Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

BuSui makan durian…hmm…

Posted by BunDit on March 10, 2009

durian

durian

Hmm..durian. Ya, siapa yang tidak mengenal buah berkulit tajam berduri ini? Nama populernya duren, kalau orang Sunda menyebutnya kadu. Walau sebagian orang ada yang tidak menyukai baunya yang menyengat, namun justru dari baunya itu banyak orang ketagihan. Saya sendiri, bisa dikatakan doyan tapi tidak sampai mencari-cari. Beda dengan teman kos saya dulu yang kebanyakan orang Sumatera. Bener-bener niat mencari kalau sedang pengin banget. Namun semenjak menikah dengan ayahnya Dita yang juga orang Sumatera, tak sekalipun abang mengungkapkan keinginanya untuk makan durian. Saat saya tanya, jawabnya durian di jakarta mahal. Saya bilang, ya beli aja sedikit. Katanya lagi, kalau makan sedikit cuma bau-bau-in mulut doang hehehe.

Saya maklum, bagi orang Sumatera yang pernah dan sering mencicipi buah durian dengan puas dan harga murah di tanah Sumatera sana, harga durian di Jakarta jadinya berasa sangat mahal. Katanya dulu kalau musim durian di sana, harga 1 butir durian bisa cuma 500 perak!. Sekarang sih saya kira tidak ada harga segitu, cuma berdasarkan cerita memang  jauuuuh dibawah harga durian di Jakarta yang muahil.

Nah, bicara soal durian, suatu hari, tepatnya tgl 14 Februari lalu tiba-tiba Ayahnya Dita menawari durian. Spontan saya mengiyakan (dasar doyan makan nih!). Ternyata yang ditawarkan bukan buah duriannya tapi martabak durian. Kata ayahnya Dita, ada martabak durian enak rekomendasi dari teman kantornya. Dan benar, malamnya Ayahnya Dita membawa 2 kotak martabak durian, rasa durian keju dan durian susu. Karena mbak Euis lagi libur dan menginap di rumah tetehnya, alhasil martabak duriannya kami sikat berdua tapi Ayahnya Dita yang makan lebih banyak sih. Ternyata emang uenaaaaak tenaaaaan. Duriannya gak dicampur macem-macem jadi taste nya real durian. Saya baca di kotaknya Martabak Bangka 99 Putra Lebaksiu. Saya menemukan link nya setelah merasakan kelezatannya. Ancer2 tempatnya kata Ayahnya Dita di seberang Rumah Sakit Thamrin, Salemba. Langsung saya sms mantan temen kos yang maniak durian. Eh, 4 hari kemudian temen saya itu balik sms kalau dia sedang makan martabak durian yang saya rekomendasikan itu, dan komentarnya “manghtegh….” 😀

But, wait….saya kan lagi menyusui. Pengaruh gak ya ke ASI?. Hehehe saya nyadarnya belakangan. Tapi saya inget, dulu waktu hamil saja dokter tidak mantang-in makan ini itu. Mau durian, sambel, nangka, silakan saja. Yang penting katanya, jangan berlebih. Dan setelah searching sana sini, benar, Busui (Ibu Menyusui) pun boleh makan durian, asal jangan maruk. Secukupnya saja. Padahal sejatinya, menurut artikel ini *, TIDAK ADA makanan yang perlu dihindari selama ibu menyusui. Umumnya ibu menyusui boleh makan apa saja, kapan saja serta dalam jumlah berapapun. Kecuali jika ada tanda-tanda (reaksi) jelas pada bayi terhadap suatu makanan. Tidak ada “Daftar makanan yang tidak boleh dimakan ibu menyusui”, karena kebanyakan ibu menyusui dapat mengkonsumsi apapun yang mereka inginkan. Memang ada beberapa bayi yang sensitif terhadap jenis makanan tertentu. Tapi sekali lagi ini bersifat unik.. Misalkan jika ibu memillik riwayat alergi, maka ibu mungkin akan menghindari makanan tertentu. Namun bukan berarti anak juga akan alergi terhadap makanan tersebut.

Dan Alhamdulillah, setelah saya makan martabak durian itu, Dita tidak menunjukkan alergi atau keluhan apa pun sehabis mengkonsumsi ASI. Terima kasih ya nak. Kamu memang anak yang penuh pengertian dan bisa bekerjasama dengan Bundamu yang hobi makan ini😉

*) Kelly is an international board certified lactation consultant (IBCLC), and a member of the International Lactation Consultant Association and the Florida Lactation Consultant Association.

8 Responses to “BuSui makan durian…hmm…”

  1. sanggita said

    Huahaha..doyan durian juga, Bun. Sepakat, tidak usah pantang2 makan ya. Yang perlu dihindari cuma yang mengandung 3P, Bun. Pengawet Perasa Pewarna. Ngga baik untuk ibunya, ngga baik juga untuk anaknya. Hidup durian!

    *Tapi saya cuma doyan monthong tuh, hwhwee

    Bundanya Dita :
    Hehehe iya mbak. Tapi ya gak banyak-banyak sih makan duriannya, takut mabuk😀 . Saya suka semua olahan durian (martabak durian, lempok durian, surabi/ketan saus durian), kecuali kalau diolah jadi tempoyak (difermentasi). Hiii rasanya aneh😀

  2. meigi massie said

    ok lah kalau begitu, aku thanks berat ya tuk info duren sambil menyusui nya.

    BunDit :
    Sama-sama Mam🙂

  3. nafie said

    hmmmb…sama dung..nih baru habis separo…nanggung, diterusin sampe rampung…tinggal liat nanti, gimana reaksi dedek setelah mimik ASI* :’)

  4. fifi m said

    Saya juga lagi menyusui anak pertama,,, yg namanya buah,,, wuaaaa itu gak ada yg di pantangi… apalagi durian… makan aja… yg penting gak berlebihan,,, yg jenis ikan2 ma seafood aja saya makan ,,, kalau pun ada reaksi kemerehan yg timbul di kulit wajah bayi,, langsung saya pakaikan cream sebamed… Puji Tuhan langsung hilang,, krn kalau qt gak makan beragam makanan, anaknya nanti kalau uda Gede gak bisa makan ane2, krn kebawa waktu bayi,,,

  5. Bunda naufal said

    aqu bru aja makan durian, pdahal aqu kan nyusuin. .
    stelah aqu bca pengalaman mama dita jd lega dueh
    nice,
    i l0ve duren
    hehee

    Asal jangan berlebihan saja sih ok aja buat memuaskan kepingin hehehe

  6. Bunda christabelle said

    Durennn,,,pengen bangettt,,,tp sm mertua,ma2 dan suami ktx gk blh,,nnt bayix(3 bulan) muntahlah,sakit perutlah,,jd stress bawaanx,,pdhl kan duren tuh buah paling favorit,..😥 o ya bun,,biar gak kecolongan nih yee,,bolehx makan berapa banyak sehh?? Soalx pengen buangeeettt… Tx

    Untuk obat kepingin banget, 1-2 biji oke lah..🙂

  7. dinna said

    Slain gpp ℳªќąΩ duren buat ibu nenyusui, manfaat apa sih Ɣǎ∏Ǥ ª∂a̲̅ dlm duren tsb untk ibu mnyusui?

  8. ziLa said

    Bun… Mau nanya dong,.. BAby saya umur 13bln,smalem saya makan duren 5biji.. Skrg baby saya panas.. Jadi org2 nyalain saya., kira2 apa penawar nya ta bun.. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: