Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Resep Agar-agar ASIP dan Sup Krim Ayam Jagung

Posted by BunDit on June 6, 2009

Sebenarnya Bunda kurang pede kalau disuruh posting resep. Soalnya Bunda gak bisa masak sih jadi takut ditanya ini itu tentang masakan, malu deh gak bisa jawab. Tapi karena ada permintaan dari beberapa ibu lewat komennya, Bunda memberanikan diri publish deh beberapa resep yang pernah dicobakan ke Dita.

Bunda sempet gak nyangka, menu cemilan Dita berupa agar-agar ASIP yang Bunda perkenalkan di MPASI Dita 9 bulan, kok sepertinya sangat menarik bagi ibu lain. Padahal menurut Bunda ya biasa-biasa saja. Ide membuat nya pun datang dari keinginan Bunda membuat cemilan yang mudah dan cepat. Terpikir deh bikin agar-agar. Sebenarnya Bunda sering bikin agar-agar ini sewaktu belum ada Dita, biar rasanya lebih uenak, Bunda suka campurin susu kental manis. Nah, dari sini ide Bunda muncul. Karena Dita belum 1 tahun dan lagi masanya minum ASI, kenapa agar2 nya gak ditambahin ASIP saja sebagai pengganti susu kental manis tsb.

Aaah…mukadimahnya kepanjangan ya? OK deh, langsung aja ini resepnya :

AGAR-AGAR ASIP RASA BUAH (8m+)

Bahan :

  • 1/2 bungkus agar-agar swallow globe warna putih (sengaja yang warna putih untuk menghindari pewarna)
  • 20ml ASIP (untuk anak lebih dari setahun bisa diganti susu UHT Plain). ASIPnya lebih banyak lebih bagus. Bunda pakai segitu soalnya lagi ngirit ASIP hehehe.
  • 3 sdm buah yang diblender (bisa melon, mangga, pear dll. Dita sih paling suka melon merah)

Cara membuat :

Campurkan bubuk agar-agar dengan 300ml air, rebus sampai mendidih. Masukkan buah yang sudah diblender. Angkat, kemudian masukkan ASIP (jadi ASIP tidak ikut direbus, untuk mempertahankan kandungan gizinya), aduk rata. Tuangkan ke dalam piring. Diamkan sampai dingin baru masukkan kulkas. Hmm…nikmat jika disajikan dingin-dingin.

Nah, gitu doang kok ibu2. Gampang kan? (hahaha gayanya sok jago masak ya). Dengan mengingat, agar-agar ini kan teksturnya agak kasar, jadi bisa dicobakan ke anak yang sudah bisa mamam agak kasar, sekitar 8 bulan lah.

Oh ya, untuk menemani resep ini, Bunda sekalian mau nulis resep SUP KRIM AYAM JAGUNG. Yang ini sebenarnya juga bukan masakan yang ribet2 banget dan mungkin ibu2 juga sudah pernah buat. Yang jelas resep ini telah diuji coba tadi siang. Daaan Dita lahap banget menyantapnya. Idenya sih bermula dari saat mau menuliskan menu sarapan Dita. Bunda baru nyadar,  menu sarapan Dita itu sering banget tepung2 an atau outmeal yang dicampur buah. Selama ini Dita sih gak protes, cuma kasihan aja gak ada variasi. Naah, terlintas ide kenapa gak buat sup krim dengan outmeal sebagai pengentalnya? Jadi begini resep nya :

SUP KRIM AYAM JAGUNG (7m+)

Bahan untuk kaldu ayam :

  • 1/2 ekor ayam (bisa ayam negeri atau ayam kampung, kalau Bunda pakai ayam negeri)
  • 1/8 bawang bombay ukuran sedang (cincang kasar) (9m+)
  • 10 cm daun bawang (cincang kasar) (9m+)
  • 1 lembar daun salam (9m+)
  • 1 batang serai (diiket) (9m+)

Catatan : Bumbu2 sebaiknya digunakan kalau anak sudah 9 bulan ke atas. Kalau masih 7-8 bulan, kaldunya gak usah dicampurin apa-apa.

Cara membuat kaldu :

Pilih bagian daging ayam ditambah cekernya, campur dengan 800 ml (sepanci kecil deh). Masukkan bawang bombay, daun bawang, daun salam, serai. Rebus dengan api sedang. Setelah air tinggal setengahnya, angkat. Ambil daging ayamnya, dan dicincang halus. Kaldu ayam disaring dari bumbu2 didalamnya. Untuk resep ini, daging ayam dan kaldunya kan sisa. Biasanya Bunda bekukan di baby cubes/cetakan es batu biar bisa digunakan di lain hari.

Bahan untuk Sup Krim :

  • 2 sdm daging ayam (dicincang kecil&halus)
  • 300 ml kaldu ayam
  • 2 sdm jagung manis (dipipil dan dipotong kecil2 atau diparut kalau anak belum bisa mamam kasar)
  • 2 sdm outmeal (encerkan dengan 4 sdm air matang) -Bunda pakai merk Simba-
  • Keju parut secukupnya (8m+)

Cara membuat Sup Krim :

Campur kaldu, daging ayam dan jagung manis ke dalam panci. Rebus sampai jagung empuk. Masukkan outmeal yang telah diencerkan. Aduk rata sampai mengental. Angkat dan pindahkan ke mangkok. Taburkan keju parut di atasnya dan sajikan hangat-hangat.

Hehehe simpel ya. Ini gambarnya :

Sup-Krim-Ayam-Jagung-Web

Karena Dita gak suka keju makanya Bunda gak nyetock keju. Tapi kemarin Bunda parutin unsalted butter sedikit tapi tidak Bunda campurin di sup krim nya, takut Dita gak doyan ntar bisa kebuang. Pas nyuapin Bunda coel-in sedikit butter parutnya. Eh, Dita kok mau ya. Soalnya Bunda pengin nih Dita doyan sama keju. Trus karena jadinya lumayan banyak, untuk 2x makan deh. Siangnya Dita makan sup nya saja. Yang sore Bunda tambah nasi. Wah, seneng banget deh Bunda, Dita lahap makannya. Jadi kepikiran buat sup krim dengan bahan yang lain :-)

Selamat mencoba! (ngguayaaaa….. :D )

About these ads

23 Responses to “Resep Agar-agar ASIP dan Sup Krim Ayam Jagung”

  1. Desy Noer said

    Hmmmm.. jadi laperr nich. Wah pengen coba ah, tapi berhasil ga ya? heheh.. Minta izin copy paste yaa.. Thanx bangtes..

    BunDit :
    Silakan di copas mbak :-)

  2. mami vaya said

    Bunda,
    Untuk bikin agak kental itu, bunda pake oatmeal ya? Selain oatmeal, bisa apa lagi bun? Waduh aku baru tahu kalo pake oatmeal, karena selama ini buat sup jagung untuk vaya biasa aja, gak pake krim. Sempat mikir mo buat pake tepung maizena, itu bisa juga ga ya bun?

    **pengen langsung buat ah, hari ini… ngetes.. hehee…

    BunDit :
    Hahaha saya takutnya kalau ditanya yang begini ini. Saya pakai outmeal ini juga karena Dita suka banget sama outmeal. Kalau buat sup yang pake bumbu digongseng itu Dita malah gak doyan. Awalnya saya kepikiran juga pakai maizena. Sepertinya sih bisa mbak, kan maizena juga bisa membuat kental. Coba mbak coba pakai maizena, ntar kalau berhasil saya yang gantian nyontek :-)

  3. Hmmm, patut dicoba nih..

    BunDit :
    Monggo mbak :-)

  4. silvi said

    masuk sini…dalam keadaan perut lapar sehingga mengakibatkan fungsi mikir aga ‘terganggu’…mosok iyah gue ngiler liat makanan MPASi itu BunDiiit…..pengeeeen…terbayang rasanya kaya cream sup kepiting pake jagung gitu….ngacaiiiiii…

    btw…aku contek ya buat arfa….*emaknya icip-icip dikit ntar…hehehee…*

    BunDit :
    Aku juga nyicipin sup krim nya Dita ini, rasanya emang manis (dari rasa jagungnya), tapi karena gak pakai garem ya kalau untuk kita kurang mantabs hehehe. Monggo mbak kalau mau dicobain buat Kak Arfa :-)

  5. halo dita, bundanya pinter masak yah? seneng dong yah jadi bisa dibikinin macem2 sama bunda:)

    salam kenal ya dari zikra:) lumayan nih bisa nyontek2 resepnya bunda hehe;)

    BunDit :
    Salam kenal juga Kak Zikra. HEhehe aku gak bisa masak kok mbak. Jadi ya pake jurus “ngasal” saja. Yang penting Dita suka dan doyan aja :-)

  6. ihh agar2nya kayaknya menggodaaa…
    shaina gak bisa makan ayam sih, jadi resep keduanya di skip deh..

    tar bikin ahh.. tapi pake uht, kan shaina udah 16 bulan :) seneng deh mampir ke rumah dita, banyak reseeeppp… hehe

    BunDit :
    Shaina lebih suka ikan ya mbak? Kalau Dita akhir2 ini malah gak doyan ikan. Lagi berpikir keras, sebaiknya ikan diapain ya supaya Dita suka. Kayaknya karena amisnya itu maka Dita gak suka. Any idea? Hehehe

  7. Dede Dita .. mampir nih ngintip masakan Bunda .. hmm agar agarnya yummy .. nyontek ya Bun, Farras lagi butuh cemilan baru he he ..

    BunDit :
    Silakan Kak Farras. Semoga kakak suka dengan agar2 nya :-)

  8. [...] Resep Agar-agar ASIP dan Sup Krim Ayam Jagung [...]

  9. salam kenal Bunda Dita….

    Saya boleh nyontek resep Sup Krim Jagungnya ya… Anak saya suka jagung… variasinya nih yang musti di kumpulin :) Trims, Salam,

    BunDit :
    Salam kenal juga Bunda Indira. Dita juga suka banget jagung manis. Monggo lho kalau mau nyoba resepnya buat Kak Ira. Blog nya aku link ya mbak :-)

  10. yulia said

    bundit…

    aku td siang bkn agar2nya nyontek resep bunda dita niih..

    eh.. dasar sok jago.. asal aja masukin satu bungkus agar2 kynya kebanyakan d trus jadinya jd kental bgt.. dan rasanya ga manis.

    gimana ya bun supaya manis n enak..??

    BunDit :
    Agar2 nya cukup separo aja bun. Dicampur buah juga kan? Ya rasanya emang tidak semanis seperti kalau pakai gula. Tapi dulu sebelum 1 th makanan Dita no sugar jadinya Dita terbiasa manis dari buah aja. Nah, kalau udah 1 th ke atas, boleh tuh ditambah gula sedikit, gula jawa lebih enak :-)

  11. yulia said

    bundit…

    aku td siang bkn agar2nya nyontek resep bunda dita niih..

    eh.. dasar sok jago.. asal aja masukin satu bungkus agar2 kynya kebanyakan d trus jadinya jd kental bgt.. dan rasanya ga manis.

    gimana ya bun supaya manis?

  12. gasol said

    wah…pas banget, lagi nyari variasi menu nih. thanks ya.

    BunDit :
    Sama-sama mam :-)

  13. [...] inget dulu saat Dita masih belum 1 tahun, Bunda sempat buatin Agar-agar ASIP. Sekarang karena udah gede, ASIP nya diganti dengan UHT Plain dan sudah bisa pakai [...]

  14. deva said

    Halloo bunda dita salam kenal :)
    Nyasar kesini pas googling sup jagung buat mpasi hehehe..
    Ijin nyontek recipe ya bundit, mo lgsung dipraktekkan sore ini, doakan smoga enak hihihi..
    Btw aq link ya blognya, bole kah?

    Salam kenal mam Deva. Silakan ambil yang diperlukan disini. Saya juga link blog nya ya :-)

  15. deva said

    Aciikk,mo di link balik sama bundit..*heppiiii :)* thx so much bunda..
    Eiya sudah sy coba resep sup jagung & agar²nya, doyan ni babyku..hihihi.. Salam buat kakak Dita, dari Keisha ^_^
    Have a nice day…

    Sudah saya link mam. Ikut seneng kalau dedek Keisha suka dengan resep sup jagung dan agar2. Salam manis juga dari Dita buat Keisha :-)

  16. Mama Byan said

    Hohoho, bundit.. Byan lg suka bgt puding n agar2, so aq minta ijin bt nyontek (ada gtu mw nyontek pk ijin sgala.. ^_^)resepnya y, resep supnya jg y..aq emg rajin bt sayur utk kuah nasi byan n syukurnya dia doyan.Aq emg pngen byan doyan sayur n buah,biz emaknya agak susah klo disuruh mkn 22nya nieh..hehe. Mumpung lg free,aq mw bt byk variasi mknan bt byan biar byan gk bosen.. Mksih y bundit..

    Sip mam. Di blog ini resepnya cuma beberapa. maklum gak hobi masak. Silakan dicontek mam :-)

  17. bunda zahra said

    makasi ya contekannya..ada pencerahan di tengah kejenuham makanan ni.sempet bingung waktu my baby porsi makannya berkurang,bosen kali dia.jadi ibu mank harus pinter ya,hehe

    Sama-sama bun. Semoga Zahra makannya banyak dan lahap ya :-)

  18. Bunda kayla said

    waaa… tHanKs niCh bUndit..
    bWt rEkomNdaSi mEnu cAmiLan kAyLa, dH mULai sULit mAm niCh, jD kUdu rAjin2 bKin cAmiLan bWt dY. bTw?? ASIP tU aP sE bUnd? hehehe ^^

    Sama2 mam. ASIP=ASI Perah, wah jangan2 ini pertanyaan ngetes :D

  19. Bunda Zain said

    Bundit..saya contek resep puding ma sup krimny ya..anakku 9m lagi gak mau makan ni dah seminggu ini..sapa tau dikasih menu baru contekan dari kaka dita jadi mau makan lagi :)
    pusing ya bun kalo anak lagi bnr2 gak mau makan..dita pernah gak bun kayak gitu?

    Silakan bun. Setiap anak saya kira pernah melewati yang namanya GTM (Gerakan Tutup Mulut) alias gak mau makan. Dita juga pernah bun. Pusing? pasti lah hehehe. Itu tantangan buat ortu, kata temen saya yang lebih senior menjadi ibu :-)

  20. rini said

    Bundit..Thanks banget..hari ini aku coba bikin..dan alhamdullilah..Mario (10 bulan) suka sekali…dia bilang yam yam..kalo dia bilang begitu berarti dia doyan..thanks for sharing info nya..kalo ada resep yang lain di post lagi don…
    -Rini-

    Hi mam. Alhamdulillah, ikut senang Mario lahap makannya :-)

  21. fino said

    ASIP itu apa sih…? trus,klo pake susu UHT plain ga boleh direbus jg ya…?

    ASIP : Air Susu Ibu Perah. Bisa pakai susuh UHT Plain, sebaiknya jangan ikut direbus tapi dicampurkan setekah agar2 diangkat.

  22. nawnumomz.. said

    Bundit..saya contek resepnya tadi. Syukur anak sy nawnu 11m jd agak bergairah lagi buat makann. Kemarin2 smua makanan yg masuk dilepehin. Cuma supnya sy tambah aSIP sama mentega di endingnya..biar gurih aja sih. Heheheheh. Makasih ya bundit.

    Nnti sore mau coba2 buat puding resepnya bundit ya..

    Silakan. Sama-sama mam :-)

  23. alya said

    Bundit…susu UHT plain Ɣªήğ gimana thoo…setahuku semua ono rasane jee…

    Ada ma, yang tulisan nya plain.. :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 196 other followers

%d bloggers like this: