Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

Akhirnya Imunisasi BCG Dita “jadi”

Posted by BunDit on March 10, 2009

Bekas-BCG-WebSaat Dita berusia 1 minggu 1 hari, Dita telah mendapatkan imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Imunisasi ini bermanfaat untuk memberi kekebalan terhadap penyakit TB (Tuberkulosis). Setelah menyuntikkan vaksin BCG di paha kanan Dita, DSA nya bilang, kurang lebih setelah 2 bulan, akan muncul benjolan semacam bisul yang bernanah di bekas suntikan yang menunjukkan bahwa imunisasi BCG nya berhasil. Setelah 2 bulan berlalu, saya tidak menemukan benjolan di paha kanan Dita.

Waktu ke RS, saya tanya DSA nya, katanya harus di test Mantoux dulu untuk meyakinkan apakah TB nya positif atau negatif. Jika negatif, imunisasi BCG nya bisa diulang. Jika positif, akan ada tindakan yang lain. Saya tidak langsung mengiyakan, saya merasa harus mencari informasinya dulu. Di milist ASI for Baby ada yang share pengalamannya, kalau anaknya muncul benjolan itu setelah 4 bulan. Teman Ayahnya Dita pun cerita setelah 5 bulan, baru ada tanda itu di bekas suntikan imunisasi BCG anaknya.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, tanda keberhasilan imunisasi BCG adalah muncul bisul kecil dan bernanah di daerah bekas suntikan setelah 4-6 minggu. Tidak menimbulkan nyeri dan tidak diiringi panas. Bisul akan sembuh sendiri dan meninggalkan luka parut. Jika tidak muncul bisul tsb bisa dikarenakan alasan :

  • Cara penyuntikan yang salah karena diperlukan keahlian khusus, karena vaksin harus dimasukkan di bawah kulit. Apalagi jika disuntikkan di paha yang lapisan lemak di bawah kulitnya lebih tebal.
  • Kualitas vaksin tidak bagus.
  • Tubuh anak tidak memberikan reaksi karena daya tahan tubuh tidak bagus, misal anak yang kurang gizi.

Karena mendengar pengalaman lain para Bunda yang BCG anaknya “jadi” setelah 4-5 bulan maka saya menunggu dan berharap Dita pun mengalami hal serupa. Ternyata tidak. Sebenarnya ada informasi yang mengatakan bahwa meski bisul tidak muncul, antibodi tetap terbentuk walau dengan kadar rendah. Namun dengan beberapa pertimbangan akhirnya waktu umur 7 bulan, saya dan Ayahnya Dita memutuskan sebelum dilakukan imunisasi BCG ulangan, Dita menjalani test Mantoux terlebih dahulu. Sebenarnya kasihan juga masih bayi disuntik-suntik mulu (gak tega :-( , maafin Bunda ya nak).

Tes Mantoux untuk mendeteksi peningkatan kadar sel darah putih, dan tes darah untuk mengetahui ada-tidak gangguan laju endap darah. Kalau hasilnya positif dan besarnya mencapai 10ml atau 1 cm, berarti sudah ada zat antinya. Namun jika lebih dari 15 ml, berarti yang terbentuk adalah penyakit TBC nya. Bila hasilnya negatif, berarti tubuh tak membuat zat anti sama sekali. Berarti vaksinasi yang diberikan gagal dan harus diulang.

Hasil test Mantoux baru bisa dilihat setelah 3 hari persis. Maka pada saat DSA melihat bekas suntikan test Mantoux di tangan Dita, DSA bilang hasilnya negatif. Saya bertanya, kok tahu negatif darimana dok? Katanya bekas suntikannya berupa titik kecil. Dan saat itu juga Dita diimunisasi BCG lagi, kali ini di lengan kanan atas nya. Mengenai lokasi penyuntikan ini, sesuai yang saya baca, lengan kanan atas adalah sesuai anjuran WHO. Dulu di suntik di paha kanan karena kata DSA nya biar bekasnya tidak kelihatan karena Dita anak perempuan. Dulu Bunda belum tahu sih, kalau disuntik di paha itu lebih sulit. Padahal ada bekas imunisasi di lengan atas juga gak masalah. Yang penting kan sehat, bukan penampilan fisik yang mulus. Ya nggak? :-) Dan sekarang, setelah 6 minggu, muncul bisul kecil, minggu kemarin sudah keluar nanah nya. Ayah dan Bunda jadi lega deh nak :-) .

Dita, semoga apa yang Ayah dan Bunda putuskan adalah yang terbaik buat mu. Selalu sehat ya nak…

Referensi : Milist NAKITA

Link untuk bahan bacaan :

Pertanyaan Favorit Mengenai Imunisasi DPT & BCG

Imunisasi Wajib

About these ads

4 Responses to “Akhirnya Imunisasi BCG Dita “jadi””

  1. sanggita said

    Duh, berarti BCG Willa dan Wima ngga jadi donk? *mbingungi* Gimana atuh, Bun. Masa suntak-suntik terus? ABCD, Aduh Bow Capee De. Bun, minta no.hp-nya dunk. Ke imel ya. Musti konsultasi nih *mulai ragu dengan kompetensi dokternya Willa*

    Saya ngga ikut milis ibu2 soalnya. Jadi kekurangan informasi berimbang.

    Bundanya Dita :
    Maksudnya konsultasi ke dokter lain kan? Bukan ke saya hehehe. Lha wong saya bukan dokter, cuma concern thd kesehatan ibu dan anak, itu juga karena tuntutan setelah saya punya anak. Oh ya mbak, banyak kok milis ibu2 yang Public, jadi gak perlu subscribe. Saya juga gak ikut semua milis, mencari aja yang kita butuhkan di message archive milis tsb.

    Btw, no HP saya sudah saya kirim by email :-)

  2. ummu arsa said

    bundit…slm knl;)
    jadi dita BCG nya di ulang y?arsa juga g muncul bekas parut d suntikan BCGnya tapi pas konsul DSA d indo(ohya aku tinggal d Riyadh)katany kok g perlu diulang. dohh jadi binun

    BunDit :
    Salam kenal Ummu. Waktu itu saya dan suami memutuskan untuk imunisasi ulang BCG karena untuk make sure Dita mendapat antibodi TBC dengan sempurna. Kalau boleh tahu alasan DSA Arsa waktu bilang gak perlu diulang apa ya Ummu? (yaa..untuk tambahan pengetahuan saya aja) :-)

  3. deva said

    Keisha juga suntik BCGnya ga jadi niy T_T Masih ragu tes mantoux apa ngga.. Menurut bunda ririn gimana, tes aja gitu? soalnya dsa 1 harus test mantoux, dsa 2 bilang ga usah.. huhuu….bingung :'(

    Tergantung kemantaban mam Deva, itu yang penting. Waktu itu saya dan suami mantab untuk mengulang :-)

  4. drh.Izza said

    pengalaman yg bagus ini…ternyata tes mantoux sgt bermanfaat…sampe brp bunda biaya tes mantouxnya?

    Wah, saya lupa dulu biaya nya berapa ya. Bisa langsung telp ke RS buat menanyakan :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 185 other followers

%d bloggers like this: