maksudnya biar tidak terkontaminasi dengan bahan makanan lain yang disimpan di kulkas.

    Untuk gasol, awalnya saya juga gagal membuatnya, mringkil2 (brinjil2). Tapi lama-lama tahu cara bikinnya. Jadi gasol dcampur dengan air dulu di panci, aduk sampai rata. Baru dimasak di atas api dengan api sedang dengan terus diaduk. Hasilnya gak akan brinjil2. Semoga membantu🙂

  41. Rika said

    Bun, saya bisa beli gasol dmana yah?? itu tepung yang organik itu kan? bentar lg asyka mo Mpasi nih! thx yah Bun.. ^^

    Saya dulu pesan online di reseller dekat rumah. Mam ke web nya gasol dulu http://www.gasolorganik.com/, trus cari reseller terdekat. Sekarang juga ada di totalbuah dsb. Liat aja di web nya mam🙂

  42. Ummi Nabil said

    tulisannya bermanfaat banget mba,, jadi nambah referensi buat menu MPASI anakku, sekarang 6m1w.

    Makasih apresiasinya ummi🙂

  43. Erna said

    mbak mau nanya kl awal makannya itu dikasihkan pagi ma malam boleh gak? trs kalo mau cemilan biskuit enaknya diberikan jam berapa ya?

    Makasih

    Menurut saya sih gak masalah ya mam, mau siang-sore atau pagi-malam, intinya anak jangan sampai kelaparan aja😀. Kalau cemilan ya dikasih di antara waktu makan, kalau makannya pagi-malam, ya cemilannya siang gitu mam. Semoga membantu🙂

  44. Erna said

    terimakasih mbak…
    alhamdulillah anakku dah seminggu makan dengan lahap dah sehari 2 kali n pure buah sekali…

  45. […] ilmu dari Web MPASI Rumahan dan blog ibu-ibu lain. Tapi demi dokumentasi Bunda beranikan menulis Managemen MPASI Dita 6-8 Bulan dan Managemen MPASI Dita 9-11 bulan. Dan tulisan tentang MPASI lah yang banyak mengundang komentar […]

  46. nita said

    makasi buat blognya ya mba, ngebantu bgt ni .. 1 bulan lg naila MPASI..

  47. ecy said

    hai bun lam kenal ya,,bermanfaat bgt buat aku sbg mom baru hheheh!!!! 4 hr lg cita mpasi jd lg gencar2nya nieh cr info!! udh 3 hr nie aku kenalin pisang ambon tp blum pup jg hr pertm sieh pup jd khwtir nie bun tkt sembelit,, mu tny takaran bubur yg dibuat itu harus dihabisin sekali mkn atau gmn bun? ikutn nyontek jg y bun hhhehhe…

  48. ida said

    mama dita,blognya menarik banget….sampe2 dr kemaren modemku error q paksa2in buat buka terus….soalnya pernah buka yg jadwal makannya dita pas 6 bulan tp kelupaan ngesave…..mbak,kok yang ttg resep gak bisa dibuka ya?bisa gak minta tolong di email ketempatq?semua dah q unduh cuman kurang itu tok…..plis…plisss#muka memelas

    Sudah saya kirim ya mbak🙂

  49. iin said

    Salam kenal Ϋªª mba..Bermanfaat banget! Babyku lg MPASI. Izin share Ϋªª mba..Ťђάηκ•⌣•ў☺ϋ

  50. anggraini said

    saya baru mulai 1 minggu mpasi buat si kecil ejad, blog ini memberi inspirasi,thx ya mbak…ngintip2 terus gagpapah ya🙂

  51. Salam kenal, bun aku pernah misah2in sayuran alias beli stok untuk senin-jumat tapi diblansir dulu trus setelah kering baru di taro di wadah2 perhari, ehh pas hari ke empat sayurannya (wortel, labu siam) ada putih2 kaya jamur gitu, salahnya dimana ya bun? apa gak usah dibalnsir tapi langsung cuci, plastikin + dilobangin? thanks🙂

    DIblansir itu diapain ya ma? Saya sampai googling. Ketemu bahwa diblansir itu direbus dengan cepat ya. Saya malah baru tahu cara diblansir itu. Kalau saya dulu dicuci bersih terus diplastikin dan dilobangin aja mam🙂

  52. Bunda Satir said

    Alhamdulillah ada Bunda Dita yang baik (keberkahan Allah selalu untuk bunda dan keluarga ). Bunda terima kasih banyak ya atas infonya. Btw, aku ga bisa download tabel dan resepnya nih. Bisa minta tolong e-mail ga mba? Terimakasih ya sebelumnya. Soalnya sebulan lagi anakku sudah mulai MPASI.

  53. mama fatih said

    Salam kenal bunda dita..kami mau donk resep mpasi 6 bulan,,tolong kirimin bunda.by d way link mpasi rumahannya apa ya

    Sudah saya kirim via email ya. MPASIRumahan : http://www.mpasirumahan.com/ atau di milist yahoogroups : http://groups.yahoo.com/neo/groups/mpasirumahan/info

  54. […] Managemen mpasi dita 6-8 bulan « lumongga anandita […]

  55. Nicko said

    Makasi bunda… Semoga bunda dpt kebaikan yg banyak…krn udah share ini ke banyak orang…

Leave a Reply

 
