Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX

Posted by BunDit on February 5, 2009

Kemarin Minggu pas bersih-bersih rak, nemu bon-bon pembelian barang-barang saat menyambut kelahiran Dita dan persiapan ASIX.  Jadi muncul ide, tidak ada salahnya Bunda tulis ulang di blog. Ya …buat arsip Bunda aja sih. Kalau berguna buat penikmat blognya Dita ini, ya syukur deh :-)

Dulu saat menyambut kelahiran Dita, sebagaimana calon ibu baru yang lain, Bunda juga dilanda kebingungan. Barang-barang apa saja yang harus dibeli untuk menyambut kedatangan buah hati. Dan sesuai nasehat orang tua, Bunda mulai beli perlengkapan bayi saat usia kandungan sudah menginjak 7 bulan. Katanya pamali jika dilanggar. Soal yang begini Bunda manut sama ortu, lagian ngapain juga buru-buru ya.

Seperti biasa, Bunda mencari informasinya di internet. Dan inilah daftar barang-barang PERSIAPAN MELAHIRKAN & ASIX (yang ada harganya Bunda beli di ITC Cempaka Mas diantar Ayahnya Dita, yang gak ada harganya dibelikan Yangtinya Dita di Jogja, Bunda tinggal transfer uangnya).

Buat Bayi :

  • 1 kasur kelambu Dialoque (185.000). Sengaja tidak membeli box bayi karena pertimbangan tidak hemat tempat dan tidak praktis untuk mengambil bayi saat mau menyusui, kalau kasur kelambu kan bisa ditaruh diatas tempat tidur dan lebih mobile. Pilihan kasur yang berkelambu adalah penting mengingat banyaknya nyamuk di Bekasi😀
  • 1 tas travel L Fun (100.000)
  • 1 selimut topi C.Por (140.000)
  • 1 bantal peang (20.000)
  • 2 handuk Gull (70.000)
  • 1 ember Oasis (60.000)
  • 1 Giftset Johnson – isinya baby powder, baby oil, sabun, sampoo (55.000)
  • 1 minyak telon Ny. Meneer (8.500)
  • 1 kapas wellnes 1 kg (42.000- sengaja beli yang kiloan biar ngirit😀 )
  • 1 set Gunting kuku bayi Disney (15.000)
  • 1 jepit botol Mumlove (15.000)
  • 1 sikat botol Garfield (15.000)
  • 1 tempat bedak Pex double (15.000)
  • 1 kelambu -kayak tudung saji itu (50.000 – buat Dita kalau pas dikelonin Bunda, jadi tinggal angkat-pasang)
  • 1 diapers Huggies New Born (11.000)
  • 2 botol susu Huki 120 ml *
  • 1 set bantal dan guling
  • 1 set sarung bantal dan guling
  • 2 perlak plastik (besar & kecil)
  • 2 lusin popok bayi
  • 2 lusin alas ompol lorek-lorek
  • 2 lusin gurita (gurita sudah dilarang penggunaannya oleh DSA karena akan mengganggu pernafasan bayi, tapi sesuai anjuran ibu jogja masih Bunda kenakan ke Dita dengan syarat tidak boleh terlalu kencang mengikatnya. Kata ibu biar gak gampang masuk angin. Bunda nurut deh).
  • 2 lusin Celana bayi
  • 1 lusin Baju lengan buntung
  • 1 lusin Baju lengan pendek
  • 1 lusin Baju lengan panjang
  • 1 lusin Bedong
  • 1 lusin Celana panjang buka kaki
  • 1 lusin Celana panjang tutup kaki
  • 1 lusin Celana pop
  • 1 Gendongan (6 in 1 (65.000)- gak kepake ternyata malah ribet makenya, untung dibelikan gendongan kain biasa oleh yangtinya Dita)
  • 0.5 lusin Kaos kaki
  • 0,5 lusin Sarung tangan kaki
  • 1 Selimut (1 beli, 1 nya bekas selimut Bunda waktu masih bayi, Yangti sengaja nyimpen buat cucunya)
  • 1 lusin Singlet
  • 2 Topi
  • 0,5 lusin Washlap
  • Kain kasa steril + alkohol (buat bungkus tali puser bayi sebelum puput)

Buat Bunda :

  • 1 breast pad Pigeon isi 60 (54.000)
  • 1 cooler bag Medela (240.000, sampai sekarang menjadi teman setia Bunda ke kantor untuk bawa oleh2 ASIP buat Dita )
  • 1 Breast Pump Medela Manual Harmony (315.000, ternyata cuma dipakai sebentar, lebih praktis merah ASI pake tangan)
  • 2 kotak pembalut Monalisa (30.000)
  • 0,5 lusin BH menyusui
  • 3 Gurita/Korset (gak beli, dibuatin sepupu jogja yang jago menjahit)
  • 3 Kain sarung/jarik

Yang dipinjemi :

  • Baby stroller BabyDoes (dipenjemi Bundanya dik Tita, Bunda sepupunya Dita. Matur nuwun ya Bulik Tantri, nanti kalau adiknya Tita lahir, akan dibalikin deh🙂
  • Buku-buku mengenai kehamilan dan melahirkan (dipinjemi Mutti nya Dita, thanks banget…banyak sekali gunanya. Semua buku udah aku kembalikan ya dik…:-)

Yang dikado-in :

  • Baju bayi dan sepatu bayi yang lucu (dikado sama Opungnya Dita (mamanya Ayah), Bou nya Dita (adik perempuan Ayah), temen kantor Ayah&Bunda, tetangga, thanks ya …).
  • Mainan (banyak dikado sama Mutti nya Dita, thanks ya Mutt)

* Qty dan harga barang yang gak ada bonnya dikira-kira, harap maklum🙂

17 Responses to “Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX”

  1. sanggita said

    Lebih enak ada foto2nya, Bun. Barang2nya dikumpulin, trus dijepret deh. Ada yang kelewat tuh : tempat semua baju bayi itu, hehe. Ngga krasa ya buat bayi seupil aja bisa ngabisin jutaan budget. Kayaknya untuk celana dan popok, Wima (waktu bayi) dan Willa kurang deh kalo cuma 1-2 lusin. Ngompolnya sehari aja ngabisin 1,5 lusin sendiri. Kalo pas dicuci, musim hujan pula, kurang lho. Meski pake mesin cuci.

    Kebetulan kalo tempat belanja kebutuhan balita di Sukabumi, sudah ada flyer yang berisi daftar kebutuhan ibu dan bayi, jadi memudahkan. Sebagian besar juga hasil hunting di Tanah Abang. Dapet celana pendek buat Willa 1 lusin cuma 50ribu! Padahal kualitas bahannya kayak Nova, lembut. Ada di blok F lantai 1 di toko Raja Murah.

    Bun, Breast Pump Medela Manual Harmony-nya saya beli donk (harga second tapi). Suka ga sabar kalo pagi, karena musti cepet2 ngantor. Boleh yaaa😆

    Bundanya Dita :
    Kalau buat nampung semuanya itu sudah ada rak Excel plastik itu (bawaan dari ngekos dulu😀 ) Hehehe mungkin jumlah popoknya lebih mbak. Yang popok, celana segala macem itu dibelikan ibu saya di jogja, jadi gak ngitung jumlahnya. Ibu saya ngotot mbeliin di jogja biar murah. Setahuku belinya di toko grosiran namanya Toko Surya, di Lempuyangan, deket stasiun lempuyangan (hehehe kok malah promosi).

    Wah, semua barang difotoin? Semula idenya begitu, tapi belum sempet nih. Ntar deh difotoin. Iya nih, demi buah hati tercinta, gak masalah lah ngeluarin budget segitu banyak🙂

    Soal BP Medela nya, bukan gak mau jual mbak. Tapi terakhir saya cek, karet di pas pompanya ilang. Gak tahu juga tercecer dimana, mungkin terlepas waktu nyuci. Jadi waktu terakhir memakai suka mrucut2 gagang pompanya. Ntar aku tanya dulu ke Medela nya, bisa beli karetnya gak ya? Sayang juga sih, paling baru dipakai sebulan, Ntar aku kabarin ya?

    Btw, bukannya malah cepet merah pakai tangan Mbak. Atau kalau mau cepat pakai yang elektrik. Dulu sih maunya beli Medela elektrik tapi muahal banget, jadi deh beli yang manual.

  2. sanggita said

    Ini produksi ASI menurun drastis, Bun. Apalagi kalo siang udah ga sempet meres kayak awal2 dulu. Duh, butuh Willa nih, sayangnya malam ini belum bisa pulang juga. Untuk Medelanya kok malah ngrepotin ya, pake nanya ke Medela segala. Ngga usah aja gpp,Bun. Tetep diusahain pake tangan hingga titik ASI penghabisan.

    Bundanya Dita :
    Sebenarnya gak ngrepotin mbak. Awalnya dari dulu saya sudah mau nyari karet Medela yang hilang itu. Cuma kelupaan mulu. Soalnya sayang juga, baru sebulan dipakai kok sudah ada onderdilnya yg hilang. Cuma memang daripada pakai BP manual mending pakai tangan. Atau kalau mau cepet ya itu tadi pakai yang elektrik. Kalau saya enaknya pakai tangan selain gak repot bawa peralatan juga merahnya bisa maksimal. PD bisa sampai kempis pis pis😀

  3. Ida said

    Bun, cooler ba g medela-nya masih dipake gak? kalo udah pensiun, boleh dong dijual ke aku. aku lagi cari nih…thanks ya

    BunDit :
    Sampai sekarang masih di pakai, Insya Allah sampai Dita 2 th. Setelah itu, Insya Allah masih bisa dipakai buat adiknya Dita kelak (Amin). Jadi maaf mbak, saya belum berencana menjual cooler bag Medela nya. Memang yang tipenya sama dengan yang saya punya sudah gak ada lagi. Penggantinya setahu saya memang lebih mahal🙂

  4. chamoet said

    akhirnya dpat jg infonya, bisa dicoppy ga yaa😕

    BunDit :
    Monggo lho kalau mau dicopy🙂

  5. lia said

    tolong dunk apa maksudnya breast pad dan kegunaannya apa??? karna saya baru akan melahirkan anak pertama

    BunDit :
    Breast Pad digunakan sebagai tatakan BH. Gunanya melindungi puting dan menyerap ASI yang keluar. Biasanya kan kalau habis melahirkan ASI keluar sangat banyak. Supaya gak tembus di baju, menggunakan breast pad Bu. Semoga membantu🙂

  6. bunda zahra said

    assalamu’alaikum
    alhamdulillah ..infonya bermanfaat buanget,sekarang lagi hamil 8 bulan lebih,kehamilan kedua..
    waktu hamil zahra tidak dapat info sebanyak ini,sekarang mudah2an segalanya lebih baik wlo subhanallh begitu banyak perbedaan

    terimakasih banyak infonya
    mohon do’anya juga semoga semua proses persalinan berjalan lancar,nanti-nanti klo ada yg mau di share gpp ya
    salam kenal juga buat dita

    Selamat ya mam atas kehamilannya yang ke-2. Semoga persalinannya lancar, bayi dan mam sehat dan untuk anak ke-2 nanti semuanya lebih baik. Anak pertama memang ajang buat ibu untuk belajar🙂

  7. Lastri Pundong said

    Subhanallah……buanyakkk bangettt bun…mpe bingung saya….banyak yg g ngerti juga….heheheheeh mo copas dulu n dipahami 1-1(Boleh yak….)……n mo nyicil buat hunting biar bsok g kelabakan……

    Silakan mbak. Hehehe waktu habis belanja keperluan lahiran dulu, saya juga langsung bokek. Tapi kan ada beberapa item yang bisa disimpan untuk adik2 nya kelak mbak🙂

  8. Nasha said

    hehehe… lg nyari2 buat persiapan eh ada jg yg detail spt ini… tp ternyata uakeh persiapannya hehehehe…
    btw.. thx so much🙂 smg dikasih rezeki lancar. amien
    salam

  9. vayla said

    wah tq bgt mba infona ,,,,,sgt bermanfaat skali infonya,,,,,
    o ya klo kasur klambu itu klambunya nempel yah mba????ribet gx klo kelambuna nempel,,,,,

    Kelambunya ditempelkan di kawatnya mam. Kawatnya sendri bisa dilepas, jadi praktis🙂

  10. safety 1st onboard 35 air deluxe infant car seat base…

    […]Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX « Lumongga Anandita[…]…

  11. FutureFaces NYC…

    […]Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX « Lumongga Anandita[…]…

  12. duong vat gia cao cap…

    […]Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX « Lumongga Anandita[…]…

  13. kaos bola said

    kaos bola…

    […]Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX « Lumongga Anandita[…]…

  14. jual kaos said

    jual kaos…

    […]Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX « Lumongga Anandita[…]…

  15. Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent, as well as the content!. Thanks For Your article about Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX Lumongga Anandita .

  16. Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your site is excellent, let alone the content!. Thanks For Your article about Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX Lumongga Anandita .

  17. Wow, incredible blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is great, let alone the content!. Thanks For Your article about Flash Back (1): Daftar Barang Persiapan Melahirkan & ASIX Lumongga Anandita .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: