Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

MPASI Dita 7 bulan

Posted by BunDit on February 18, 2009

Alhamdulillah, MPASI Dita 7 bulan terlalui dengan baik. Di Minggu awal MPASI 7 bulan ini Bunda masih kasih Dita pisang ambon kerok untuk meyakinkan penyebab pup nya berwarna kuning kehijauan. Sekalian ngabisin stock pisang ambon yang melimpah oleh-oleh YangTinya Dita dari Jogja :D .Namun di minggu-minggu terakhir warna pupnya Dita tidak masalah saat Bunda coba lagi dengan menu pisang ambon kerok. Dan sampai akhir MPASI 7 bulan, Alhamdulillah Dita tidak mengalami alergi makanan dan pup nya pun normal. Dan yang menggembirakan juga  menu yang disusun Bunda tidak ada yang “diprotes’ Dita :D .

Di usia 7 bulan ini, Bunda mulai memberi Dita nasi tim saring di minggu terakhir. Ternyata Dita lahap sekali dengan menu ini. Mungkin sudah mau tumbuh gigi jadi enak makan yang agak “nggrenjil-nggrenjil”. Selain itu Dita sudah mulai makan 3x sehari dan berkenalan dengan makanan baru sbb :

Sayuran :

  • Zuchini
  • Brokoli
  • Jagung muda manis
  • Lobak
  • Asparagus

Lauk :

  • Tempe
  • Tahu
  • Kaldu Ayam

Buah :

  • Peach
  • Melon

Kata mbak Euis, Dita suka sekali dengan buah Peach. Bunda sendiri juga seumur2 baru kemarin itu tahu rasanya Peach saat “nyuil” sedikit punya Dita sebelum diberikan ke Dita. Pantes Dita suka, lha wong rasanya enak, harganya lumayan mahal lagi ;-) . Dan yang terpenting mengandung Vitamins: A, C, Folate  dan Minerals: Potassium, Phosphorus, Magnesium, Calcium. Kalau gak percaya silakan baca disini ;-)

Jadwal dan Menu MPASI Dita 7 bulan sangat boleh di ambil di jadwal-dan-menu-mpasi-dita-7-bulan (kalau memerlukan siih.. :-)

43 Responses to “MPASI Dita 7 bulan”

  1. Nampaknya Dita bakalan jadi anak yg cerdas dan sehat karena sang ibu selalu meperhatikan asupan makanan yg bergizi sejak masih kecil…. :)

    Mudah2an aja bisa dapat gelar Professor…. :)

    Bundanya Dita :
    Amiiin. Thanks doa nya ya Oom… :-)

  2. andi said

    mudah2an jd anak yang sholeh ya Dita,pintar,rajin,berbakti sama orang tua!mudah2an bisa ketemu secepatnya ma ompung!amiiin!From uda Andi putra hidayat NST

    Bundanya Dita :
    Wah..surprise dapat kunjungan dari Uda Andi :-) . Terima kasih doanya ya Uda. Iya nih, Dita juga pengin ketemu Opung. Semoga secepatnya kami bisa berkunjung ke rumah PSP.

  3. sanggita said

    Waah, salut nih sama mbak Ririn yang perhatian banget sama perkembangan Dita dan selalu menjaga asupan gizinya. Hebat! Jadi semangat untuk selalu memberikan yang terbaik untuk anak kalo punya positive environment gini. Thx, Bun…

    Bundanya Dita :
    Ya, pasti semua ortu akan memberikan yang terbaik buat anak kan mbak :-)

  4. putilaksmi said

    anakku baru aja 7 bulan nih bundanya dita, baca postingan ini jadi nambah ilmu..
    nemu blog ini dari blognya mbak nurul..
    blognya boleh aku link- in mbak?

    BunDit :
    Monggo, silakan mbak Puti :-) . Btw, mana alamat blog nya mbak?

  5. putilaksmi said

    maap baru reply lagi..
    ke http://puti.laksmi.wordpress.com
    maturnuwun ya mbak..

    BunDit :
    Sami-sami. Matur nuwun juga mbak :-)

  6. ummu jabir said

    keep writing ttg mpasi ya mbak,banyak belajar nih dari blog mbak ririn,salam kenal ya mbak

    Nuha

    BunDit :
    Insya Allah mbak. Salam kenal juga mbak Nuha. Terima kasih sudah mampir ke blognya Dita :-)

  7. sari said

    Salam Kenal bunda Dita…duhhh blognya lengkap banget….rajin deh. Blog aku aja ga rajin di uplod… hehehe. Link-in ke blog aku ya… oh ya, kebetulan Haidar tgl 5 besok masuk usia 7 Bulan..makanya search di om google nyari menu MPASI 7 Bulan, n ketemulah blog ini.. :-)

    BunDit :
    Salam kenal juga mbak Sari. Aku sudah link blognya nih. Salam buat dik Haidar ya :-)

  8. ira said

    Bundit, aku sontek lagi yaaaa.. Begitu pula dgn jadwal makanannya Dita sampe umur 11 bulan nanti. Lumayan buat inspirasi nih, hehehe.. :D Thx a lot!

    BunDit :
    Silakan mbak Ira :-)

  9. Bunda na Naila said

    Dear bunda Dita,
    Lam kenal ya, Nailaku dah umur 7 bulan..so,info di blog Bundit bermanfaat bgt. Mau nanya aja,Zuchini apaan ya?? bhs awamnya buah apa??? tq

    BunDit :
    Salam kenal juga Bunda na Naila. Zuchini itu sejenis timun. Bentuknya hampir mirip timun Jepang. Di Carefour di jual juga kok. Tapi kalau mau yang lengkap untuk cari buah/sayur yang namanya “aneh-aneh” itu saya rekomen di Farmers Market :-)

  10. Trias said

    gmn ya mbak cara buat kaldu ayam atau daging? tq

    BunDit :
    Pilih bagian daging dr ayam, buang yang bagian lemak. Trus direbus deh dengan air secukupnya. Kalau untuk awal MPASI saya gak tambahin apa-apa di kaldu. Mulai untuk MPASI 9 bulan saya tambahin irisan bawang bombay/putih, serai dan daun salam. Setelah air jadi sepertiganya dan daging benar-benar matang, angkat, dinginkan trus disaring pakai saringan teh itu biar endapan2 nya gak ngikut. Baru deh kalau mau di bekukan, masukkan ke ice cubes/cetakan es. Semoga membantu :-)

  11. Trias said

    Mbak bgm sih cara membuat oatmeal? juga variasi menunya?
    Jenis Oatmeal yg cocok untuk usia 7 bulan ? Apa benar seperti Quaker Oatmeal Cook yg warna biru ya..?
    Thanks sebelumnya

    BunDit :
    Kalau untuk outmeal saya gak buat sendiri, beli aja. Banyak yang merekomendasikan outmeal yang dimasak, bukan yang instan yang cukup diseduh dengan air panas. Kalau saya sih yang mana aja. Seringnya pakai merk Simba. Untuk menunya, kalau untuk awal MPASI, seringnya saya campur aja dengan buah. Semoga membantu :-)

  12. Trias said

    Mbak Roti tawar sdh boleh dikonsumsi ga ? misal dibuat bubur susu

    BunDit :
    Menurut saya, sekitar 8 bulan sudah bisa mbak. Mbak perhatikan teksturnya saja. Ah, jadi inget mau buat cemilan buat Dita dari roti tawar belum kesampean nih :-)

  13. Trias said

    Mbak klo menyimpan mknn yg sdh dolah dlm lemari es max digunakan smp br[ lama? klo di frezer? tq

    BunDit :
    Kalau pengalaman saya, yang saya simpan di kulkas, paling buah yang sudah diblender. Itupun disimpan pagi, untuk dimakan siang. Kalau bubur/nasi selalu bikin ngedadak, jadi bikin langsung dimakan. Nah, yang disimpan di freezer, hanya kaldu/daging yang sudah dicincang halus/diblender. Saya biasanya buat kaldu untuk stock seminggu. Yang pernah saya baca, sebaiknya sih jangan menyimpan makanan terlalu lama di kulkas. Kalau bisa bikin ngedadak, sebaiknya ya ngedadak aja. Makanan yang fresh kan pasti lebih enak :-)

  14. Trias said

    mbak klo masak tim saring agar mempersingkat waktu. beras kita ganti dg nasi langsung apa bisa? jadi tinggal merebus lauk pauknya klo sdh matang dicampur nasi trus di blender? atau ada cara lainnya? tq

    BunDit :
    Sebenarnya sih bisa-bisa aja. Tapi bukannya kalau satu-satu malah lama mbak? Dari beras trus direbus bareng lauk pauk sampai jadi bubur kan justru mempersingkat waktu. Mungkin ada ibu2 lain yang bisa kasih komen tambahan untuk mbak Trias? :-)

  15. Trias said

    Mbak mo nanya lagi jangan bosen ya….He3…
    Saya liat dijadwal MPasi 7 dan 8 bulan mbak mengatur pemberian bubur / tim saring dalam sehari hanya 2x dan buah 1x, boleh tahu gak pertimbangan mbak apa?
    Mengapa tidak memberikan buah pk. 10.00 / pk 14.00 dan bubur / tim saring sehari 3x…?
    Makasih ya mbak..

    BunDit :
    Untuk sharing terutama soal anak, Insya Allah gak bosen mbak :-)
    Utk MPASI Dita dulu saya memang sengaja menambah frekuensi makan secara pelan-pelan. Namanya juga proses. Jadi usia 7-8 bulan, makan besar memang cuma 2x sehari. Nah seharusnya usia 9 bulan sudah mulai 3x sehari, cuma karena saat itu lagi masanya GTM, saya mulai 3x sehari usia 10 bulan. Begitu mbak penjelasannya. Tapi semua ini tergantung anaknya ya. Kalau kira-kira anak nya masih lapar pengin mamam lagi, ya dikasih lagi gak papa mbak :-)

  16. Yuliazmi said

    Sudah beberapa kali mampir kesini tp belum beri komen. Makasih artikelnya, buat tambahan referensi menunya Agha… besok sih Agha sdh 8 bulan

    BunDit :
    Terima Kasih mbak Yuli, sudah mampir dan meninggalkan komen. Nanti aku dolan ke blognya dedek Agha ya :-)

  17. fiona said

    BunDit,

    Boleh tanya-tanya ya Bun.
    Kalau tahu untuk 7 bulan.. belinya tahu apa ya mbak ?
    Tahu air biasa itu ? bagaimana ya kita tau apakah tahu tersebut ada pengawet nya atau nggak ?
    Kalau tofu bagaimana Bun ? Kemaren ke pasar, niat beli tahu untuk stefi jadi urung… gara-gara bingung mau tahu yang mana..
    Hehe maaf ya Bun, nanyanya banyak nih.. :)

    BunDit :
    Karena saya penganut No-Sa, No-Su (no salt, no sugar) sebelum anak 1 tahun, saya memilih tahu putih biasa yang tawar. Soalnya kan ada tahu yang asin. Kalau untuk mengetahui mengandung pengawet/formalin atau tidak, secara visual tahu yang berformalin kalau dipegang terlampau keras tapi tidak padat dan baunya sangat menyengat. Ini dari yang pernah saya baca lho :-) . Silakan mbak kalau ada pertanyaan dan saya bisa jawab, akan saya share. Biasanya jawaban saya ya dari baca atau dari pengalaman aja. Lha wong saya juga bukan pakar :-)

  18. fiona said

    Makasih ya Bun :).

    BunDit :
    Sama-sama mbak Fiona :-)

  19. hilmi said

    alo mba, sharing blh ya.mba,di tabel buah vs usia kan melon,brokoli,jagung baru usia 8 bln, tp dita dah dksihkan di 7bln?ga mslh ya mba?coz anakku hiro aga senstf,suka bercak merah klo ga cocok mknn.jd binun variasinya.tq

    BunDit :
    Hihihi saya kadang2 “bandel” juga. Tapi kalau gak salah saya ngasihinnya minggu2 terakhir 7 bulan, jadi mendekati 8 bulan gitu :D . Alhamdulillah, Dita ok2 aja. Kalau Hiro agak sensitif dengan makanan, mamanya harus rajin nyatet makanan apa yang menyebabkan pemicu bercak merah tsb :-) . Sementara dihindarin dulu. tapi pelan2 diperkenalkan lagi :-)

  20. Hai Bunda dita
    Apa kabar… masih ingat aku ga,
    Tantra sekarang mo 7 bulan, berat 2 minggu lalu 8kg.

    BunDit :
    Hai bu, masih inget dong. Ibunya dedek Tantra kan? :D . Wah, good news nih. Semoga Tantra mamamnya gampang dan banyak sehingga selalu sehat dan aktif ya bu :-)

  21. Iya…terimakasih. Puji Tuhan Tantra sehat, lincah, dan mamamnya gampang. Beberapa kali GTM, tp bukan suatu masalah yang berarti. Mulai 6m minta titah, tp tetangga2 pd “comment” dr pd berisik he…hee.. bahasanya ya… kalo dia mlorot boleh titah kalau di dlm rumah aja(ga dilihat orang).
    Kmrn tu pengen nanya…tp setiap kali submit error mulu. Nah pas sore internet bisa lupa mau tanya apa….
    Skrg ingat nih, ada contekan jadwal mpasi menurut Wied HArry ga…
    Gt bund…
    Oh..ya 7 bula 8kg-an kurang ga, 3 bulan ini nambahnya cm 20ns terus, kecuali kmrn 4ons.

    BunDit :
    Sama bu, dulu Dita umur 6 bulan udah seneng banget kalau diberdiriin trus dititah. Cuma saya meganginnya di ketiaknya dan kakinya gak bertumpu, ya agak ngambang2 gitu. Kalau soal BB lihat aja di grafik pertumbuhan anak yang biasanya disertakan di buku dari RS untuk berobat/imunisasi. Kalau masih dalam range, ya menurut saya gak usah khawatir.

    Wah jadwal MPASI menurut Wied Harry saya gak punya bu. Coba aja beli bukunya. Saya cari di internet ada buku karangan Wied Harry berjudul Variasi Makanan Sehat Bayi. Semoga membantu :-)

  22. Oke deh, sudah lama ga sempat jalan-jalan ke gramed , besok disempetin deh. Makasih ya Bun.. Lain kali panggil aja aku mbak…he…he maunya. Iyalah secara umur aku pasti lebih senior (tua maksudnya)

    BunDit :
    Sama-sama mbak Wahyu :-)

  23. intan mamanaica said

    Bunda dita, boleh tanya kah??
    Aku dah kasih anakku MPASI 1 bulan, besok ica anakku pas 7 bulan, jadi mulai ngarang2 lagi bikin jadwal.. boleh nyontek “lagi” kan bund?? :p
    Mau tanya juga, kalo timun jepang cara ngolahnya gimana?
    Apel yang bayi suka yang jenis apa, anakku gak suka apel, atau ada cara khusus penyajiannya?
    Ditunggu jawabannya ya mba… :) MAkasihh… ^_^

    BunDit :
    Dulu kalau saya ngolah timun jepang, diblender trus di saring aja. Trus dicampur aja pakai buah lain biar gak terlalu encer dan ada manis buahnya. Soal apel, tiap anak mungkin lain ya. Tapi aku sampai sekarang sukanya milih apel merah buanget, biasanya merk washington. Salam ya buat dedek Ica, semoga mamamnya banyak :-)

  24. Bunda Rafif said

    Dear Bunda,,

    Salam kenal ya..
    Mo tanya mbak,, gmana cara menyajikan buah kiwi ke bayi 7 bulan ya? Apa harus dikukus dulu? Truss udah boleh apa belomya? Tq. (blognya bagus ‘n bermanfaat mbak..)

    Regards,

    bundanya rafif

    BunDit :
    Salam kenal Bunda Rafif. Saya memberikan kiwi pada Dita saat usia 8 bulan. Selengkapnya buah vs usia di sini. Saat itu buah kiwinya saya blender dicampur dengan buah lain yang manis misal apel/pear. Soalnya kiwi kan ada asemnya gitu. Kalau 8 bulan, rasanya gak perlu dikukus dulu deh :-)

  25. Mamanya Dzikra said

    Dear Bundit..

    Salam kenal…
    Mo nanya Bun, Dzikra sekarang ini dah 7,5 bln..Sampai saat ini andalan MPASI nya baru sebatas BBC, BBM Wangi gasol + ASI/ASIP aja..buah saya kenalin mulai 6 bulan tapi susyeeh banget…Pepaya, kulitnya langsung merah..pisang, baru sesuap, udah hoek2..apel kukus juga gak sukses..kentang, ubi ungu juga gak sukses..kalo 7.5 bulan boleh dikasih nasi tim gak Bun?kalo kabocha dikukus aja ya?
    trims atas pencerahannya…

    BunDit :
    Salam kenal juga mam. Sebenarnya boleh gak nya nasi tim, dilihat dari kemampuan mengunyahnya mam. Jadi ya bolah boleh saja asal anak sudah mampu mengunyah. Soalnya nasi tim kan teksturnya sudah mulai kasar. Dicobain aja mam, nasi tim tapi disaring atau diblender lembut dulu. Kalau prinsip saya, tekstur MPASI buat anak kita diperkenalkan secara bertahap. Iya, kalau kabocha dikukus aja terus disaring. Semoga membantu :-)

  26. yetty Mirzano said

    Halo bunda, salam kenal

    bun mau tanya, untuk menu MPASI 7 bulan keatas dalam sehari saya liat beberapa varian ya?kl variannya sama gimana?bisa ga ya? maksud nya kl pagi xxx, siang buah, sore xxx lagi..boleh ga ya?

    soalnya saya kerja, jadi suka kasian ama eyangnya kl harus ngerepotin bikin2 masakah sehari 3 kali.. * nasib ga punya ART * hehe

    BunDit :
    Sebenarnya bolah boleh saja sih mam, cuma kenapa dibuat variasi supaya anaknya gak bosan saja. Lha kita kalau tiap hari menunya sama kan bosen juga kan mam hehehe. Untuk solusinya, mam bisa nyiapin untuk makan pagi,siang,sore di pagi hari sebelum ngantor. Nanti dimasukkan di baby cube dan simpan di kulkas, diberi tanda mana untuk makan pagi/siang/sore. Ntar kalau eyangnya mau ngasih makan, sebelumnya dikeluarin aja dari kulkas dan didiamkan dalam suhu kamar. Yaaa.memang butuh sedikit effort untuk memberi anak MPASI Sehat mam :-)

  27. yetty Mirzano said

    Bundit, makasih ya jawabannya..huhu
    tapi mo nanya lagi gpp kan yaaaaa heuehue

    kl misalnya masaknya beberapa macam puree buah n beberapa macam bubur gt untuk satu minggu, trus kl mau dimakan tinggal diturunin mana aja yg mau dimakan bs ga ya?batas maksimal puree buag atau bubur yg dibekuin di cubes brapa lama ya?

    nuhunnnnn pisann

    BunDit :
    Silakan baca di postingan saya http://alumongga.wordpress.com/2010/06/17/serba-serbi-mpasi-beku/

  28. Ibunya Nyanya said

    ass wrwb..lam kenal bunDit..=) seneng deh bc2 blog ini..bunditnya ramah lg! :D aku mo nanya bundit..kalo kaldu2an tuh dkenalinya usia 7 bln ya bundit?kl 6bln d minggu ke 3 ato 4 udh boleh belum ya even kl cm kaldu sayur?mkasi y bundit bwt jwbny..salam bwt kakak dita dari dik nyanya :)

    BunDit :
    Wa’alaikumsalam. Salam kenal bu. Benar bu, kaldu diperkenalkan di usia 7 bulan. Kalau 6 bulan di minggu2 terakhir mah no problemo. Saya aja kadang bandel hehehe, gak harus sak klek usianya pas, tapi ya jangan kejauhan banget. Salam buat dedek Nyanya :-)

  29. Bundanya Naya said

    Bun.. mengolah buah peachnya gimanakah? Langsung dihaluskan ya?
    Milih yg manis apa triknya?? *duuhhh.. aku pun seumur-umur belum pernah nyoba buah peach deh, heuheuheu*
    Makasi ya..

    Salam dari Bandung,

    Seinget saya langsung dihaluskan aja bun. Wah, kalau trik utk milih yang manis saya gak tahu. Tapi saya rasa kalau di supermarket premium gitu kemungkinan besar manis. udh harganya mahal masak gak manis sih hehehe :D

  30. jadwal-dan-menu-mpasi-dita-7-bulan nya ko ga bisa d buka ya bun ?

  31. mama Athifah said

    bunda…
    aku baru pertama mampir neh… beberapa hari lagi my baby Athifah genap 7 bulan.. td aku search di google resep mpasi 7 bulan. eh malah jd mampir disini.. Masya Allah bunda, isi blog ini bener2 bgus deh.. aku sampe ngajak suami baca.. hehehehe.. anyway, aku nyontek menu Dita 7 bulan yaah bunda… abis itu mw nyontek trus deh…boleh kan bunda? hehehehe…

    Thanks mam atas apresiasinya, blog ini hanya mendokumentasikan segala hal ttg Dita tms MPASI nya. Silakan dicontek atau didownload file2 yang diperlukan. Free of charge hehehe. Semoga berguna. Salam buat Athifah, semoga selalu sehat dan mamamnya banyak. Amin :-)

  32. ani said

    mom, memang pisang kerok bisa mneyebabkan alergi ya?

    babyku dikasih pisang kerok..pupnya berwarna kehiajauan..mohon sharenya ya

    terima kasih

    Seperti di tulisan saya, dulu Dita pun mengalaminya. Gak tahu apakah itu alergi atau bukan. Tapi dulu saya hentikan dulu mengkonsumsi pisang sampai pup nya normal lagi. Beberapa saat kemudian dicobakan lagi. Sekarang setelah besar, Dita gak bermasalah makan pisang :-)

  33. Criminal Minds script…

    [...]MPASI Dita 7 bulan « Lumongga Anandita[...]…

  34. Mamanya Daniel said

    Bun, salam kenal..
    blognya bagus deh, banyak info yg didapat hehe…Saya mau nanya kalau lobak n asparagus masaknya digimanakan ya? Makasih

    Salam kenal mam. Maaf baru bisa balas. Lobak dan asparagus itu dulu biasanya dikukus dan dihaluskan serta disaring saja :-)

  35. rimanda said

    Mba,bisa tlg email ke aku gak menu mpasi 7bln dita??aku mau yaa..makasih mbaa..^^

  36. Wara said

    wah, blognya informatif sekali, bun. Terutama tentang MP ASI. hehehe…

  37. aryana said

    wahhh pas banget.. bsok tgl 24 agt anakku nadia 7 bulan.. thanx ya mb atas infonya yang berguna banget..

  38. mamanya faza said

    Senang jumpa blog bundanya dita, apa lagi tentang managemen mpasi,tapi sayang pas buka menu nya ga bisa, mesti ke warnet ki bun.. Ol pake hape..hehe
    Tp mksh bgt lah bun,,

  39. diana said

    salam kenaal mba..anak q bntr lg 7 bln nii contek menunya ya.. oh ya cr bkin bubur gasolnya mba gmn..klo aq air + tepung d masak pas mau d mkn bru kasih asi..tapi tiap x masak gasol trlalu “ngeket” pas d ksh asi jd encer ..gmn cr mba..??

    Salam kenal mam. Iya, cara masak gasolnya memang spt itu. ASI memang sbg pengencer. Awalnya di usia 6 bulan kan campuran ASI nya banyak.. secara bertahap ASI nya dikurangi. kemudian nanti divariasikan campuran gasolnya bukan dengan ASI tp dengan buah dll, spt di menu MPASI Dita :-)

  40. diana said

    wah lngsung d jwb ni bundit..mksh yaa
    jgn bosen2 loh klo aq tnya..mklum msh bljr masak buat de shaira ni…hehhe..kaka dita udh umur brp skrng bun ?

    Insya Allah kalau saya tahu pasti saya jawab ma. Makasih kembali ma. Sekarang Dita sudah TKA, sudah 4,5th :-)

  41. diana said

    dee

  42. diana said

    bundit…tnya boleh ya..
    bundit klo bkin ubi jalar ad sisanya kan ya..boleh g d taro d freezer untuk mkn bsknya…anakku agak susah mkn ni..gasol d ksh buah prtama2 mau udhnnya lgsng g mau lidah d kluar2in..kira2 menu yg gmn lg y bundit..aq udh nyontek menu bundit anak q umur 6 bulan 3 mggu..

    Jika makanan di simpan di kulkas/freezer, sebaiknya belum kena air liur anak (bukan sisa makanan yang diambil dari sendok suapan) dan ditutup rapat biar tidak terkontaminasi dari makanan lain di kulkas/freezer. Kalau si kecil susah makan ya paling variasikan menu, dipegangin mainan, sambil nonton DVD anak…. banyak cara… ya pinter2 nya yang nyuapin ma.. :-)

  43. diana said

    dear bundit
    bun mo tny lg ni..maaf ya jd kbnykn nanya deh, mdh2n g gpp ya..
    zuchini d olahnya pake d rebus dl br d saring/blnder ga ya ?
    aq liat d menu bundit 1x mkn bs pke 3 variasi rasa, itu takerannya gmn (misal mkn gasol)? ukurn sndk mkn (sdm) qt ato si baby..mksh ya buat jwbnnya…

    Hi mam. Zuchini saya kukus dulu, baru disaring. Soal takaran, kalao gasol saya pake ukuran sendok teh (sendok kecil untuk nyuapin baby makan). Sebenarnya gak ada takaran pasti karena beda2 untuk tiap anak ma :-)

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 179 other followers

