Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Flash Back (3) : Daftar Barang Persiapan MPASI

Posted by BunDit on February 6, 2009

Lagi-lagi kalau soal mencari segala informasi, internet adalah tempat andalan Bunda. Waktu Dita siap-siap untuk MPASI pun, Bunda mencari barang-barang yang harus dibeli untuk keperluan itu dari internet. Termasuk mengintip beberapa blog nya para Bunda.

Daaan…inilah daftar yang Bunda persiapkan menjelang pemberiaan MPASI buat Dita saat usia 6 bulan :

Yang beli :

  • 1 Telenan kayu Antica Bulat (30.900 – telenan nya mahal amat yak..soalnya bagus sih. Bunda pikir gak papa lah, akan berguna lama)
  • 4 container plastik Lock&Lock (@23.900 – buat tempat tepung gasol)
  • 4 sendok plastik ONYX (@3.900 – buat sendok tepung gasol)
  • 1 baby cubes (14.900 – buat nyimpen makanan)
  • 2 cetakan es putih (@8.000 – buat mbekuin kaldu)
  • 5 mangkuk stainless, kalau di restaurant biasa untuk kobokan😀  (@5.000 – untuk ngukus, dibelikan ibu Jogja di Toko Progo, dekat pasar Beringharjo)
  • 2 saringan kawat gede (@22.500, dibelikan ibu juga, pernah menggunakan yang dari set baby food maker itu, kekecilan jadi nyaringnya kurang manteb :D)
  • 2 Botol bersendok Pigeon (lupa harganya)
  • 1 Slaber L. House kecil, isi 3 (15.000)
  • 1 Slaber L. House besar, isi 3 (15.000)
  • 1 Blender Miyako BL-152 GF (245.000, beli di Kenari, kayaknya Ayahnya Dita belinya kemahalan deh alias keblondrok😦 . Lihat di internet cuma 205.000. Maklum belinya tanpa disurvey sih, karena awalnya Bunda mau yang merk Philips, ternyata muahil a.k.a larang tenan)
  • Plastik clip (untuk morsiin (membuat per porsi😀 ) makanan yang dibekuin)
  • Plastik bening 1 kilo/2 kilo (untuk menyimpan bahan makanan di kulkas)
  • 1 High Chair Evenflo (BabyDoes) CH-925 (415.000 – buat Dita makan, ceritanya mau membuat Dita disiplin makan di kursi semenjak bayi)

Yang sudah punya :

  • 1 set Baby Feeding Pigeon (dikado-in temen)
  • Training Cup Mag-mag Pigeon (dikado-in temen)
  • Parutan, peresan jeruk Tupperware (dikado-in temen kos)
  • Panci rebus bergagang (buat bikin bubur)
  • Panci kukus berkuping (buat ngukus makanan)
  • Pisau (buat motong bahan makanan)

Ini gambar-gambarnya :

Dita, daftar peralatan MPASI mu panjang banget nak. Makanya makannya yang banyak ya sayaaang…🙂

25 Responses to “Flash Back (3) : Daftar Barang Persiapan MPASI”

  1. sanggita said

    …sudah dicatet, Bun. Sip sip.

    *wuaduh, blonjo meneh. Wis jan…tobaaat, tobat. Hehe..

    Bundanya Dita :
    Iya nih, sampai Ayahnya Dita bilang “Anak jaman sekarang, kecil2 tapi keperluannya seabreg”😀 . Makanya saya mau nyimpan barang-barangnya Dita dengan baik dengan harapan nanti bisa dilungsurke ke adiknya Dita (Insya Allah). Menurut mbak Sanggita, ini adil gak sih (secara psikologis)buat anak ke-2? Masak kakaknya apa2 baru, giliran anak ke-2 memakai barang lungsuran.

  2. sanggita said

    Lah, gpp, Bun. Wong adiknya nanti juga masih kecil pas dilungsuri, ngga ngerti apa2 ya to? Asal barang warisan dari kakaknya dalam kondisi bagus dan ndak mbladus. Wima malah dapet baju lungsuran ayahnya dulu (??!!). Masih bagus, modelnya ngga ketinggalan zaman. Mama mertua memang setiti banget untuk yang satu ini. Bedongnya si ayah aja masih dipake Willa buat alas ompol.

    Kalo tentang mainan, kan si adik enak juga tuh, mainannya banyak aja tiba2. Adil ngga mesti baru kok, Bun. Yang penting adiknya fun. Ada beberapa mainan favorit Wima yang ternyata mainan si ayah waktu seumur dia, kayak mobil2an dan pesawat yang dari besi, saya lupa mereknya. Pas 2 tahun, Wima juga cinta banget main mobil2an yang dilungsuri sepupunya.

    Padahal, di rumah disediain boneka juga lho. Tapi secara otomatis, cowok itu seneng sama yang mekanis2 gituya . Wima dari kenal mainan, pasti milih mobil2an daripada boneka. Suka mengamati bannya, konstruksi/modelnya, dll.

    Penasaran juga nih sama Willa kelak. Kalo disodorin mobil2an, apa tetep tertarik boneka ya?

    *Saya memang ngga “ngasih kelamin” sama mainan, Bun.

    Bundanya Dita :
    Barang kepunyaan saya waktu msh bayi yang dilungsurkan ke Dita cuma selimut. Ibu saya memang sengaja menyimpan dan merawat selimut anak2 nya dan kelak diberikan ke cucu dari masing2 anaknya. Saya jadi kepikiran mau merawat barang anak2 saya dan kelak saya berikan ke cucu saya. Walah berasa masih jauh banget realisasinya😀

    Wah…gak papa ya kasih mainan “lintas gender” gitu? Kalau Dita saya kasih boneka. Tapi ada juga yang ngadoin mobil2 an yang berbunyi dan kelap-kelip gitu. Dita sih senang tp biasa-biasa saja. Kalau lagi main trus Ayahnya baca koran, Dita sih lebih antusias sama koran dari pada mainan. Makanya kalau saya beliin mainan macem2, Ayahnya mbeliinnya buku bergambar😀 . Bukannya diwarnai tapi malah disobek2 hehehe.

    Anyway, thanks ya mbak atas info yang mencerahkan itu.

  3. […] 7 bulanTentang BayamMPASI Dita 6 Bulan Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIXFlash Back (3) : Daftar Barang Persiapan MPASITentang MaduMasa kehamilan & detik-detik […]

  4. ira said

    Mbak, aku numpang copy paste yaaa.. Satu bulan lagi anakku lulus ASIX nih. Jadi emaknya deh yang repot cari-cari referensi ttg MPASI🙂 Tengkiu dan salam kenal ya🙂

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak Ira. Monggo, silakan dicopas🙂

  5. dian Sigit said

    dr daftar segitu, aq baru punya baby food maker nya kuku, feeding set nya pigeon ..itupun kado smw…sama container lock-lcok (baru beli kmrn rencana emg buat wadah tepung2an)

    tyt masi kurang banyak …huwaaa

    BunDit :
    Ya…belinya dicicil dari sekarang aja mbak hehehe🙂

  6. baby said

    mba,,,
    beli baby cubes nya dmn??klo aku liat d online shop gt hargany amahal 129rb, jd pengen beli yg kaya mba aja nih

    BunDit :
    Yang mahal itu yang BPA free mbak. Kalau saya mending pakai yang biasa aja, sterilnya cukup dicuci, gak pakai direbus. Belinya di Carefour ITC Cempaka Mas, mbak. Mungkin di C4 lain juga ada🙂

  7. darina kamil said

    Wedew, belum ada bayangan nih bun. Balik kesini lagi bulan depan aja deh😛

    Btw, bener ya talenannya gak boleh yang plastik, trus panci nya gak boleh yang teflon?

    BunDit :
    Kalau baca di milist sih bilangnya gitu. Plastik ada bahan kimianya. Begitu juga teflon. Jadi ya cari yang aman saja mbak🙂

  8. baby said

    ooo,,,thanks ya bun,,,
    btw aku jg mau nanya nih,,lebih baik pake blender ato food processor??
    soalnya klo diliat dr bentuk n harga kurang lebih sama ma blender ya?
    baby ku besok 4 bln,,,ga kerasa 2 bln lg mau MPASI,,,jd ud harus siap2 nih bun,,nyicil beli peralatannya heuheuehue,,,,

    BunDit :
    Kalau saya prefer blender daripada food processor, karena kalau food processor kepakenya cuma sebentar. Kalau blender kan misal anak kita sudah mulai makan makanan kasar, masih bisa dipakai buat bikin juice. Setahu saya tidak semua food processor dilengkapi dengan juicer. Saya pernah baca ada sih food processor yang dilengkapi dengan segala kemampuan, tapi pasti harganya juga muahal. CMIIW🙂

  9. Bunda Dita,
    Salam kenal ya.
    Nyontek peralatan MPASI buat anakku nanti. Emang sih baru 2 bulan lagi, tapi udah mulai nyicil dari sekarang. Untungnya beberapa udah dapet dari kado. hihihi…
    Hmm…baru dapet ingpo niy kalo talenannya harus yang kayu.
    Kayaknya mo ikutan cari ice cube kayak BunDit aja deh. Ada tutupnya juga kan ya?
    Oya, aku link ya blog nya. Gak apa-apa kan?
    Makasih, Bunda…

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak Indah. Kalau gak salah temen “gank racun” nya mbak Darina kan? Hehehe. Tadi lihat avatarnya kok pernah liat gitu. Silakan mbak, diambil saja info di sini yang dirasa berguna. Iya, ice cube lokal itu ada tutupnya kok. Saya beli di c4 Cempaka Mas. Ok, blog nya dik Ganesh juga aku link ya🙂

  10. BunDit,
    Akhirnya nemu juga tuh baby cubes kayak BunDit.
    Tapi Bundit beli yang 4 pcs cilik-cilik, yang 2 pcs kotak agak panjangan ya?
    Aku beli yang 6 pcs hihihi…
    Harganya sama Rp 14,900 / 6 pcs
    Hm…soal baby cubes yang “larang ” dan BPA Free, baby cube yang murmer itu mayan aman kok, Bun. Soalnya aku sekarang selalu check PP atau gaknya. Ada marking PP, 5. Terus ada gambar garpu sendok juga kan? CMIIW…
    Yah..at least aman lah, bukan PC. *lempeng banget dot com*

    BunDit :
    Yoi mbak, aku beli yang ada kecil dan panjangnya.
    Hehehe aku malah gak cek PP nya. Ya Insya Allah aman🙂

  11. wittyme said

    Bunda Dita, salam kenal..

    aku ngintip tips MPASI nya ya.. soalnya lagi persiapan buat my baby Eydro (4m3w)…

    Thanks for sharing ya Bun..

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak. Silakan mbak, blog ini sangat suka untuk berbagi. Salam buat dedek Eydro. Semoga MPASI nya nanti sukses ya🙂

  12. Trias said

    Bunda Dita,

    Panci teflon memang ndak aman ya? kenapa ?

    BunDit :
    Dari berbagai tulisan mengatakan begitu mbak. Tapi ada juga yang membantah. Yang melarang mengatakan teflon mengandung zat carcinogen (zat penyebab kanker). Kalau saya pribadi menyikapinya biasa saja, seperti kata artikel ini http://enformasi.com/2008/10/teflon-berbahaya.html , yang penting membiasakan hidup sehat, padahal ya realisasinya susah hehehe. Ya berusaha kan gak ada salahnya🙂

  13. Ocha said

    Bundit, aku contek yaa.. tinggal menghitung hari baby-ku lulus ASIX niy..seneng banget banyak dapet referensi MPASI dari sini..Trims dan salam kenal yaa..oiya,tukeran link sekalian ya bun..

    BunDit :
    Silakan mbak, saya senang kalau ada yang bisa diambil dari blog ini. Semoga MPASI dik Aqila nya lancar ya. Ok, blog nya sudah saya link. Terima Kasih🙂

  14. Bunda Rakhapradana said

    Mbak, maaf saya blm ngerti…
    slaber itu apa ya…

    lagi belajar2 MPASI nih. Anak saya Rakha, 21 Des 09 nanti genap usia 6 bulan.
    Yang saya agak bingung, apa memang harus menunggu lewat 21 Des atau bisa seminggu sebelumnya? Soalnya khawatir ada masalah (ngga cocok, diare, dll) jadi mungkin better seminggu sebelumnya supaya pas lewat 6 bulan udah menyesuaikan diri.. ??

    mohon masukannya ya.
    makasih banyak sharenya diblog ini.. bermanfaat bgt..

    BunDit :
    Salam kenal Bunda Rakha. Slaber itu bib atau kain alas dada/kain liur supaya kalau bayi makan gak mengotori bajunya. Sebenarnya soal memulai MPASI gak harus saklek pas tanggalnya. Seinget saya, dulu Dita juga mulai MPASI maju 4 hari, soalnya tglnya pas hari kerja, jadi saya majukan aja hari Minggunya, biar saya bisa nyuapin mamam solid nya untuk pertama kali hehehe. Ya bagusnya sih pas, tapi beda 3-4 hari oke lah🙂

    Sebaiknya jangan terlalu khawatir nanti gak cocok atau diare atau apa ntar malah bikin ibu panik. Menurut yang saya baca, sesuaikan saja makanan bayi sesuai dengan usianya. Untuk guidance silakan unduh file ini tabel-rangkuman-mpasi-vs-usia. Rangkuman itu hanya untuk guidance saja, sesuaikan dengan kebutuhan anak ibu. Terus monitor ada alergi atau pupnya masalah apa gak supaya kita bisa menandai makanan pemicu nya. Hihihi saya kayak pakar MPASI aja ya. Ya ini sekedar sharing pengalaman saja🙂

  15. mia said

    Mbak,salam kenal ya..
    Aurel ptghan desember nanti genap 6 bulan.aku nyontek ya mbak🙂 sekalian mau tanya,baby cubes itu fungsinya apa ya mba? Utk nyimpen makanan ya? Makanan apa aja yg bisa disimpan? Gimana caranya?gimana cara ngangetinnya kalau mau dimakan?berapa lama boleh disimpannya?hehe maaf ya mbak,pertanyaannya borongan,masih bingung nih.makasih

    Salam,
    -Mia-

    BunDit :
    Salam kenal mbak Mia. Baby cubes itu untuk menyimpan atau membekukan makanan, seperti kaldu, puree buah, sayuran dsb.

    Untuk menjawab pertanyaan mbak Mia, saya mengacu dari website Whole Some Baby Food. Makanan yang dibekukan boleh disimpan sampai 1-3 bulan. Tapi direkomendasikan 1 bulan saja. Menurut saya sih lebih baik jangan terlalu lama. Saya sendiri tidak pernah membekukan puree buah/sayuran. Hanya membekukan ayam/daging sapi/ikan/kaldu, itupun saya batasi tidak lebih dari 1 minggu.

    Cara memanaskan/mencairkan makanan dari baby cubes, bisa dicairkan dulu dengan menyimpan di kulkas bawah (max 72 jam). atau bisa juga dengan microwave. Kalau pengalaman saya sendiri, untuk kaldu, dari kaldu beku langsung saya cemplungin aja ke panci untuk campuran sup/sayur lain, simpel🙂

    Untuk referensi silakan baca link sbb :

    http://www.wholesomebabyfood.com/FreezePage.htm
    http://www.wholesomebabyfood.com/baby-food-freezing-chart.htm
    http://www.wholesomebabyfood.com/heatandthawhomemadebabyfood.htm

    Semoga membantu. Saya sebenarnya sedang merangkum link2 di atas supaya mudah dibaca. Ya, untuk keperluan saya sendiri juga. Cuma belum jadi nih, kepending mulu🙂

  16. Bundit yang baik, numpang nanya dong. Slow cooker itu menurut bundit diperlukan nggak yah? Secara di daftar belanjaan Bundit nggak masuk list, jadi pengen tau’ opininya.
    Terus itu ada mangkok stainless steel buat ngukus maksudnya buat ditaro di dalem magic jar ato gimana?
    Hehehe, sori mungkin pertanyaan terbaca bodoh, yah maklumlah masih perlu awam sekali soal per-MPASI-an.
    Thanks banget yah Bun…

    BunDit :
    Hai Ummi, soal slow cooker tergantung kebutuhan kok. Slow cooker setahu saya memang memudahkan dalam memasak, ditinggal, mateng deh. Cuma membutuhkan waktu lebih lama dibanding masak dengan kompor biasa. Kalau saya pribadi merasa gak butuh sih, jadi gak beli. Kalau mangkok stainless steel itu ngukusnya saya taruh dalam panci pengukus (itu lho panci yang diatasnya ada tempat untuk ngukus). Ditaruh dalam magic jar juga bisa kok ummi.

    Hehehe gak masalah lah, apapun pertanyaan nya. Saya dulu juga sama, gak ngerti apa2. Tahunya ya dari pengalaman saja🙂

  17. tomi said

    mba,telenannya beli dmana ya yg tebel gt?

    BunDit :
    Di carrefour mam🙂

  18. ocie said

    thnx banyak mbak… website in info2nya berguna banget buat saya….

    BunDit :
    Sama-sama mam. Thanks apresiasinya🙂

  19. natalia said

    Halo bundit, wah membantu bgt lho dftr menu nya, bole numpang ngeprint ya huhu🙂

    Btw mau numpang nanya nih, klo kaya tepung gasol gtu boleh ga dr plastiknya sy tuang semua ke container lock n lock? Soalnya di petunjuknya ambilnya mst dr plastik trus ditutup / diikat pake karet baru dimasukin wadah plastik?

    Trus cara masaknya gmn ya? Apa perlu 10 menit? Atau cm 3-5mnt? Trus masaknya pake air matang dulu? Baru stlh matang dicampur asi ya?

    Perbandingan misalnya 1 sdt tepung, airnya brp byk ya untuk permulaan?

    Huhu maap oon,benar2 buta soal masak nih huhu

    Thxx so much!

    BunDit :
    Dulu saya tepung gasolnya juga langsung saya masukkan lock n lock. Tapi memang lebih baik kalau sesuai petunjuk sih. Sebagai awal MPASI takarannya 1 sdm gasol dimasukkan panci. Trus ditambah air secukunya, saya gak pernah ngukur,pakai ilmu kira2 hehehe. Diaduk dulu di panci, baru dimasak diatas kompor dengan api sedang sambil diaduk2 hingga kental dan matang. Soal takaran air gak usah risau mam, saya dulu awalnya bubur gasolnya mringkil2 karena kekurangan air tapi lama2 kita hafal kok takarannya. Nah nanti setelah bubur gasol matang baru deh dicampur ASIP, takarannya untuk awalnya 20ml ASIP. Pelan-pelan naikkan kekentalannya. Silakan detailnya baca di https://alumongga.wordpress.com/2009/01/28/mpasi-dita-6-bulan/. Saya awalnya juga buta sama sekali soal MPASI, tapi dengan learning by doing, segalanya jadi mudah🙂

  20. janty suharta said

    halo bundit, salam kenal ya ..aku jg baru mau coba mpasi krn bln dpn anakku udah 6 bln .. blh ga klo aku nanya2 nanti by sms gt? karena aku ga da pengalaman sama skali & jarang buka email…maaf ya jd ngrepotin😛

    Silakan mam kalau mau sms saya. Tapi mohon maaf kalau slow response (tidak langsung dibalas) ya mam🙂

  21. bunda said

    makasih. lagi cari mangkuk stainless steel yang ada tutup ga ada ya. maunya habis bikin mpasi dibagi porsi rus ditutup. pas mau maem diangetin di wadah itu juga. sekarang nyimpannya di awadah plastik tutup. pas menghangatkan pindah wadah stainless dikukus

    Saya juga gak nemu mangkuk stainless steel yang ada tutupnya. Agak ribet sedikit gak papa mam🙂

  22. fenny said

    hallo bundit…
    wah…bru 1/2 dr daftar yg d persiapkan bunda,perlu blnja2 lgi dech…he5x…
    thanks bgt ya bunda info nya.

  23. bundanyamanda said

    aslmlkm bunda dita. Tgl 17 bsk manda udh mpasi. List prlngkpny bntu bgt (thq so much)… Tp bru mw shopingny bsk. Hehehe.
    btw gasol amankah bund?? Oya satu lg. Bgmn kl plastik kiloan bwt simpn bhn mknan spt syur d gnti dg box container dr plstk yg sudh bpa free?? Itung2 ngrngn smph plstk n lbh hmt biaya… Skdr saran bund.

    Hi mam, makasih sarannya Mam🙂

  24. Efi said

    Hi mom, ijin ngopy ya…buat persiapan mpas bayiku🙂

    Silakan mam, dengan senang hati saya berbagi🙂

  25. Reblogged this on coletahmamasyifa and commented:
    noted untuk mpasi… makasih ya sharenya mba lumongga🙂

Leave a Reply

 
