Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Semangat ASIX

Posted by BunDit on October 24, 2008

Stock ASIP

Stock ASIP

Semenjak Dita lahir, aku dan suami bertekad untuk hanya memberikan ASI buat Dita. Di box bayi nya Dita waktu di RS pun ada tulisan “ASI EXCLUSIVE”  yang menandakan anakku tidak akan dikasih minum apa-apa kecuali ASI dariku. Hari pertama ASI ku belum keluar, tapi Dita terus aku nenenin. Hari kedua, ASI ku keluar tapi sedikit, Dita tetap nenen tapi mulai rewel. Karena bekal makanan yang dia bawa semenjak lahir katanya hanya bertahan 2X24 jam. Alhamdulillah hari ke-3, ASI ku sudah mulai lancar waktu tidak banyak banget tapi yang penting cukup untuk anakku. pengetahuan yang aku peroleh dari internet aku terapin. Konsep ASI adalah demand and supply. Artinya semakin sering anak kita nenen, semakin banyaklah ASI yang keluar.

Dua minggu sebelum cuti melahirkan habis, aku menyetock ASIP di freezer. Lumayan dapat 17 botol X 130 ml. Botol yang aku pakai botol UC 1000. Jadi abang beli UC 1000 trus diminumin isinya dulu, baru deh botol UC nya disterilin buat nampung ASIP🙂 .

Sampai sekarang, tiap hari Bunda sempetin merah ASI di kantor. Sehari bisa 2-3 kali perah tergantung sempetnya waktu. Yah…alhamdulillah meski gak banyak dapatnya (rekor pernah dapet 420 ml), yang penting cukup untuk minum Dita. Jadinya sampai sekarang ya tiap hari nenteng ice cooler bag ke kantor buat nyimpen ASIP dari kantor untuk dibawa pulang ke rumah. Moga-moga ASI bunda selalu lancar ya nak… Biar adik bisa ASIX sampai 2 tahun. Eh, target deket dulu ding, 6 bulan dulu🙂

3 Responses to “Semangat ASIX”

  1. […] masuk kerja, Bunda membuat stock ASIP, dan hanya terkumpul 17 botol. Semangat ASIX nya tertuang disini. Setelah mengalami fluktuasi ASIP selama setahun 10 bulan yang cukup bikin ketar-ketir, menurut […]

  2. […] kejar tayang, nah itu ada kurir ASI . Semoga ibu-ibu yang masih menyusui bisa mempertahankan semangat ASIX! Tapi jangan jadi a Breastfeeding Nazi. Saling support sesama ibu-ibu menyusui lebih menyenangkan […]

  3. Bunda Ary said

    Salam Kenal.. Bundit,saya pernah mampir sih sebenrnya.. Selama ini cuma jd pembaca doang.. Saya Bunda Ary,bundanya Kael yg usianya mau 4 bulan,Alhamdulilah sampe skg masih ASIX.. Makin semangat 45 untuk tetep ASIX buat EL,setelah baca2 critanya bundit sm bunda2 yg lain.. Tapi dr skg udh mulai keteteran,karena wktu menyetok ASIP telat.. Ada pengaruh ga ya bun,soalnya saya bawa ASIP dr kantor ke homz ga pake Cooler bag.. deket sih dr kantor ke homz.. musti makan apa ya biar makin banyak ASI-nya soalnya saya ga doyan sayuran dr dulu,, tp alhamdulilah skg2 maksa makan sayuran demi Kael meski akhirnya munti2..

    Salam kenal juga mam. ASIP bisa tahan di suhu ruangan antara 4 jam (ideal) sampai 6 jam (acceptable), jd antara waktu itu, tanpa cooler bag pun gak masalah. Untuk memperbanyak ASIP tiap ibu2 beda2 mam, ada yang makan daun katuk, kacang ijo, pepaya mentah dll. Kalau gak suka sayur, coba makan rebusan kacang ijo mam, ya siapa tahu membantu. Kalau stock ASIP kurang ya harus dikejar hehehe. Pas tengah malam coba di perah, gak papa awalnya dapat sedikit. Semakin sering diperah, Insya Allah ASI makin banyak. Memang gak mudah perjuangannya mam, capek, ngantuk harus dilawan demi anak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: