Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Masa kehamilan & detik-detik melahirkan

Posted by BunDit on October 10, 2008

Inisiasi Menyusui Dini

Inisiasi Menyusui Dini

Menurut dokter dan didukung perhitungan dengan kalkukator kehamilan, HPL anakku tgl 21 Juni 2008. Dua minggu menjelang HPL, ibu dari Jogja datang untuk menemaniku saat melahirkan nanti. Takutnya pas hari H nya, abang pas kerja atau gak ada di rumah.
Kata ibuku, kurang 2 minggu dari HPL kok kandunganku durung mlotrok (belum turun). Sempat was-was juga takutnya lahir melebihi HPL dan harus di caesar. Tapi terakhir kontrol ke dokter sih posisi bayi sudah bagus dan sudah masuk ke panggul.
Waktu 2 minggu rasanya berjalan merayap. Aku isi aja dengan rajin jalan pagi dan beres-beres dan menata rumah untuk menyambut datagnya “penghuni baru”. Seminggu sebelum HPL masih senam hamil ke Hermina. Pokoknya dibuat gerak terus biar bayi segera lahir.

Dan….

18 Juni 2008
03.00 dinihari

Ditengah lelapnya tidur, berasa ada yang keluar. Buru2 bangun dan bangkit, langsung syuuuuuur, cairan bening keluar tanpa bisa ditahan. Wah, kayaknya air ketuban nih. Langsung deh teriak “Bang..bang..”. Abang yang lagi syik nonton sepakbola Piala Eropa di kamar sebelah, langsung buru2 datang. “Iya nih..udah keluar air ketuban, siap2 aja, bangunin ibu, kita ke rumah sakit”.

03.30
Sampai ke rumah sakit Hermina Bekasi, masuk ruang bersalin, ganti baju dll, diperiksa baru pembukaan 2. Aku masih senyam senyum, belum berasa mules. Makanan datang, langsung makan. Soalnya inget pelajaran dari senam hamil, selagi bisa makan, makan yang banyak buat bekal energi waktu melahirkan.

08.00
Dokter Basuki datang. Diperiksa, pembukaan masih belum nambah, masih pembukaan 2. Aku berasa mules tapi mules-mules biasa, gak sakit.

11.00
Dokter Basuki periksa lagi, pembukaan belum nambah2 juga. Akhirnya dokter bilang sama suami. karena sudah pecah ketuban maka tidak boleh lebih dari 12 jam harus segera diambil tindakan. Dokterku kasih 2 opsi, diinduksi atau di caesar. Kalau diinduksi namun pembukaan gak nambah juga ya tetap harus di caesar. Suamiku menyerahkan keputusan ke aku. Aku agak bingung juga, dari baca2 kebayang sakitnya diinduksi. Apalagi induksi juga tidak menjamin pembukaan nambah. Trus ibuku bilang, menurutnya tidak ada salahnya dicoba induksi karena dik Tantri (adik kandungku) dulu juga melahirkan scr normal dg diinduksi, ya siapa tahu namanya kakak adik ada persamaan scr genetik lah. Akhirnya aku bilang sama suami aku mau induksi saja. Insya Allah berhasil. Akhirnya setelah suam tanda tangan persetujuan aku mulai diinfus untuk induksi. Rasanya?? Ruaaarrr biasa…. Sampai klojotan😀

12.00
Setelah berlangsung 1 jam suster datang dan mematikan aliran infus. Trus ngecek pembukaan. Alhamdulillah pembukaan sudah naik menjadi 8. Aku lihat suster segera menyiapkan peralatan persalinan.

13.00
Setelah semua siap, Dokter Basuki datang dan mengecek pembukaan lagi. Ternyata sudah pembukaan 10. Alhamdulillah. Sekarang kendali di tangan ku. Saat berasa mules aku mengejan dengan sekuat tenaga. Pelajaran mengejan saat senam hamil aku remind.

14.20
“ooeeeeeekkkk”. Seorang makhluk mungil meluncur keluar dari rahimku. Allahu Akbar!. Selamat datang ke dunia putriku….

14.30
Setelah dibersihkan putriku diletakkan di atasku untuk IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Begini to rasanya jadi seorang ibu. Ternyata nikmaaaaat sekali🙂

12 Responses to “Masa kehamilan & detik-detik melahirkan”

  1. indri said

    Wah,,wah senengnya baca blog bundanya dita. Saya sekarang sedang hamil 3 bln. Meski mual dan susah makan, umur segini aja saya sangat merasakan nikmatnya menjadi seorang ibu. Apalagi seperti yang bundanya dita rasakan. Btw, selamat deh atas kelahiran putrinya yang cantiq…

  2. Bundanya Dita said

    @Indri

    Wah..surprise juga nih sudah ada comment yang masuk blog ku🙂 .Karena sebenarnya blog ini masih dalam masa “under construction” soalnya Dita sudah 4 bulan baru sempet buat dan masih ada revisi sana sini. Dan rencananya kalo sudah lengkap content nya baru aku launch ke temen. Terima kasih ya mbak Indri atas kunjungan nya ke blog ini. Selamat atas kehamilannya. Semoga semua nya lancar dan nanti putra/putrinya lahir dengan selamat dan sehat. Amin🙂 .

  3. Nani suarny said

    Hebat,,, akhirnya berhasil perjuanganx melahirkan dita,, maksudx ga caesar, moga-moga IMD-nya juga berhasil, sukses y”

    BunDit :
    Salam kenal mbak Nani. Alhamdulillah mbak, saya dulu bisa melahirkan dengan cara normal walau harus dengan melewati sakitnya diinduksi. Soal IMD, walaupun Dita sempat dibantu dengan mengarahkan ke puting saya, Alhamdulillah Dita bisa merasakan IMD. Ah jadi inget saat melahirkan dulu. Sekarang gak terasa Dita sudah hampir 17 bulan dan masih mengecap ASI🙂

  4. Susanti said

    Sya sdg hmil 9 bln. Mnrt doktr sya akn melhrk dlm bbrap mggu lg.

    BunDit :
    Wah selamat ya mbak Santi. Saya doakan proses kelahirannya lancar, ibu dan baby nya sehat. Amin🙂

  5. […] kebetulan juga, Dita lahir nya pas Piala Eropa 2008 (Bunda pecah ketuban pukul jam 3 pagi saat ayahnya Dita begadang nonton […]

  6. diyan said

    wah…..seneng banget ya…dita nya sekarang pasti udah besar…

    saya kebetulan sedang hamil juga,yang menurut dokter akhir bulan ini akan melahirkan…mudah2an bisa melahirkan secara normal seperti bunda dita ya…amiiin…dan semoga saya dan bayi saya sehat dan selamat,amiiin

    BunDit :
    Dita sudah 2 tahun mam. Selamat ya atas kehamilannya. Saya doakan nanti melahirkan dengan lancar dan secara normal. Mama dan bayinya sehat. Amiin🙂

  7. […] by Bundanya Dita on August 19, 2010 Semenjak lahir, Dita melewati 2x tujuhbelasan tanpa kesan. Pertama, 17 Agustus 2008, Dita baru 2 bulan jadi belum […]

  8. […] Bunda tidak punya record mengenai kehamilan Dita dan tulisan pertama blog ini adalah flash back detik-detik kelahiran Dita. Tapi gak papa lah, daripada tidak punya record sampai Dita […]

  9. […] Anandita Helmy Nasution, anak Ayah Bunda yang rasanya baru kemarin Bunda lahirkan, sekarang sudah hampir TK hahahaha lebay . Waktu berlalu begitu gegas. Kadang suka gak percaya, […]

  10. […] Ayah Bunda selama 4 tahun. Masih terasa bagaimana bahagia dan sukacitanya Ayah Bunda saat engkau hadir ke dunia, 4 tahun lalu. Kemudian tiup lilin yang pertama….kedua….ketiga….dan kini lilin […]

  11. […] sampai ke Matraman. Seru juga waktu itu, kenangan sebagai pengantin baru . Setahun kemudian, Juni 2008 Dita lahir , mengingat waktu itu Dita masih bayi banget, kami juga memutuskan tidak mudik dan saat itu sudah […]

  12. […] 18 Juni 2008 – 18 April 2014 […]

Leave a Reply

 
