Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

MPASI Dita 9 Bulan

Posted by BunDit on April 27, 2009

Posting MPASI Dita kali ini telat nih. Biasanya habis posting UlBul langsung posting MPASI, tapi berhubung ada “kesibukan” sedikit, jadinya baru hari ini bisa publish.

Alhamdulillah, MPASI Dita di usianya yang 9 bulan terlewati. Sayang, di akhir2 minggu Dita sempat rada GTM (halah..istilahnya mbingungi). Maksudnya bukan gak mau makan sama sekali, tapi dikiiit banget makannya, paling2 cuma 5 suap :-( .Jadinya minum ASIP nya yang makin banyak. Bunda sudah ketar-ketir nih, stock ASIP menipis (ada 9 botol). Ayooo semangat, 2 bulan lagi Dita setahun.

OK, kembali ke soal MPASI. Di MPASI 9 bulan ini, nasi tim Dita sudah tidak disaring lagi. Buat nasi timnya bukan dari beras dimasak trus dikukus soalnya lama euy, tapi dari nasi di tambahin air trus dimasak lagi sampai lembek, awalnya masih dipenyet-penyet pakai sendok, tapi pas 2 minggu terakhir sudah langsung dimakan.

Bagaimana dengan menu baru? Ini nih daftar makanan baru Dita di MPASI 9 bulan :

Karbohidrat :

  • Beras merah
  • Tepung Jagung
  • Makaroni

Sayuran :

  • Buncis
  • Kangkung
  • Kacang panjang
  • Kacang merah

Lauk pauk :

  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Kaldu ikan
  • Kuning telur

Buah-buahan :

  • Jambu biji
  • Jambu bangkok

Finger food/Cemilan :

  • Agar-agar
  • Biskuit

Bumbu/Lain-lain :

  • Keju
  • Unsalted Butter
  • Bawang Putih
  • Bawang Bombay
  • Jahe
  • Daun bawang
  • Serai
  • Daun Salam

Penjelasan dikit mengenai menu baru ya?

Beras Merah

Bunda beli merk gasol. Berdasarkan informasi di kemasannya, beras merah akan lebih bergizi jika sebelum dimasak, direndam dahulu selama 24 jam. Ini Bunda ikutin. Awalnya cara memasaknya, beras merah direbus dipanci. Bunda kira akan mateng paling lama 1 jam, ternyata sampai 2 jam gak mateng2. Setelah diamat-amati, beras merah gasol ini kulit ari nya masih kelihatan, jadinya lamaaa banget empuknya. Akhirnya di lain hari, digabungin masaknya dengan beras putih di rice cooker, baru setelah jadi nasi di masak lagi. Walau masaknya tidak selama dibanding dari beras, tapi memang membutuhkan waktu lebih dibanding dengan nasi dari beras putih.

Ikan salmon/Ikan tuna :

Awalnya Bunda lupa ngasih jeruk nipis saat mau merebus ikan salmon. Trus kaldunya plain, gak ditambahi apa-apa. Jadinya rada amis. Dita sempet hoek-hoek. Akhirnya karena sudah terlanjur direbus, untuk ngakalinnya, pas dimasak sama nasi, dicemplungin jahe sedikit. Lumayan amisnya agak hilang, jadi Dita doyan deh. Berdasarkan pengalaman dari mengolah ikan salmon, saat mau masak ikan tuna, Bunda balurin jeruk nipis dulu, baru direbus sekalian ditambahin bawang bombay, daun bawang, jahe, serai dan daun salam. Baunya jadi wangiiiii menggugah selera :D

Makaroni ayam saus kuning telur :

Untuk variasi Bunda coba buat “Makaroni ayam saus kuning telur”. Resepnya ya nyontek dari ibu-ibu di milist :

Bahan :

  • Makaroni
  • Daging ayam
  • Wortel
  • Telur
  • Unsalted butter
  • Keju

Caranya :

  • Rebus makaroni sampai lunak, angkat dan tiriskan.
  • Rebus wortel sampai matang, angkat dan tiriskan. Trus diparut.
  • Rebus daging ayam, kemudian dipotong2 kecil2 sampai lembut
  • Saus kuning telur : campur kuning telur matang dengan unsalted butter (merk Anchor).
  • Campurkan makaroni, ayam, wortel dan saus kuning telur. Aduk sampai rata.
  • Beri parutan keju di atas nya (Bunda pake merk BabyBel)

Daaan Dita gak suka! :-( . Selidik punya selidik, ternyata lidah Dita memang mirip lidah Ayahnya, gak suka makanan yang kebule-bulean, yang suka pake butter/keju hehehe. Berasa eneg kali, soalnya pas disuapin sampai melet2 gitu. Beda dengan lidah Bunda ya makan apa2 hayo :D .Jadinya sampai sekarang belum dicobain lagi menu yang pake unsalted butter atau keju.

Bumbu-bumbu :

Di usia 9 bulan ini, Dita mulai Bunda kenalin dengan bumbu-bumbu pada makanannya. Jadi kalau membuat kaldu ayam/ikan sudah dicampur dengan berbagai bumbu seperti telah disebutkan di atas. Kaldu memang lebih wangi dan gurih walau tanpa tambahan gula/garam, apalagi MSG. Kalau MSG, Insya Allah bisa dihindari sampai dewasa.

Agar-agar :

Bunda buat nya dari bubuk agar-agar warna putih kemudian dicampur ASIP plus buah melon yang diblender dulu. Dita lumayan suka dengan jenis cemilan ini.

Biskuit :

Kalau lagi gak ada cemilan atau merengek pengin makanan yang Bunda lagi makan (Bundanya suka sengaja ngemil didepan Dita sih :D ), Bunda kasih Dita biskuit. Dan terpaksa ngasih biskuit yang mengandung gula. Soalnya udah ngublek carefour/superindo, ternyata semua biskuit bayi mengandung gula:-( . Bunda pikir, mengandung gula sedikit gak papa deh. Kalau di milist ada yang rekomen biskuit merk Baby Choice, cuma katanya juga susah nyarinya. Emang lebih bagus sih, cemilan yang alami, seperti kentang/wortel yang dikukus. Dita sih suka dengan biskuit ini, dihisep-hisep sampai larut di lidah, baru dikunyah dan ditelen. Bagaimana pengalaman ibu2 yang lain ya mengenai variasi cemilan ini?

Ya begitulah cerita sedikit mengenai MPASI Dita 9 Bulan. Silakan lho kalau ada masukan atau sharing seputar MPASI. Dan seperti biasa, Bunda attach jadwal-dan-menu-mpasi-dita-9-bulan :-)

About these ads

33 Responses to “MPASI Dita 9 Bulan”

  1. Haloo Dita, udah bisa ya makan ngga dipenyet penyet gitu nasinya?
    Ez belum bisa nih, kmrn dicobain dipenyet kasar aja malah kluar lagi. Sehat terus ya Dita..

    BunDit :
    Ya awalnya sih Dita melet-melet gak mau nelen. Tapi lama-lama, mau juga kok mbak. Terima kasih doanya mbak. Sehat selalu juga untuk dik Ezra :-)

  2. huah, jenius banget ada menu agar-agar ASIP. Pengen copy attachnya tapi asa masih lama yah 9 bulan, ntar aku nyontek aja kesini ;)

    BunDit :
    Ya ceritanya kan bikin puding buah mbak. Puding kan enaknya pakai susu, karena belum boleh susu kental manis, penggantinya ya ASIP. Saya nyicipin juga, enak juga kok. Hehehe makan ASI sendiri deh :D

  3. duh seru ya yg baru nyoba mpasi… mamahnya pasti semangat masak ini itu hehee..
    ikan salmon, aku da lama gak kasih itu ke vaya… tp akan coba lagi deh di bulan depan :)

    BunDit :
    Hehehe saya masaknya kalau pas libur saja. Jadi kalau lagi kerja ya tetehnya yang masak :D . Salam buat Vaya dari Dita ya :-)

  4. silvi said

    hebaaat…ampe rinci gitu nyatetnya…btw dita hebad deh…buah-buahannya udah nyoba jambu biji…aku belum brani kasih arfa jambu biji, padahal udah 11 bulan…aah nyoba aah…

    BunDit :
    Hehehe kalau untuk menu makannya Dita memang saya yang menentukan trus saya catet untuk panduan tetehnya selama saya kerja. Dita suka tuh jambu biji, baunya juga sedep. Kak Arfa pasti suka deh :-)

  5. Laily said

    Yang gede aja doyan..hehe..Semangat masak ya bunda Dita!! akan kuikuti jejak sampeyan (halahh)

    BunDit :
    Hehehe makasih mbak. Semoga jejakku gak menyesatkan :D

  6. Puspita W said

    Salam kenal,

    Nama anak saya Dita, lengkapnya Dita Fiskasila Putri Hapsari, sekarang sudah kelas 2 SMA. Namanya kecilku Ririn.

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak. Wah, kok bisa pas gitu ya. Nama kita dan nama anak kita sama. Dan aku lihat di profile mbak, ternyata kita sama2 berzodiak Taurus :-)

  7. sarie said

    Halo, lam kenal ya! aku add di link:) keknya disini bakal banyak dpt info, secara daku mo punya baby lagi:) mau nambah ilmu lagi, biar gak kegok. soale Nathan dah 5thn, lupa gimana rasane punya bayi:)

    Selamat Mpasi ya dear, seingetku awal2 dikasih maem pendamping asi, emang rada repot, tapi lama-lama doyan kok. asal menunya variatif aja.

    have a great day!

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak Sarie. Aku juga mendokumentasikan semua hal tentang Dita, salah satu tujuannya ya nanti kalau masih diberi amanah punya bayi lagi, tinggal nyontek deh hehehe. Walau setiap anak kan unik, tapi setidaknya sudah ada guidance mengenai MPASI dll :-)

    Wah, lagi hamil lagi ya mbak. Semoga kehamilan dan kelahirannya nanti lancar ya. Salam untuk kak Nathan dari Dita ya :-)

  8. Mutti said

    Wah, selera Dita sama kayak Pakdhe tuuhh,, milih nasi daripada makaroni, hehehe,, justru Kakak yang seneng makaroni dan pasta lainnya. Sehat terus ya, Dita,,, :D Two thumbs up buat Bulik… :D

    Iya nih Dik, Dita emang lebih doyan nasi. Kalau Kak Thifa suka dimasakin makanan yang variatif ya sama Bundanya, jadi lidahnya lebih “gaul” :D .Selalu sehat juga buat Kak Thifa ya :-)

  9. agar2 sounds interesting :) aku malah lom pernah ngasih shaina agar2. Di posting resep lengkap agar2nya dong bu.. tapi kalo aku ASIP nya udah bisa diganti pake uht :)

    yang pinter makannya ya dita.. bundanya udah rajin nih bereksperiman, biar makin rajin lagi :)

    BunDit :
    Waaa…saya tidak secanggih mama Shaina kalau soal bereksperimen. Lha agar-agar itu, tinggal nyampurin aja agar-agar bubuk, air, ASIP dan melon blender. Ceritanya waktu itu baca-baca kumpulan resep puding. Tapi semuanya untuk anak di atas 1 tahun. Trus dulu saya suka iseng bikin agar-agar yang dicampur susu kental manis. Nah, buat Dita saya pikir kenapa susu kental manisnya gak diganti ASIP aja. Jadi deh agar-agar ASIP rasa melon :-)

    Thanks mama Shaina sudah mampir ke blognya Dita :-)

  10. [...] MPASI Dita 9 Bulan [...]

  11. Trias said

    Mbak untuk unsalted butter biasanya menggunakan merk apa?

    BunDit :
    Dulu saya biasa pake merk Orchid mbak :-)

  12. Trias said

    Klo ukuran beras sekali makan 1 genggam, klo makaroni seberapa y mbak? ada merk tertentu yg aman untuk bayi? tq

    BunDit :
    Kalau soal ukuran saya sih pakai ilmu kira-kira hehehe. Pokoknya secukupnya aja mbak buat anak. Makaroni saya sih belinya yang curah di supermarket, gak harus merk apa gitu :-)

  13. memang bunda harus cerdik mengenai menu mpasi karena berkenaan dengan gizi buah hati. Umumnya anak sulit makan, tapi kalau bundanya cerdik otak-atik resep seperti bundanya DITA. Si kecil akan lebih mudah makan dan gizinya tercukupi

    BunDit :
    Thanks ya mbak atas kunjungannya :-)

  14. Nurmalia said

    Bunda, dari 6 sd 9 bulan contek mpasinya Dita, tapi diselingi2 dan di ganti2 sendiri, mksh ya udah jd inspirasi, sambil baca buku, bila mau beli ke pasar, supermarket, pasti bawa contekan dari Blog ini kira2 apa yg boleh ya, cuma belum aku kasih yg makaroni, baru nasi tapi aku saring, kemarin agak kasar (aku kasih yg atas saringan) dikit di lepeh (dibuang) jadi aku campurin dikit2 aja menjelang 10 bulan biar mau makannya agak kasar mksh

    BunDit :
    Saya senang kalau rangkuman saya bermanfaat. Semoga dedeknya mamamnya banyak dan lahap ya. Selalu sehat ya dek :-)

  15. rahmi said

    bunda dita..infonya bagus banget, kebetulan lg nyari2 info buat menu bayi 9 bulan..eh nemu deh,mo nanya nih..kok ngasih tim saringnya cuma sekali bun? coz kmrn2 aku ngasih makan tim saringnya dah 2 kali siang ma sore, gimana bun?bagus ga?trus bubur susunya di kasih terus ya sampe 9 bulan?coz dah dari 7 bulan dah ga aku kasih..

    BunDit :
    Soal frekuensi makan menurut saya tergantung bayinya. Kalau dulu Dita usia 9 bulan lagi suka GTM, jadi makan besarnya msh 2X, Pas 10 bulan, saya tambah cemilannya. Baru usia 11 bulan, nasi tim udah 2X. Jadi soal frekuensi makan disesuaikan dengan anak aja mam. Gak masalah kok tiap anak beda. Soal bubus susu/bubur ASI, saya juga kasih cuma di usia 6 bulan kok. Setelahnya Dita masih doyan gasol tapi dicampur buah. Biasanya untuk sarapan, biar praktis. Salam buat babynya ya.. Namanya siapa? :-)

  16. Hai Bunda
    Seminggu lagi Tantra 9 bulan, seperti biasa…nyontek ya….

    BunDit :
    Silakan bu. Dengan senang hati saya berbagi :-)

  17. yulia said

    hi bun…

    mo tanya kalo beras gasolnya beli dmn?

    oh ya.. mo info nih.. kemarin k senayan city nemu biskuit baby choice.. kynya emang ga mengandung gula sih.. tp rada gurih. curiga jg jangan2 ada msgnya soalnya ingeredientnya pk bhs china.

    BunDit :
    Untuk gasol coba hubungi no telpon di http://www.gasolorganik.com/. Kalau aku sendiri gak pernah beliin biskuit itu. Yang pernah sih Farley. Ada gulanya sedikit sih, tapi gak papa sedikit hehehe. Agak bandel sedikit boleh dong. Yang ideal sih ya buat sendiri. Cuma beum punya oven segala macam. Maklum gak hobi masak :D

  18. denayu said

    hiii moms, salam kenal yahh :)

    Klo usia 9bln itu, apakah udh bs dksh nasi lembek gt ?? Soalnya anakku Dinara smp skg (minggu dpn pas 9bln) msh mkn bubur saring tp saringnya ud agak kasar sih, jd msh dicampur2 jd satu gt tepung beras, sayuran, dan lauknya. Cm skg kyknya dia udh mulai bosen, kasian.
    Trs kl ud 9bln apa msh plu disaring yaa ?? tkutnya sistem pencernaannya blm sempurna gt…
    thanks for sharing ya moms

    salam bwt kk dita :)

    BunDit :
    Kalau menurut saya, tekstur MPASI diberikannya bertahap. Dari cair, agak kental, disaring, dibenyek2 dulu, nasi lembek, nasi biasa. Kalau umur 9 bulan saya rasa sudah agak kasaran dikit gak papa. Dulu umur segitu, MPASI Dita mulai gak disaring tapi dibenyek2 aja pakai sendok. Pelan-pelan saya mam. Anak kita itu pinter lho..secara bertahap anak kita juga belajar saat tekstur makanannya berubah :-)

  19. mama_naunau said

    duh, sayang bgt, sekarang Naura udah 7 bulan, baru ketemu blog ini. insya allah segera diikuti jejaknya yah..
    tanya2 boleh ya.. maklum Naufal dulu masak2nya masih pake ilmu sesat, hehehe
    Makasih

    BunDit :
    Silakan mam, kalau saya bisa jawab akan saya jawab. Saya juga belajar dari ibu2 senior juga :-)

  20. estika_erma said

    hai bundit, mau nanya nih, knpa bikin kaldu dkasih bumbu2 bru dlakukan pas dita umur 9bln? sebelumny hanya rebusan ayam aja g pakai bumbu? mksh ya bundit

    BunDit :
    Bener ma, sebelum 9 bulan ya ayam aja direbus gak pakai apa-apa :-)

  21. estika_erma said

    tanya lg y bundit. kaldu yg udh beku difrezeer gmna cara penyajianny klo mau dimasak?dtunggu sampai mencair sdri atw langsung dmasukkan k panci?mksh lg..

    BunDit :
    Kalau saya langsung saya cemplungin ke panci hehehe :-)

  22. ika said

    Bunda Dita …

    Aq contek menu mpasinya dr mulai 6 bln yah …. hehehe, tq u bgt.
    btw, untuk mpasi 10 – 12 bln blm ada yah?

    ika

    BunDit :
    Silakan mam. Jadwal dan menu MPASI Dita sampai 11 bulan ada mam, silakan cek di right sidebar. Kalau untuk tulisannya silakan cek di tulisan dibawah kategori MPASI. Kalau untuk 12 bulan tidak saya bahas detil karena anak sudah bisa makan dengan menu orang dewasa :-)

  23. Mama shera said

    Hai bunda,slm knl y dari shera.thnx y bunda,smw resep akn sy coba drmh.slm bt dita y bun.smg smkn sht:-)

    Salam kenal dedek Shera. Semoga mamam nya banyak dan selalu sehat ya :-)

  24. lisa said

    Bunda, saya senang banget baca tulisannya Bunda…
    terutama soal menu mPASI nya Dita, jadi punya contekan resep..
    Makasih ya bunda..

    Terimakasih apresiasinya mam Lisa. Kita sama2 belajar mam :-)

  25. Bundanya Naya said

    Hai Bundit.. aku mau berguru lagi yaaa..
    Menyiasati GTMnya Dita gimana dulu? Share menunya dong Bun..
    Aku udah pusing nih liat Naya tutup mulut tiap kali disuapin..heuheuheu..
    Oia, kalo Naya kemungkinan penyebab GTMnya krn mau tumbuh gigi, dua biji di atas.. Makasi ya Bun
    Salam dari Bandung,

    Maaf baru balas. Semua menu Dita dari 6-12 bulan silakan download di right sidebar. Kalau dulu pas Dita GTM, selain variasi makanan juga dikasih mainan atau tontonan. pas lengah langsung deh makanan masuk mulut :D

  26. IP said

    Google mpasi buwat Ecah ntar 9 bulan bun. mlipir deh kemari :) InsyaAllah, Ecah juga mo aku kasih nasi dipenyet-penyet gituh pas 9 bulan, moga-moga dia udah bisa jadi kemana-mana udah lebih praktis peralatan tempur (maem)nya :)

    Iya mam, makin gede anak, MPASI makannya makin praktis ya :-)

  27. megha said

    bunda, sebaiknya baby umur berapa bulan sih mulai dikenalkan dengan rasa gula dan garam? terima kasih

    Menurut beberapa referensi, umur 12 bulan (1 tahun) mam :-)

  28. chery said

    Salam kenal Bunda…
    aku mulai pake resepnya bunda dr mulai 7bulan. skrg anakku ud mau msk 9 bulan. mau nanya bunda, aku pernah kasi apel ke anakku cuman gak doyan krn asem. klo bunda apelnya pake apelnya yang merk apa ya?trus alpukat jg aku kasi puree alpukat tanpa campur apa” jg gak doyan. skrg buah yang biasa dimakan cuman pepaya ama pisang doank :)
    terima kasih.

    Saya suka beli apel washington besar, pilih yang warna merah kehitaman. Alpukat emang rasanya plain, bisa dicampur buah lain mam, misal jeruk baby atau pepaya. Biarpun rasanya jadi nano2 yg penting anaknya suka. Sesekali cari buah peach, rasanya enak banget, maniss, cuma harganya lumayan mahak. Semoga berguna :-)

  29. runi said

    salam kenal bundit..
    iya ni sama..mecca (hmpr 9bln)kalo dikasih apel suka nyengir2 gitu agak kecut kali ya..soalnya sy kasih apel fuji..blh ga sih??he..
    trus kalo alpukat dicampur apaan ya bun??mecca ga suka pas ga dicampur apa2..
    itu buahnya diblender smua kan bun??alpukat, pepaya, apel, dll..
    oya,tx bgt buat semua crita bundit..sangat2 berguna buat saya..

  30. kristin ibunya raras said

    HAi Bundit…
    Lam kenal yaa… mau tanya dong, aku baca di menu mpasi 9 bulan kok ada, BKH, BBC, BKM, dan B-B-B yang laen tuh kepanjangannya apa ya? hehee… maturnuwun..

    Salam kenal juga mam. Keterangannya sih ada di Menu MPASI 6 bulan mam. BKH = Bubur Kacang Hijau, BBC=Bubur Beras Coklat dst. Ini bubur yang dibuat dari Tepung Gasol mam :-)

  31. Bun…please banget dijawab…aku bingung tentang takaran makannya sebanyak apa sekali makan.. Sebelum diencerkan dengan kuah yaa..untuk baby9bln… 1sdm ….2Sdm…??…saya desprate ni cari2 infony search ga dapet2…soalny ku kasih mpasi ke babyku twin..kalau kebanyakan porsi y suka sembelit….makasih ya bun..dikasih dikit masih kurang aja kayakny…mau kasih lagi takut sembelit..hikz…

    Hi mam. Sembelit itu setahu saya bukan dikarenakan porsi makannya. Sebenarnya kalau prosi tergantung anaknya ya. Kalau gak salah inget, kalau sudah 9 bulan, bisa 1-3 sdm. Kalau saya awalnya ya trial dulu porsi segini, lama2 kita akan tau porsi seberapa yang pas buat anak, jadi tidak ada takaran khusus. Untuk sembelit coba dikasih pear ma, pear nya dikukus dulu baru diblender kemudian disaring, kemudian dicampur ke bubur gasol. Semoga baby twin nya makannya banyak dan gak sembelit ya ma :-)

  32. diana said

    bundit..mo tnya ni..itu kan jdwl mkn dita sampai jam 4ssore setelah itu ap dita mkn cemilan lg menjelang sore ato gmn..baby q kdng br tdr jm 9 mlm..aq ksh cmilan lg kyk biskuit jm 6 gpp x ya bun ?..jam mknnya sm kyk punya bundit..trs baby q klo d ksh mkn yg rada kasar gitu suka uek2 ni..jd mknnya msh d saring wlpun g trlalu halus..9 bulan br nongol gigi 1 itu jg malu2 kluarnya :) gmn spy g uek2 ya bun..ap krn lom ad gigi n gusi lom trllu krs jd rd susah untuk kunyahnya..? mksh jwbbny ya bun..:)

    Sejujurnya saya lupa dulu Dita saya kasih cemilan lagi gak jam2 segitu ehehehe. Tapi intinya kalau saya gak sak-lek untuk kasih MPASI ini. Semua tgt anaknya. Kalau anaknya masih laper ya gak masalah dikasih cemilan. Soal makanan kasar tiap anak beda2, ada yang sudah setahunan maunya masih yang halus, harus sabar sih, pelan-pelan saja, gak usah terlalu dipikirkan umur segini harus sdh bs makan kasar dsb. Tapi yang penting tetep terus dicoba, dikasih makanan kasar walau bertahap. Semoga membantu :-)

  33. lolalalo said

    Hi bu, Anakku cowok 18 bulan, badan kuat kekar tinggi dan sehat pinter serta lincah jika dibandingkan temen seumurannya . Karna sejak umur 6 bulan, aku slalu kasih makan bubur nasi lembek, daging giling sapi/ayam/ikan salmon, telur puyuh/telor bebek/telor ayam kampung, keju merk apa aja (kraft or pro chiz), sayur brokoli/bayam, kacang merah dan buah alpukat/pisang/jambu biji/tomat/labu pumpkin madu. Semua dikukus dan dicampur aduk aja. 4 sehat 5 sempurna deh. Masih doyan minum susu juga. Kadang susu dimasukkan ke bubur nya juga. Porsi makan sih biasa aja (10-15 sendok makan dewasa). Sehari cuman 2 kali makan yaitu pagi dan sore, yah makannya rada lama emang soalnya sambil maen, wah 2 jam!. Anakku jarang ngemil makanan ringan/biskuit, paling yah minum susu 1 botol besar kalo siang karna nggak makan siang kan. Trus minum susu tengah malam 2 botol besar slama tidur. Dia demen air putih juga. Dia jarang minum jus buah buahan ya. Soalnya menu makanannya udah lengkap dan bikin kenyang. Kayaknya yang bikin dia sehat kuat dan kekar, yah itu beras, daging sapi, keju, telur, kacang merah dan susu ya itu. Doyan banget soalnya. Badan dia berisi banget (nggak gemuk) tapi gempal ya. Rambutnya tebal banget. Body Kayak supermaaaan hehehehe. Nggak pernah masukin garam, gula, msg or bumbu2 rempah kedalam masakannya. Dia tetep doyan makan ya. Saya kurang pintar masak, jadi masak makanan yang simple aja, misal kukus dan aduk jadi satu. Nggak pernah pake resep ini itu yang ribet. Malah anakku doyan itu. Syukurlah ya. Smoga tips saya disini bermanfaat ya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 184 other followers

%d bloggers like this: