Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

MPASI Dita 10 bulan

Posted by BunDit on May 19, 2009

Wuah, rasanya waktu berjalan cepat. Ujug-ujug sudah saatnya membuat laporan mengenai MPASI Dita sebulan ke belakang saat usianya 10 bulan. Ada beberapa perkembangan yang menggembirakan di usia MPASI kali ini. Apa saja perkembangannya :

  • Kemampuan mengunyahnya sudah semakin baik. Sudah mulai bisa makan nasi yang lembek. Masaknya sih masih seperti biasa, nasi dimasak lagi pakai air. Tapi sekarang waktu memasaknya tidak selama sebelumnya. Jadi nasinya benar-benar sudah mulai kasar. Sayuran dan lauk yang dicampurin pun sudah tidak digerus pake sendok, tapi sudah dipotongin kecil2. Kalau makan agar-agar pun, dipotongin setengah dadu gitu, di-hap, langsung dikunyah. Untuk buah, seperti apel atau pear gak pernah dikukus dulu, langsung diblender aja. Kalau semangka kadang sudah langsung diberikan bentuk potongan, soalnya teksturnya lembut.
  • Sudah mulai makan besar 3x sehari. Sebenarnya Bunda merencanakan menambah frekuensi makan Dita di usia 9 bulan. Namun dikarenakan saat itu lagi hobi GTM, jadinya Bunda tunda. Nah, untuk mengawalinya, di minggu ke-3 MPASI 10 bulan, Bunda menambah frekuensi cemilannya dulu. Kemudian pas di minggu terakhir MPASI kemarin, pas Dita lagi lahap-lahapnya makan dan di tambah pas dengan jadwal lauk kesukaan yaitu hati ayam, makanya Bunda langsung menaikkan frekuensi makannya. Yang sebelumnya pagi : bubur dan sore : nasi, sekarang ditambah siang : nasi. Alhamdulillah penambahan frekuensi makan ini diterima Dita dengan lapang dada :D

Lalu, makanan baru apa ya yang dinikmati Dita di MPASI nya saat ini :

Karbohidrat :

  • Tepung ubi
  • Tepung jagung
  • Tepung kacang merah

Sayuran :

  • Sawi putih

Buah :

  • Anggur merah

Cemilan  :

  • Plain Yogurt
  • Ubi Cilembu rebus

Sedikit ulasan mengenai menu baru :

Tepung ubi, tepung jagung & tepung kacang merah :

Untuk tepung-tepungan ini Bunda setia menggunakan produk gasol organik. Untuk tepung ubi dan tepung jagung, Dita doyan. Tapi tepung kacang merah, ogah. Biasanya tepung ini untuk sarapan dan dicampur dengan buah-buahan yang diblender.

Sawi Putih :

Waktu pas kami masak sawi putih, ya sudah sekalian dicobain ke Dita. Alhamdulilllah anak Bunda ini emang penyuka sayuran :-)

Anggur merah :

Pas di supermarket ngelirik buah anggur yang ranum-ranum, jadi tergoda membelikan Dita. Lagian di usianya yang sudah 10 bulan, buah anggur sudah boleh dikonsumsi. Kok tahu? Bunda sih tahunya dari link When can my baby eat Grapes? ini.

Yogurt :

Dita suka dengan makanan sehat satu ini. awalnya Bunda cari Yoplait Petit Miam, tapi karena gak ada, akhirnya pilih Yummy Plain. Namun tidak setiap hari Dita mengkonsumsi yogurt. Sebagai perkenalan, baru dinikmati 2-3x seminggu, itu pun dengan takaran 2 sendok makan dan dicampurkan ke puree buah.

Ubi Cilembu Rebus :

Ini hanya untuk alternatif cemilan buat Dita, selain agar-agar ASIP rasa buah dan biskuit. Daan..memang rasanya mak nyus, makanya Dita suka walau makannya gak bisa banyak-banyak, kayaknya agak bikin seret tenggorokannya.

Kalau ditrace-back, menu MPASI Dita selama ini (MPASI 6-10 bulan), sepertinya sih gak pernah macem-macem, walau setiap bulan pasti ada jenis makanan baru. Apalagi cara memasaknya, sebagian besar mengambil jurus praktis, dengan mencampur semuanya, jadi deh. Alhamdulillah, selama ini Dita tidak pernah protes, yang penting kan memenuhi cakupan gizi (ngeles :D ).

Pernah sih karena rada GTM, dibuatin yang “agak ribet dari biasanya” seperti makaroni ayam saus kuning telur (bulan 9) dan untuk MPASI 10 bulan ini, pernah mencoba bikin SOUP. Dan layaknya membuat soup, bumbunya pun digongseng dengan Olive Oil (Bunda pake Bertolli yang Extra Light). Baunya sih wangiii banget, walau rasanya hambar karena tanpa garam. Sayang saat itu selera makan Dita sepertinya lagi tidak bagus, jadi Soup nya cuma dimakan beberapa suap. Kapan-kapan sih mau dicobain lagi.

Namun mulai MPASI menjelang setahun ini, meski gak bisa masak, Bunda sih tekadnya membuat MPASI Dita lebih bervariasi. Tidak menunggu GTM, baru mikir variasi menunya. Kalau untuk MPASI 11 bulan nanti, mungkin masih standar lah. Nah, untuk MPASI 1 tahun, sepertinya banyak resep yang menunggu untuk dicoba. Sstt..Bunda lagi rajin mampir ke Mamaku Koki Handal nih, untuk memungut resep-resep yang OK punya. Setidaknya bisa dicoba saat Bunda libur. Hallah, akankah ini terealisasi atau cuma niat doang hehehe ;-)

OK, sekian dulu laporan MPASI Dita 10 bulan. Tak lupa, seperti yang sudah-sudah, Bunda attach Jadwal dan Menu MPASI DITA 10 Bulan ini. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya :-)

Buat Dita sayang, selalu sehat dan mamam yang banyak ya sayang…

About these ads

14 Responses to “MPASI Dita 10 bulan”

  1. zee said

    wah dita mamamnya enak yah..
    dulu vaya jg gitu dikasih ini itu sama maminya, tp dasar seleranya nasi, ujung2nya nasi juga maunya, ubi-2an kurang suka dia. hehehe…

    oh anggur merah. wah aku malah ga pernah ngasih vaya. gpp ya, coba deh aku kenalkan dia dgn anggur… :)

    BunDit :
    Ya ubi buat selingan aja. Dita juga paling suka nasi, makannya bisa telap telep :-)

  2. sarie said

    iya Mom, kenali sayuran2 sejak dini biar gedenya bisa suka sayuran juga. Nathan juga skrg suka banget ama sayuran.

    *iya neh Dd Nathan nanti co nih;) mamanya dikelilingi jagoan deh:) cantik sendiri hehehe

    BunDit :
    Iya mbak bener, saya juga berusaha menerapkan bahwa sayuran wajib ada di setiap makan Dita. Hehehe saya kebayang serunya deh ada 3 jagoan di rumah mbak :-)

  3. Bundit, yoplait itu ada ko di carrefour / giant. Aku dulu biasa beliin Ez, tapi dia ngga doyan. Ada tips ngga ya biar jadi doyan yogurt? Udh kucampur buah, biskuit tetep aja nolak.. Pengen nyobain yogurt cimory yang plus susu, kira kira udah boleh belum ya di usia 10 bln? Ubi cilembu & Anggur merah ya, hmm baru kepikiran.. Makasii ya bundit..

    BunDit :
    Iya mbak, waktu ke carrefour, aku tanya penjaganya sih ada tapi lagi habis. Jadi ya beli yang ada saja. Wah, kalau tips supaya bayi doyan yogurt aku gak tahu persis. Aku ngasih ke Dita juga porsinya sedikit. Dan nyampur ke buahnya gak dicampur sampai rata gitu. Yogurtnya agak disisihin di pinggir, waktu mau nyuapin, buahnya dulu diambil trus yogurtnya diambil sedikit. Lama2 porsi yogurt di suapannya ditambah.

    Setahuku dari yang kubaca, untuk bayi kurang 1 tahun adalah yogurt murni. Lebih dianjurkan yogurt yang terbuat dari susu murni dan bukan susu rendah lemak. Hindari juga Yogurt dengan tambahan rasa krn biasanya mengandung gula terlalu banyak. Jadi pilihannya emang Plain Yogurt. Kalau usia sudah lebih 1 th, baru boleh tuh yogurt aneka rasa. Untuk yogurt cimory saya gak tahu mbak, tapi sebaiknya dilihat komposisinya dulu. Ya cara gampangnya, di bandingin dengan komposisi Yoplait yang biasa mbak beli :-)

  4. jangan cuman mampir to Rin… sekali-kali mbok ngikuts getolohhh :-D
    btw, yang pengen yugurt bisa menghubungi sayah di http://yogheart.wordpress.com

    yahhh.. kok promosi? wkwkwkkw….

    BunDit :
    Walah mbak, aku gak iso masak je… yen melu ntar ngisin2-i.
    Eh mbak, beneran blog itu buat jualan yogurt? Aku udah komen tuh. Kan yang pertama komen, gratis dapat yogurt dong ;-) . Btw, blog nya di selesaiin dulu dong mbak, masak masih under construction udah promosi jualan hehehe

  5. aasp said

    salam kenal mba…mba saya seneng baca diary digitalnya dita ini, krn saya juga punya bebi yg usianya ga beda jauh sama dita, tulisannya mba sangat informatif, dan edukatif juga ttg bhn2 makanan yg mba siapkan utk dita…tapi mba kenapa jadwal dan menu makan dita ga pernah bisa sy buka yaa…trims mba

    BunDit :
    Salam kenal mbak Devi. Wah, babynya namanya siapa mbak? Dita mau kenalan nih :-) .Saya seneng kalau informasi di blognya Dita ini bisa diambil manfaatnya. Oh ya, untuk jadwal dan menu makan Dita saya simpan dengan format pdf. Jadi untuk membukanya mbak install dulu adobe reader. Programnya bisa didownload scr free dari internet. Coba link ini Download Adobe Reader .

  6. aasp said

    namanya sena mba…salam kenal juga ya utk Dita…saya udah buka jadwal makan dan menu dita mba..buat contekan dikit2 gpp kan mba? abis udah mati gaya nih mau kasih apalagi…he3…oh iya mba tp aku liat Dita maemnya ga prnh pake keju atau spices ya mba? mba tp info yg ada di blog mba ini sangat membantu sekali lho, bukan utk sy aja, tp utk ibu2 lain pastinya…sekali lg makasih banyak ya mba…

    BunDit :
    Salam kenal Sena. Hehehe mbak Devi sudah baca MPASI Dita 9 bulan? Di usia 9 bulan Dita sudah aku kenalin sama keju dan unsalted butter, tapi Dita gak suka, melet2 dan mau muntah kayak neg gitu. Jadi sementara aku stop, nanti kapan2 aku coba lagi. Soal spices, di usia 9 bulan itu aku juga sudah ngenalin. Sampai skr kalau buat kaldu ayam atau sapi, aku pake-in bawang putih dan daun salam. Kalau untuk kaldu ikan, aku tambahkan jahe. Sebenarnya kalau dilihat2, menu makanan Dita gak pernah macem2. Cenderung monoton. Tapi ya anaknya suka dan doyan, jadi ya sudahlah. Cuma nanti kalau sudah 1 tahun, pengin buat yang lebih variatif. Moga2 terlaksana, soalnya takut cuma niat doang hehehe.

  7. Bunda Bunda….Aurel udah boleh num yogurt lum yah hihihihhi abisnya udah kehabisan stok yang boleh dimakan sich (hayahhh mggaya)…kalo biskuit yang aman apa yah? soalnya aku baca kok banyak yang bergula?? terus agar-aganya apa bunda…duuuhhhh pengen segera nyoba…

    BunDit :
    Kalau yang pernah saya baca (hehehe tahunya dari baca nih), bayi mulai 6 bulan katanya sudah boleh makan yogurt yang khusus bayi. Lebih amannya sih umur 8/9 bulan. Aurel kan sudah 8 bulan, sudah boleh tuh dicobain sedikit. Tapi saya sendiri baru sempet ngasih ke Dita umur 10 bulan. Kalau soal biskuit, permasalahannya sama, saya gak nemu yang no sugar, jadinya ya saya agak bandel nih, ngasih Dita biskuit Farley’s yang mengandung gula sedikit hehehe, jadi jangan ditiru deh. Bagusnya sih cemilannya yang sehat aja mbak, misal kentang/wortel kukus. Kalau agar2 saya pakainya Swallow Globe yang warna putih, baru nanti ditambahin ASIP+buah yang diblender.

  8. japri resep ager2nya dong bun…hhhehehehehh ditunggu yah

    BunDit :
    Resep nya sudah aku posting, mbak :-)

  9. Malam Bunda…
    apa kabar, Tantra sudah 10 bulan 15 hari nih, sudah sebulan ini sering pilek, wah kasihan…
    4 hari ini susah maemnya…(bingung), 2 bulan ini bb cuma naik 2ons (jadinya 9kg) sedih rasanya..
    Gimana ya caranya supaya bb naik cukup signifikan, makanan apa saja yg bs bantu up bbnya.
    maturnuwun nggih Bun

    BunDit :
    Jangan sedih dong mam. Anak2 kan emang kalau lagi sakit susah makan. Mau tumbuh gigi susah makan juga. Dicobain semua makanan yang sesuai umurnya aja mam. Pasti mam tahu apa yang menjadi favorit Tantra. BB bukan segalanya mam, yang penting anak sehat, lincah dan ceria :-)

  10. He..he…pengen tampilkan foto Tantra di sini gimana caranya ya Bun

    BunDit :
    Di multiply yang pakai neck ring itu Tantra ya bu? :-)

  11. Iya Bun…
    Jadi kenal muka kan sekarang, cuma belum kopi darat aja ya…
    10 bulan boleh makan pake santan ga ya…
    Saking bingungnya beberapa hari ga mau makan, td pagi masak opor buat kakak, Tantra tak cobain (tanpa gulgar)katanya (kakak dan teteh di rumah, ibu lg kerja)makannya nambah… wah.. seneng dengernya. Waktu Kakak Dita umur 10 bulan berat badannya berapa ya..
    (Bundit jadi lupa kan…ngasih tau cara upload foto tantra di sini)

    BunDit :
    Setahu saya, santan/kelapa diperkenalkan untuk anak 1 tahun ke atas. Tapi kalau sedikit, gak masalah lah mam. Bandel dikit gak dilarang kok hehehe. Wah, kalau upload foto di kolom komen sepertinya gak bisa Bu. Ibu kasih link nya aja di sini :-)

  12. Bunda dita, mau tanya nieh, resep untuk hati ayam,
    soalnya masih pro kontra nieh mau ngasih hati ayam, Uti sama atungnya agak nggak setuju kalo dikasih hati ayam, katanya itu kan jeroan nggak bagus buat anak, jangan dikasih, tapi dari referensi yang aku dapat banyak juga resep hati ayam untuk baby, terus zat besi dan folatnya tinggi, gimana yah bunda?? mohon sharing dan resepnya dong, kinan kayaknya agak nggak suka dengan amisnya…
    Thanka a bunch ya bunda dita atas responnya….biar jadi referensi buat MPASI kinan

    BunDit :
    Dita waktu seumuran Kinan paling suka hati ayam. Biasanya hati ayam saya rebus dengan bawang putih, daun salam dan jahe. Jahe ini untuk menghilangkan bau amis. Nah, waktu mau buat nasi tim, saya campurkan saja hati ayam ke dalamnya. Emang masih amis sedikit sih mam, tapi waktu itu Dita doyan. Atau coba saja hati ayamnya digoreng dengan olive oil (saya dulu pakainya merk Bertolli) atau pakai unsalted butter jadi hati ayamnya buat lauk terpisah, siapa tahu Kinan suka :-)

  13. Tea Silitonga said

    Bunda Dita, mohon penjelasan arti dari singkatan BTP, BKH, BBM yang ada di jadwal makannya Dita. Aku baru nemu web ini jadi baru liat karena anakku udah masuk 9 bulan jadi lagi search menu makanannya

    Silakan liat kepanjangannya di Menu MPASI Dita 6 Bulan mam ( di right side bar). Thanks sudah mampir kemari :-)

  14. Tea Silitonga said

    thanks atas infonya Bunda Dita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 184 other followers

%d bloggers like this: