Lumongga Anandita

Diary digital bundaku mengenai aku….

MPASI Dita 6 Bulan

Posted by BunDit on January 28, 2009

Sewaktu Dita masih berumur 5 bulan, Bunda sudah mulai mencari informasi mengenai menu untuk awal MPASI (6 bulan). Informasi di dunia maya diubek-ubek. Karena bertekad memberi MPASI yang sehat, maka informasi yang berkaitan dengan MPASI sehat yang diburu. Mulai join milist MPASI rumahan, rajin membaca postingan para Bunda yang sedang memberikan MPASI buat anaknya, mengunduh artikel-artikel, sampai mengintip menu MPASI di blog yang ditulis para ibu-ibu untuk buah hatinya.

Terus terang, saking banyaknya informasi jadi bingung :D . Ada yang bilang awal MPASI harus diperkenalkan buah dulu. Ada juga yang berpendapat lebih baik sereal (tepung2 an) dulu dll. Pas tanya ke DSA nya Dita, keduanya gak masalah. Tapi kalau mau diperkenalkan buah dulu, pilih yang “netral” yaitu pisang ambon (dikerok). Namun, karena Bunda berpikir kalau pisang dikerok sepertinya kok terlalu kental buat perkenalan ya. Akhirnya Bunda mutusin mengawali MPASI 6 bulan Dita dengan BURSI (bubur beras coklat + ASI) yang super encer.

Kemudian ada juga pendapat yang mengatakan lebih baik memperkenalkan sayur dulu baru buah supaya nantinya anak menyukai sayuran karena kalau awalnya mengenal buah yang rasanya manis, nanti anak akan menolak sayuran. Kalau Bunda sih kebetulan gak mengikuti pendapat itu. Bukan apa-apa sih, karena dapetnya buah dulu jadi ya dikasih buah dulu. Tapi akhir2 bulan Dita lahap juga saat dikasih labu parang. Apalagi zuchini dan kabocha. Tapi yang 2 ini baru sempat dikasihkan di awal usia 7 bulan. Karena baru dapetnya belakangan :D . Sebelumnya gak tahu persis seperti apa yang namanya zuchini dan kabocha. Setelah nemu di Farmers Market, baru deh manggut2,  -katrok banget ya :D -. Ini nih gambarnya :

Untuk menunya sendiri, awalnya Bunda susun lengkap untuk 1 bulan. Ditempel di dekat dapur dan mbak Euis tinggal mengikutinya. Dan kalau baca2 referensi untuk memperkenalkan makanan baru harus mengikuti 4 day wait rule. Rule ini memang bagus, tapi Bunda gak sak lek harus 4 hari berturut2. Yang Bunda pegang, dalam 1 hari hanya memperkenalkan 1 makanan baru supaya mudah melacak nya kalau2 ada alergi atau pupnya bermasalah. Di perjalanannya, menu yang Bunda susun ada yang berubah karena mengikuti Dita. Kalau gak suka, langsung deh diganti. Intinya informasi yang Bunda dapat di internet tidak untuk dicontek habis. Tapi dijadikan guidance saja, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak kita. Setiap anak kan unik.

Untuk memantau, setiap hari Bunda mencatat bila terjadi alergi atau pupnya gak lancar. Alhamdulillah Dita tidak alergi di MPASI 6 bulan ini, pupnya juga lancar dan gak pernah kesakitan. Cuma di akhir-akhir bulan sempat pupnya berwarna kuning kehijauan sampai beberapa hari. Berdasarkan artikel ini, harus waspada jika feses bayi berwarna hijau maka Bunda tanya ke DSA nya. Katanya biasanya feses bayi berwarna hijau karena dari susu formula atau makanan solid nya. Tapi katanya gak kenapa2 asal teksturnya gak encer (diare). Karena Dita gak minum sufor makanya Bunda melacak makanan apa yang menjadi penyebabnya. Setelah lihat tabel, Bunda duga dari pisang ambon. Setelah dihentikan pemberian pisang ambonnya, meski masih kuning kehijauan, lama-lama hijaunya makin berkurang. Alhamdulillah sekarang pup Dita sudah normal berwarna kuning. Agak aneh juga sih kenapa dari pisang ambon ya? Bisa jadi pisang ambonnya yang saat itu kurang bagus.

Catatan di MPASI 6 bulan ini :

  • Frekuensi pemberian 1-2 kali sehari.
  • 1 minggu pertama, makanan dibuat encer dahulu, minggu2 berikutnya berangsur-angsur ditambah kekentalannya. Kalau Dita minggu ke-3 sudah gak ditambah ASI sebagai pengencer.
  • Buah-buahan kecuali pisang dan pepaya dikukus dahulu sebelum disaring. Berdasarkan pengalaman, kalau untuk pear setelah dikukus kemudian disaring agak susah (keras) makanya diblender dulu baru disaring pakai saringan kawat. Beda dengan apel.
  • Memperkenalkan 1 jenis makanan baru saja dalam satu hari. Hal ini untuk mempermudah mencari penyebab apabila ada masalah alergi atau pup. Hal ini ternyata berguna saat pup Dita berwarna kuning kehijauan.

Anyway, alhamdulillah MPASI sebulan pertama Dita bisa terlewati dengan baik. Penambahan BB nya hampir 400 gr. Sekarang sudah memasuki MPASI 7 bulan. Makanannya sudah mulai lebih variasi. Aktualnya akan dilaporkan nanti ya :-)

Jadwal dan menu MPASI Dita 6 bulan, dapat di lihat di sini :

jadwal-dan-menu-mpasi-dita-6-bulan

Oh ya, karena banyak permintaan untuk dikirimi Resep MPASI 6-12 bulan versi milist MPASI Rumahan, Bunda kasih link nya juga ya. Silakan di unduh dari sini :

Resep MPASI 6-12 bulan (MPASI Rumahan)

About these ads

76 Responses to “MPASI Dita 6 Bulan”

  1. sanggita said

    Asiik, dapet bocoran lagi. Makasih ya, Bun. Terus terang waktu saya banyak tersita untuk belajar tentang keHRDan karena materi kuliah dulu sudah menguap entah kemana. Biar ngga malu2in nama almamater di mata perusahaan, hehe. Jadi blog Bundanya Dita ini yang jadi rujukan saya untuk urusan Willa.

    It means a lot, Bun…

    Bundanya Dita :
    U r welcome, mbak. Walau tujuan utama saya create Blog ini semata-mata sebagai diary digitalnya Dita, tapi kalau ada manfaat buat bunda yang lain saya sangat senang sekali :-)

  2. mia said

    Mba,
    Boleh ngopi jadwal makannya Dita ya?tapi ko pas kubuka keluarnya simbol2 (atau di hpku ga bisa kebaca ya?)Boleh tlg japri ke imelku mba?aduuh…maaf banget ya minta tolong tapi ngerepotin.
    Makasih banyak sebelumnya.

    Salam,
    -mia-
    *sedih dan penasaran sama
    Jadwal dan menu mpasi 6bulan*

    BunDit :
    Saya sudah kirim by email mbak. Nyantai aja mbak, gak merepotkan kok :-)

  3. vita said

    waah info yg sangat berguna sekali,,lg nyari2 juga buat mpasi nya faia,,saya kopi ya Bun jadwalnya..:)

    BunDit :
    Silakan Mam. Salam buat dedek Faia, semoga mamamnya banyak ya :-)

  4. nicky said

    salam kenal Bunda Dita..

    Informasinya sangat berguna sekali, aku ijin print menu dan jadwal mpasi-nya dita ya..:D Mba, baby-ku baru 4 hari ini aku kasih MPASI, yaitu alpukat+ASI, nah pup-ny atuw ijo aku pikir krn dia maem alpukat makanya jadi ijo, biasanya kan kuning..nah itu gimana ya bun?? mohon sarannya khawatir juga jadinya. Oya klo boleh usul minta resep MPASI-nya dita juga donk soalnya masih amatiran niy..makasiy sebelumnya…

    Bunda Azkia&Nabila

    BunDit :
    Salam kenal juga Bunda Azkia&Nabila. Silakan lho Bun, unduh aja file menu dan jadwal MPASI Dita. Dulu Dita juga pernah pupnya hijau juga. Saya sih cari makanan penyebabnya aja. Kalau Bunda sudah tahu pup nya hijau karena konsumsi alpukat, menurut saya dihentikan dulu pemberiannya, dikasih yang lain dulu misal kentang, ubi jalar, kabocha, labu parang (selengkapnya lihat file menu MPASI vs Usia untuk bayi umur 6 bulan). Kalau awal2 MPASI emang kita dituntut jadi pengamat nih, tandai makanan apa yg menyebabkan alergi atau pupnya bermasalah. Kalau pupnya babynya masih hijau lagi, lebih baik konsultasikan ke DSA aja Bun.

    Oh ya untuk resep MPASI yang lengkap, silakan join ke milist MPASI Rumahan. Kalau menu yang saya tampilkan di menunya Dita, emang saya hanya menuliskan bahannya saja. Cara pengolahannya, silakan unduh dari milist. Atau mau saya kirim lewat email? Salam buat Azkia dan Nabila ya :-)

  5. ummu fatih said

    Bunda dita,

    boleh minta resepnya??
    cara memasak?
    saya udah unduh si
    tapi kok belum ngeh?
    mungkin bundit punya lagi kumpulan resep untuk MPASI 6 bulan

    makasih ya bundit

    BunDit :
    Ummu, sudah saya kirim by email Kumpulan Resep MPASI 6-12 bulan yang saya dapat dari MPASI Rumahan. Semoga bermanfaat :-)

  6. asty said

    Bunda dita, salam kenal yah. Sy bunda zahra juga pengen dong dikirimin menu mpasi 6 bulannya kalo g ngerepotin. Oh iya bunda, sy juga minta tips biar bb babyku cepat naik. Babynya g mau ngedot, pengennya nyusu terus. Sementara asinya dah mulai berkurang. Mohon sarannya bunda. Thank u

    BunDit :
    Salam kenal mbak Asty. Saya sudah kirim Menu MPASI 6-12 bulan dari MPASI Rumahan by email. Maksudnya, anak mbak gak mau minum ASIP dari botol atau gak mau minum sufor? Kalau pengalaman saya, semakin sering anak nenen langsung, semakin banyak produksi ASI. Dan sepengetahuan saya, anak ASI memang badannya rata2 tidak sebesar anak sufor. Tapi Insya Allah daya tahan tubuhnya lebih bagus.

    Kalau tips supaya BB anak cepat naik, saya gak punya tips khusus. Kalau sudah MPASI ya beri makanan yang sehat yang sesuai umurnya saja. Mencoba membuat makanan yang bervariasi (hehehe yang ini saya juga terus belajar). Trus apa ya? Yang jelas saya sih mencoba membuat acara makan anak menyenangkan, ya sambil main dll. Soalnya kalau sama saya, saat makan, Dita banyak “ulah” jadi ya harus pinter2 “merayu” supaya mulutnya terbuka. Itu aja sih mbak. Mungkin ada Bunda yang lain yang bisa menambahkan?

  7. Buna Prita said

    Bunda..klo ga ngerepotin saya minta dkirim by email resep & cara buat mpasi utk 6 – 12 bln bole tak?? Masi 2 bln lg si..tp sy ngurus anak sndiri plus ortu nun jauh disana. Jd blog bunda bs ngasi gambaran apa yg hrs dilakukan saat masa mpasi tiba..
    Sekalian nanya, klo mnrt pengalaman bunda penggunaan warmer & sterilizer penting ga dimasa mpasi? Thx banget-nget ya…

    BunDit :
    Salam kenal Buna Prita. Gak ngerepotin kok. Saya sudah kirim menu & resep mpasi 6-12 bulan dari milist mpasi rumahan by email. Kalau saya gak punya warmer, karena saya/tetehnya masaknya ngedadak. Tapi kalau diperlukan ya menurut saya gak papa. Nah kalau sterilizer saya punya bottle sterilizer tapi gak pernah saya pakai. Sterilin peralatan makannya Dita pakai cara manual, yaitu dicuci dengan air hangat. Kalau botol minumnya saya rebus dalam panci. Saya pikir sterilin botol dengan sterilizer kok ribet ya, harus nyolokin ke listrik segala. Kalau untuk dibawa bepergian saya rasa berguna sih. Begitu pendapat saya :-)

  8. bunda husna said

    ass.salam kenal bunda dita,saya bunda nya husna seneng bgt dpt ilmu baru, aplg tentang mpasi buat husna, coz hr ini pas husna 6bln.tp bunda husna msh bingung menu2 aplg cara mengolahnya.mohon dikirimkan resepny via email.maaf y ngrepotin.wass

    BunDit :
    Wa’alaikumsalam bun. Salam kenal juga. Saya sudah kirim file resep dan menu MPASI nya. Semoga dedek Husna mamamya banyak dan selalu sehat ya :-)

  9. bunda husna said

    ass bundit,mksh byk y resep+menu mpasi nya.mo ngrepotin lg nih,byk ptanyaan : dmn cara dapetin tepung beras merk gasol, di swalayan mana?peralatan apa saja yg harus disiapin u/mpasi?buah kabocha /zuchini/labu parang carinya dmn, u/usia brp & bgmn cara mgolahnya? Klo bepergian & ga repot,apa aja yg hrs dsiapin&dilakukan u/ makannya baby?duuh mf bundit ptyn nya byk bgt.mohon dimaklum&dmaafkan.trm ksh.wass

    BunDit :
    Saya jawab satu-satu ya :
    1. Informasi tepung beras gasol, silakan ke alamat http://www.gasolorganik.com/
    2. Peralatan MPASI silakan baca Daftar Barang Persiapan MPASI
    3. Kabocha, zuchini, labu parang banyak dijual di carrefour. Tapi kalau yang mau lengkap, coba ke Farmers Market. Dulu saya awalnya carinya sekalian di FM, kelapa Gading
    4. Untuk makanan sesuai usia, silakan download file MPASI vs Usia. File yang lain silakan di download di right bar blog ini.
    5. Untuk MPASI saat bepergian, silakan baca pengalaman saya di MPASI saat traveling.

    Untuk pengalaman MPASI Dita, silakan baca postingan soal MPASI di bawah kategori MPASI. Dan untuk menambah informasi, searching lewat google. Akan banyak link ke blog ibu2 mengenai pengalaman MPASI. Semoga membantu :-)

  10. ummu Fathan said

    salam kenal Bunda…
    mohon informasinya dong by email tentang resep & cara membuat MPASI 6-12 bln. Karena waktu anak pertama saya mungkin kurang variasi dalam memberikan makanan pada anak saya sehingga menjadi picky eater, untuk anak kedua ini saya pengen belajar dari para bunda yg udah lebih dulu sukses dalam MPASI. terimakasih bun…

    BunDit :
    Salam kenal mam. File nya sudah saya kirim by email. File yg saya kirim saya dapat dari milist MPASI Rumahan. Jadi kalau ingin tahu lebih banyak soal MPASI Sehat, silakan gabung di milist MPASI Rumahan :-)

  11. ummu Fathan said

    salam kenal Bunda…
    mohon informasinya dong by email tentang resep & cara membuat MPASI 6-12 bln. Karena waktu anak pertama, saya mungkin kurang variasi dalam memberikan makanan sehingga menjadi picky eater. Untuk anak kedua ini saya pengen belajar dari para bunda yg udah lebih dulu sukses dalam MPASI. terimakasih bun…

    BunDit :
    Salam kenal mam. File nya sudah saya kirim by email. File yg saya kirim saya dapat dari milist MPASI Rumahan. Jadi kalau ingin tahu lebih banyak soal MPASI Sehat, silakan gabung di milist MPASI Rumahan :-)

  12. prima said

    assalamu’alaykum bunda dita, saya prima umminya hizballah (2,5th) ‘n jundallah (3hari lagi 6bl),..

    subhanallah bunda dita rajin banget yahh,, detil kali ngarsip MPSI dita ini,, bole saya contek ya bun? coz jundallah 3 hari lagi mo mpasi nih,, dulu kakaknya (hizballah) riwayat mpasi-nya jelek skali saya kasi bubur instan dari supermarket abis itu sayanya juga ga disiplin ‘n konsisten di jadwal,, so skarang jadi picky eater deh :(

    saya ingin jundallah ini lebih termenej di mpasi-nya,, skali lagi makasih banyak ya bun atas share-nya,,

    wassalamu’alaykum,

    prima – ummi hizbaJunda
    *bersyukur skali ada ibu yg sudah men-digital diary-kan mpasi buah hatinya sekomplit inih,..^^

    BunDit :
    Wa’alaikumsalam Ummi. Tujuan awal mengarsip MPASI Dita ini sih sebenarnya ya nanti kalau masih dikasih amanah punya anak lagi, saya tinggal buka arsip kalau lupa. Wasting time kan kalau googling lagi kesana kemari. Alhamdulillah kalau ternyata arsip yang saya susun disini berguna bagi ibu2 yang lain. Silakan Ummi ambil yang diperlukan disini. Salam buat Hizba dan Junda, namanya bagus-bagus banget. Semoga nanti dedek Junda mamamnya banyak dan selalu sehat ya :-)

  13. prima said

    amiin,, makasih banyak doanya bun :)

    oia mo nanya lagi nih bun (bole ya?),, utk jadwal pre mpasi dita itu kok jam 12 siang kenapa yah bun? kok ga pagi aja? apa ada alasan tertentu? maturnuwun :)

    BunDit :
    Saya nyontek di file MPASI Rumahan juga. Tapi menurut saya pertimbangannya karena baru 1x sehari makannya, ya diambil jam tengah2 aja yaitu jam 12 siang :-)

  14. frita said

    bundit…mau duonk di email juga resep dan cara buatnya untuk Mpasi6-12bln….2minggu lagi mulai Mpasi niy My baby Gavin,…trima kasi yaa..blognya berguna banget bwt New mommy:)

    frita

    BunDit :
    Sudah dikirim by email :-)

  15. In said

    Salam kenal,
    Bundit,tny dong.
    Baby 6 bulan tu makannya sehari menunya sama trs yah?
    Ehm,boleh kirim menu n jadwalnya via japri?
    Cara masaknya gmn ya?
    Ud ampir 3 minggu ini,sy ksh mpasi yg instan .
    Thx ya bun..

    BunDit :
    Iya mam. Baby umur 6 bulan kan baru pengenalan makanan solid. Untuk variasi campurannya, silakan download tabel MPASI vs usia. File Sudah dikirim by email mam :-)

  16. Yuvi said

    Salam kenal,
    aku juga minta menu MPASI utk 6 bln keatas dong Bun (via japri)
    Thx yah bun

    BunDit :
    Sudah dikirim by email :-)

  17. eda (ibunya kembar) said

    ass…kebetulan lg nyari2 menu mpasi u nunu (adenya kembar) cos 2 bln lg mo mpasi, eh nemu blognya bunda…top bgt deh bun. sdh sibuk mulai skr krn g mau kecolongan lg spt kknya yg mpasinya bubur instan. sy kebetulan gabung dimpasirumahan n milisnya pak wied tp tetap sj msh clueless, terutama u bahan2nya. sy skr tinggal didaerah jd susah bgt u nyari bahan2 spt kabocha or zuchini. yg ada hanya bahan2 standar spt labu parang, wortel, ubi2an, pepaya, pisang…u buah2 yg kerenan dikit spt apel, pir n melon g ada samsek. jd agak bingung dgn variasi mpasi u nunu gmn?

  18. eda (ibunya kembar) said

    ass.. salam kenal,
    .kebetulan lg nyari2 menu mpasi u nunu (adenya kembar) cos 2 bln lg mo mpasi, eh nemu blognya bunda…top bgt deh bun. sdh sibuk mulai skr krn g mau kecolongan lg spt kknya yg mpasinya bubur instan. sy kebetulan gabung dimpasirumahan n milisnya pak wied tp tetap sj msh clueless, terutama u bahan2nya. sy skr tinggal didaerah jd susah bgt u nyari bahan2 spt kabocha or zuchini. yg ada hanya bahan2 standar spt labu parang, wortel, ubi2an, pepaya, pisang…u buah2 yg kerenan dikit spt apel, pir n melon g ada samsek. jd agak bingung dgn variasi mpasi u nunu gmn?

    BunDit :
    Salam kenal juga mam. Memang tinggal di daerah mana mam? Kalau menurut saya, ya pakai yang tersedia saja dulu. Tapi kalau bisa diusahakan misalnya beli buah2 an/sayuran yang sulit didapat pas keluar kota lebih bagus lagi. Kan kalau buah2 an bisa lumayan awet mam :-)

  19. eda (ibunya kembar) said

    dear bundit…
    maaf nih bun, sy sdh coba unduh menu n jadwal mpasinya dita tp dicek difile kok kosong (no application gt katanya) maaf nih agak oon. klo g merepotkan, bisa diemail y bun…makasih bgt bun sblmnya. salam

    BunDit :
    Coba mam install dulu Adobe Reader. unduh saja yang free dr internet. Nanti kala gak bisa, baru saya kirimi ya. Thanks :-)

  20. rinrin rianti said

    salam kenal bundit, aku miminya keisa seminggu lagi MPASI ni…. aku bingung baget ni bikin menu nya.
    tolong dong kirimin menu MPASI nya yang usia 6 bln. maacih ya sebelumnya. maaf ngerepotin

    BunDit :
    Salam kenal mam. Untuk menu MPASI nya silakan unduh di sinin 09 – Resep MPASI 6-12 bulan versi milist MPASI Rumahan . Atau bisa juga download file2 yang diperlukan di right bar (bagian kanan) blog ini. Semoga membantu :-)

  21. bunda husna said

    ass bundit,jgn bosen y bunda husna nongol lg.dah sebulan husna dksh mpasi,alhmd husna suka&mknny byk,tapi ada yg mo dtanyain nih : ko berat badannya nambahnya dikit bgt y ga nymp 0,5kg dlm 1,5bln?mungkinkah cacingan?buah2n apa yg aman u/bayi yg tidak mybabkan batuk,katany pepaya,melon bikin batuk. Makanan bprotein tinggi selain telur+seafood apa y buat husna kelak,coz tnyt baby ku alergi telur…mksh y bundit,mf slalu mrepotkn,wass…

    BunDit :
    Insya Allah gak bosan bun, namanya juga sharing. Maaf aja kalau responsenya agak lama, lagi agak repot di kantor. Ikut senang bun kalau dedek Husna mamamnya banyak. Soal BB gak usah khawatir. Selama BB Husna masih dalam range grafik normal, saya kira gak masalah. Coba konsultasikan dengan DSA nya Husna.

    Kalau buah yang menyebabkan batuk, saya malah kurang tahu. Setahu saya malah buah itu bagus buat meredakan batuk. Memang kalau kita makan buah seperti rambutan/kelengkeng memang agak gatel di tenggorokan. Tapi habis itu diminumin air putih saya rasa gatelnya hilang. Kalau pepaya atau melon saya rasa tidak ya. Untuk anak 6-7 bulan banyak pilihan kok Bun. Pear, apel, alpukat, mangga. Bunda unduh aja File MPASI buah vs Usia, disana ada beberapa macam buah untuk dikonsumsi sesuai usia. Tapi idealnya perkenalkan buah satu2 ke Husna, kalau ada reaksi misal batuk atau alergi, sementara hentikan dulu, ganti buah yang lain, nanti dicoba lagi. Lama2 kita akan tahu apa2 yang “aman” untuk dikonsumsi anak kita.

    Untuk protein, bisa kasih Husna tahu atau tempe. Coba Bunda unduh juga file2 di sebelah kanan blog ini. Ada file MPASI vs usia yang setidaknya memberi guidance makanan2 apa saja yang menjadi alternatif buat MPASI sesuai usia anak kita. Semoga membantu :-)

  22. ibukembar said

    ass, bundit…baru nongol lg. sy skr stay di ujung sulawesi (dkt tambang nikel itu loh). mau tanya lg bun, rencana mau beli tepung gasol online. yg sy liat di webnya gasol tersedia 2 pilihan tepung beras merah n coklat tp ada teman difb yg ternyata punya beragam jenis tepung ada tepung beras, kacang hijau, kacang merah, arrowroot, pokoknya ada banyak macam deh…gmn mnrt bundit? apakah sy perlu beli tepung yg berbagai jenis itu or cukup beras merah n cokelat sj? makasih y bun u pertimbangannya

    BunDit :
    Wa’alaikumsalam bu. Kalau dulu saya cobain semuanya biar untuk variasi. Untuk mulai usia 6 bulan : tepung beras merah, t beras coklat, t pisang, t kacang hijau, t ubi. t jagung, t kedelai. Dan semuanya Dita doyan. T kacang merah pernah saya cobakan di usia 9 bulan tapi Dita gak doyan. Kalau arrowroot pas dimasak agak lengket gitu kayak tepung aci dan Dita gak mau jadi saya stop. Tapi kalau saya pas mulai MPASI ya gak langsung variasi. Namanya juga perkenalan. Untuk detilnya silakan liat jadwal dan menu MPASI Dita usia 6 bulan. Semoga membantu :-)

  23. eda (ibunya kembar) said

    makasih banyak bun u pertimbangannya, very helpfull…jgn bosan2 ditanya y bun

    BunDit :
    Sama-sama bu. Feel free to ask me bu. Kalau bisa jawab, Insya Allah saya jawab :-)

  24. ami said

    Bundit, saya liat di menu mpasi DIta 6 bulan disitu tiap jam 16 ditulis : 1 sdt + 20ml ASi…maksudnya apa Bund?
    Trus arti TATA itu apa??

    hihi..lg browsing2 utk persiapan mpasi Gendis bulan Juni :)

    BunDit :
    Wah…tulisan 16.00 kayaknya harus dihilangkan. Yang di baca yang di jam 12.00 aja mam. 1 sdt+20ml itu sbg keterangannya artinya tepung 1 sendok teh dicampur 20 ml ASIP. Kalau TATA, di kolom awal ada keterangan : TATA (Tidak Ada Tanda-tanda Alergi). Itu catatan saya untuk mengontrol reaksi Dita thd makanan yang saya perkenalkan. Jadi tiap hari saya mengamati dan mencatat nya. Begitu mam :-)

  25. diana said

    Salam kenal bundit, mau minta pencerahan nih ttg mpasi..kalo bundit g keberatan mau minta tlg d imelin resep n cr pengolahan mpasi 6-12bln..postingn bundit ini bener2 brmanfaat nih.

    BunDit :
    Salam kenal mam. Silakan download di sini. Semoga membantu :-)

  26. bunda arya said

    bun, salam kenal..minta ijin download resep buat bulanannya ya bun…makasih sebelumnya..

    BunDit :
    Salam kenal Bunda Arya. Silakan Bun didownload yang diperlukan :-)

  27. bunda ael said

    Bunda ditaaa,, anakku sbulan lg mau mpasi.. Tp aku masi buta bgd nii, aku udah coba join milis mpasirumahan tp blom di app, :(
    Mauu nyontek punya bundit ga bs kebuka jg di  ku, bole ga bunn kalo ga ngerepotin kirim via emailkuuu.. :) makassii sblummmnyaa.. Salaaamm kenaal yaa bundit.. :)

    BunDit :
    Salam kenal Bun. Sudah saya kirim by email. Untuk bisa mendownload file dari sini, silakan install acrobat reader dulu bun :-)

  28. inonk said

    Hai bun lam kenal^^tertarik nih sm blogmu,klo ga ngerepotin aku minta kirimin resep sama jadwalnya dunn via email coz aku ga bs download krn blm install acrobat readerny bun aku rada gaptek nih,huhu…thanks y BunDit

    BunDit :
    Salam kenal juga mam. Sudah saya kirim by email :-)

  29. inonk said

    Bundit thanks y emailny^^tp td aku udh minta temen untuk instalin acrobat readerny jd aku udh bs download deh,huhuhu…btw bun aku liat jadwal&menunya dita,itu ada yang BBC+BKH+ASI emang boleh y bun dicampur2 gitu??sori bun banyak nanya..hehe

    BunDit :
    No problemo mbak, biar untuk variasi juga supaya anak gak bosan :-)

  30. Ayu said

    Bunda dita, saya mau tanya pertanyaan basic. Lagi belajar soalnya..:D
    Mau tanya :
    1. untuk pertama kali mpasi kan sehari sekali ya, Kapan mulai 2 kali sehari?
    2. Kalo mau 2 kali sehari, keduanya masing2 harus sudah melewati tahapan tunggu 3/4 hari (uji tunggal untuk cek alergi)? Atau bisa digabungkan, misal bubur beras merah (pagi), jeruk peras (sore). Bubur beras merahnya sudah lulus tes alergi trus mau coba jeruk peras. Gimana bunda?
    Maaf pertanyaannya basic bgt, mohon bantuannya.
    Oia bunda saya ijin unduh filenya..
    Terimakasih bunda ;)

    Ayu -mamamnya aira (4.5 bulan)

    BunDit :

    Saya coba jawab berdasar pengalaman aja nih
    1. Awal MPASI Dita makan 1x sehari selama 10 hari, habis itu 2 hari sekali. Selain porsi yang naik, tekstur nya juga ditingkatkan. Yang awalnya cair, pelan2 menjadi lebih kental. Silakan cek di http://alumongga.files.wordpress.com/2009/01/jadwal-dan-menu-mpasi-dita-6-bulan1.pdf

    2. Kalau saya patokannya dalam sehari hanya ada 1 jenis makanan baru. Jadi kalau satunya udah lulus ya no problemo. Tujuannya biar kalau ada alergi gampang tahunya aja mam.

    Semoga membantu. Jika ada yang perlu ditanyakan lagi, welcome. Kalau saya bisa jawab ya saya jawab. Kalau saya gak tahu, saya usahakan cari tahu. Saya juga masih belajar kok. Semoga nanti Aira makannya banyak dan gampang ya :-)

  31. ruri said

    assalamualaikum wr. wb.
    bunda dita salam kenal…saya ruri, ibu dr faiz (2 th 1 bln) n fathan (4 hr lg 6 bln)..
    bunda klo ga ngerepotin minta resep mpasi versi bunda ya..yang 6-12 bulan..
    nuhun pisan bunda…

    BunDit :
    Saya gak mengumpulkan resep sendiri mam. Saya mengacu pada kumpulan resep MPASI versi MPASI Rumahan. Ya..saya modifikasi sedikit2 lah :-)

  32. Hanif said

    bunda dita, setelah sy lihat jadwal mpasi 6 bln,utk buah takarannya brapa ml? apakah sama dg takaran bubur gasol?
    komposisi tepung beras gasol apakah ada campuran lain,a.l susu etc atau 100% T. beras? sy izin unduh ya ….

    terimakasih atas penjelasannya,

    Hai mam, takarannya saya tulis di jdwal MPASI Dita 6 bulan :-)

  33. Yanti said

    Lam kenal..Sy bunda naufal,infonya brmanfaat bgt coz bntr lg naufal MPASI,pgn donk dikirim menu MPASI Dita 6 bln..Makasih banyak..

    Salam kenal mam. Silakan download di side bar sebelah kanan :-)

  34. Mama Reno said

    Bundit,bs dikirim jadwal dan menu MPASI 6-12 bln g?
    Sekalian tabel MPASI vs usia ya bun….
    Thanks,,

    Silakan didownload langsung dari link nya mam :-)

  35. Upi Fitriyanti said

    thanks ya Bunda Dita share pengalamannya…sungguh bermanfaat :)

    Sama2 mbak Upi :-)

  36. raina said

    Mbak tolong diemailin menu MPASI 6 bulannya donk.saya liat pake  g jelas tulisannya..sebelumnya makasih y mbak.

  37. mita said

    Bunda dita..numpang donlot jadwal dan menu MPASI nya dita ya..buat persiapan MPASI nya Kiara
    makasih :)

  38. Sasa said

    Bunda makasih, banyak sekali info2 penting yang aku dapetin, kebetulan Arsya 2 minggu lagi lulus ASI-x S1 n mo lanjut ke S2 n MPASI homemade. Doain aku juga bisa lulus sampai S3. Hanya terbaik yang harusnya kita berikan pada bayi kita, fresh, hea
    althy babyfood.. two thumbs up buat blog-nya..d(^_^)b

    Semoga Arsya lulus ASI 2tahun ya. Amin. Makasih apresianya mam :-)

  39. bunda naifa said

    bunda, tolong diimel menu and mpasinya dita ya..mkash

    Sebenarnya bisa Bunda download sendiri di right sidebar. Tapi saya sudah kirimkan juga by email. Semoga berguna :-)

  40. Bunda…blognya bagus banget…memberi ilmu yg banyak utk saya..
    anak saya kemaren baru saja ulang bulan yang ke 5, sebentar lagi mau 6 bulan dan mpasi, bunda boleh minta dikirim email menu mpasinya dita ga…makasih banyakk

    Silakan download aja di right sidebar mam :-)

  41. Uma - ibunya disa said

    Bunda DitDit..

    Blog nya kweeerrreeeeennn… Ijin contek semua pengalaman bunda yaa.. :D khususnya MPASI.. slama ini konsen nyari ilmu di ASI hampir lupa kalo MPASI juga banyak banget yang mesti diplajarin *tepok jidat. Bentar lagi DIsa mau MPASI mau nyoba pake puree buah dulu nih. tapi karna aku wm jadi mau buat skali banyak truz disimpan di kulkas. Udah browsing sana-sini sih tapi masih agak bingung. Punya tips and triknya gak bunda Ditaa.. prosesnya gimana and mulai pake buah apa ya? newbie banget di dunia per-MPASI-an hehehe… Thanks a lot yaaa…

    Kalau saya dulu, mulainya dengan BurSi alias Bubur ASI (tepung gasol dicampur ASI). Awalnya BurSi encel, lama2 kental. Tapi kalau ibu mau mulai dengan buah, saya pernah baca, mulai dengan buah alpukat. Awalnya diencerin pake ASI, pelan2 kekentalan bertambah. Diselang seling dengan tepung gasol aja bu. Semoga membantu :-)

  42. maria said

    salam kenal ya bund

    blognya bagus bgt..saya boleh dikirimin jadwal mp asi sama resep mp asi dita gk bun…coz saya download koq gk bsa2 ya bund..
    coz anak saya 1 minggu lagi mo mp asi. thx b4

  43. maria said

    salam kenal ya bund

    bund blog nya bagus bgt …saya boleh di email gk jadwal mp asi n resep m asi nya coz saya download tp gk bisa ya..
    coz 1 minggu lg anak saya mo mp asi. thx b4

  44. fie said

    bun, mau tanya (lagi)..kalo aku liat di menu dita 6 bulan kan ada bubur gasol ditmbh kabocha/buah. nah, itu lngsung dicampur atau sendiri2 di piringnya?

    Kabocha dikukus kemudian disaring, dicampurkan ke bubur gasol yang sudah matang mam. Tapi misalnya makannya dipisah kayak kabocha sebagai “lauk” juga gak papa , tergantung mana yang enak buat anaknya :-)

  45. fie said

    makasih bund, jangan bosen kutanyain ya :)

  46. bunda marwa said

    salam kenal, ya bun.
    bunda, tq ya infonya. berguna bgt. ni emg lg butuh bgt info mp asi, soalnya bln dpn anakku irfaan dh mulai bljr mkn.
    bun, boleh minta resep mp asi buat 6-12 bulan ya. tlg kirim via email. tak buka ga bs.
    tq sebelum n sesudahnya

  47. tiwi said

    salam kenal bun………
    bunda infonya berharga bgt, tapi resep mpasinya kok gak bisa dbuka ya, boleh gak bun kirim kirim via email, coz bln ini anakku sdh mulai mpasi lg bingung eh ktmu sama blog ini ,sebelumnya tq bgt ya bun

  48. fenny said

    salam kenal bunda…
    izin copas jadwal n resep MPASI nya ya bunda,2 minggu lgi dedek krisna mau mulai MPASI…info nya berguna ngt nich. thanks

  49. alvina said

    bunda,jadwal mpasi 6 bulannya kok ga bisa di download yah…sya pengen tau, boleh di email ke angelaalvina@yahoo.com, txs a lot

  50. NaNa said

    ΔɑĽōω.. (• ˆ⌣ˆ •) Bunda Dita…
    Makasi bgt nie info2nya…
    Berguna bgt buat ibu bru kaya sya… Lgi bingung nyusun menu utk mpasi pertama…
    Btw, di menu dita Ɣªήğ 6 bln itu dikasi Bursi beras coklat utk minggu pertama brp kali shri yah?
    Agak kurang ngerti dgn jadwalnya… ‎​Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡
    Klo ga ngrepotin tlg diemailkan dunk Bunda jadwal mpasi Dita 7 dan 8 bln…

    Τнäπк чσυ。 (ʃƪˆヮˆ) (ˆヮˆʃƪ) sebelumnya yaaahh

    Seminggu pertama MPASI cuma 1xsehari dengan tekstur encer. Sudah saya kirim jadwal MPASI Dita. Silakan sbg referensi saja, karena setiap anak beda2. Thanks :-)

  51. bunda kiki said

    salam kenal bundit,,,,
    minggu depan insya allah kiki mulai mpasi, rencananya mo aq kasih gasol juga
    sedangkan bundanya kerja, dr pagi smp sore
    pengennya sie nyiapain sendiri maemnya kiki
    kalo bikin bubur pagi2 trs nyampur asip-nya siang sblm makan bisa gak ya bun?
    harus d simpan d kulkas dulu kah?
    mohon sharingnya ya bun
    makasih sebelumnya

    nb: ada PIN BB gak bund, kalo ada tlng bagi via email ya,,tq

    Salam kenal juga bun. Buburnya bisa dibuat pagi trus masukkan kulkas. Beberapa saat sebelum makan keluarkan aja dari kulkas dan diamkan diluar (suhu kamar) baru dicampur ASI. Atau kalau mau buburnya agak anget, dari kulkas, keluarkan sebentar trus ditaruh di magic jar. Semoga berguna :-)

  52. Bunda Al said

    Ass… Bundit lam kenal dgn bundanya Al.
    Apresiasi bwt blognya bagus bngt,,,
    Saat ini Al usia 4 bln, tp dr 1 bln udah dibantu sufor krn ASI-ku devisit gak bisa ngimbangin Al yg nenennya kenceng.
    Klo masalah warna pup bayi, pengalamanku sih tergantung bngt dr yg kita konsumsi. Misal, bundanya hari itu bnyk makan sayur yg ijo2 atau bubur kacang ijo (smenjak jd busui hampir tiap hari makan bubur kacang ijo, kata’y bagus bwt ASI) ntar pup-nya jd ijo jg thu…
    Klo bundanya hari itu banyak makan pepaya, pup-nya jd kuning… Tp walaupun lebih sering warna ijo, ku enjoy aja krn ku pikir selama teksturnya normal (tdk encer) ku anggap gak masalah. So, baru tau info dr bunda dita pada tulisan di atas td…
    Oiya, klo dr usia Al 4 bln mulai ku kenalkan makanan tambahan gmn ya? Krn aku pikir kan Al sdh kenal dgn sufor ini…
    Rencananya mau kukenalkan dgn juice buah (kukus dl) atau juice sayur (kukus) gt… Lalu diencerkan dgn ASI.
    Ada saran gak bun?

    Kalau pendapat saya pribadi sih, meski sudah kenal sufor, tapi bayi lebih baik diperkenalkan dengan makanan padat setelah 6 bulan. Karena menurut yang saya baca, organ pencernakan bayi kan belum sempurna, 6 bulan pertama baru mampu mengkonsumsi susu (ASI/sufor), setelah 6 bulan baru diperkenalkan makanan padat, dan ini pun ada tahapannya, encer dulu kemudian seiring bertambahnya usia, ditambah kekentalannya. Makanan yang dikonsumsi pun menurut saya sebaiknya disesuaikan dengan usianya. SIlakan download http://alumongga.files.wordpress.com/2009/03/tabel-rangkuman-mpasi-vs-usia.pdf. Semoga bermanfaat :-)

  53. makrowin said

    makrowin…

    [...]MPASI Dita 6 Bulan « Lumongga Anandita[...]…

  54. movies online|movies online watch free|watch movies online for free no download|movies online…

    [...]MPASI Dita 6 Bulan « Lumongga Anandita[...]…

  55. Bunda Kael said

    Salam Kenal..
    Saya Bunda nya Kael,Insya Allah mau nulai MPASI.. trims ya bunda,infonya lengkap bgt.. jd ga perlua susah2 brosing.. Mohon ijin ikutin jadwal MPASI-nya Dita ya..
    Maksih ya bunda Dita..

    Salam kenal Bunda Kael. Alhamdulillah, ikut senang kalau blog saya bisa bermanfaat. Salam buat Kael ya ya. Semoga selalu sehat dan mamamnya pinter :-)

  56. putri said

    Subhanalloh, lengkap sekali bunda infonya. Ijin downloadfile nya yah. Khalid anak ke2. Pengalaman dulu pas kakaknya mpasi, agak banyak salahnya. Jd sekarang harus lebih baik lagi, insya alloh.
    Numpang ubek2 blognya ya bundaaaaaa makaciiih ^_^

  57. liesa said

    bundit q udh copas jadwal menunya nii.. tp ad yg bingung sm singkatan.. TATA itu artinya apa y/ hihihihi mavkeun klo oon. maklum newbie..hehehehe ^^

    TATA = Tidak Ada Tanda-tanda Alergi, singkatan ciptaan saya sendiri :D

  58. Bunda Azzam said

    terima kasih ya bunda dita, ini bisa jadi referensi MPASI anak saya yang sudah selesai masa asi eksklusifnya, semoga kaka dita tambah sehat yah…..

  59. Mommy Almira said

    Ijin copas n download ya bunda, lg nyari2 soal MPASI ketemu blog ini rasanya dapet pencerahan banyakk skali… Terima kasih ya infonya lengkap bgt :))

    Silakan mam, dengan senang hati saya berbagi lewat blog ini :-)

  60. mimi said

    gmn dgn pupnya..apa 6 bln stlh Mpasi, pupnya tiap hari 1 kali ato 2 hari skali dan tekstur pupnya gmn?cair ato keras?makasi

    Dulu seinget saya, ALhamdulillah pup nya Dita jarang masalah, setiap hari selalu pup, dan teksturnya normal (keras) :-)

  61. Rita julianti said

    ksih info tentang BAB bayi keluar cacing dong….

    Wah, saya gak punya kapasitas untuk share tetantang itu mam. Maaf :-)

  62. mimi albani said

    Dear bundit yg selalu jadi inspirasi kuuuu :-*
    Tanpa bundit aku gak akan dapet info lengkap tentang mpasi…. Thank u so much & big hug
    Aku mulai baca blog ini semenjak Albani mulai MPASI, sekarang udah masuk minggu ke 3 MPASI umur 6bulan nya…
    Aku lagi galau bgt nih bund karna, Albani tuh gak doyan gasol kenapa yah?? Kalau buah2an dia doyan & gak ada masalah deh deh, tapi masa mau makan buah terus??? Aku lihat anak2 lain fine aja sama gasol karna pada dasar nya bayi blm kenal rasa kan? Aneh deh alpukat aja yg rasa nya plain gitu dia doyan? Whats wrong with gasol?? gasol seems to be his worst enemy 
    Aku udah coba berbagai cara mulai dgn kasi makan pas suasana hati dia yg lagi good mood tuk makan(soal nya gaboleh dipaksa kan?), pegangin mainan, nonton kartun yg biasa dia suka, juga aku usaha dgn mengganti varian rasa nya, tekstur nya, mungkin awal nya keenceran aku kasih asi nya kebanyakan, makanya pas aku buat agak kental dia baru better makan nya,agak doyan dikit itu pun dengan usaha yg matimatian aku nyuapin nya & gak bertahan sampe suapan ke4 bund, , terus aku juga udah coba campur sama buah2an yg dia suka, tetep aja gabisa “ditipu” kalo di dalam buah nya itu ada gasol nya… dia gak mau bund, kalo udah gitu dia ngambek & nagis sekenceng2 nya ahir nya nenen lah solusi yg paling ampuh…
    Hadehhh sempet agak stress aku dibuat nya,, what should I do? Apakah cukup dgn makan buah aja? Trus mau sampe kapan? bundit punya saran gak?
    Thank you sooooo much bundit & maaf ngerepotin yaaa 

    Hai Mimi Albani, duuuh seneng deh sampai bisa jadi inspirasi, padahal pengetahan saya masih cetek hehe. Soal Albani gak mau gasol, jangan bikin stress ma, karbo kan gak cuma dari tepung aja. Untuk anak usia 6 bulan kan sudah bisa dikasih labu parang, ubi jalar, kabocha . Silakan lihat di http://alumongga.files.wordpress.com/2009/03/tabel-rangkuman-mpasi-vs-usia.pdf. Jadi silakan dicoba dulu karbo yang lain, nanti sesekali coba lagi gasol buat variasi. Begitu masukan dari saya ma :-)

  63. Bunda ALiya said

    Dear Bunda Dita,
    Link yang ini: 09 – Resep MPASI 6-12 bulan versi milist MPASI Rumahan tidak bisa dibuka, cara lihatnya gimana ya bund, 1 bulan lagi MPASI jadi banyak2 cari informasi, dan postingan Budna Dita keren, banyak membantu,. Terimakasih ya bunda
    Terima Kasih

    Sudah saa kirim by email Bun. Semoga berguna :-)

  64. mommy adham said

    dear bunda dita
    adham sudah mulai MPASI sudah 12 hari, thanks for share jadwalnya ya, jadi terinspirasi buat menunya adham setelah lihat jadwalnya dita, yang mau saya tanyakan, di jadwalnya bunda dita awal memberikan makanan jam 12 siang ya bun??? kl misalkan pagi ngga apa2 kan?? karena aq awal2 kasih adham makan pas sarapan sama makan sore aja… makasih atas bantuannya bunda dita :)

    Menurut saya sih gak papa mom. Kalau saya sih pake prinsip, sepanjang anaknya gak kelaperan, gak masalah. Salam buat Adham ya, semoga mamamnya pinter :-)

  65. irma nilaida safitri said

    dear bun, blh mnt tlng krm by email jadwal n menu mpasi & resep mpasi rumahan. tQ sebelumnya…

    Saya coba kirim ke irma_nilasafy@yahoo.co.id, tapi di-reject mam. Error message nya “This account has been disabled or discontinued “.

  66. chandra prasetyowati said

    bunda…. salam kenal ya….
    boleh minta resep MPasinya gak….
    makacie ya…. lgi browsing untuk icha yang sekarang umur 5.5 bulan…. makacie ya bun….

  67. anti mamax syifa said

    Bunda salam kenal…

    Boleh d share g cara masak gasolx?
    Klo dr petunjuk penyajian 1sdm campur 200ml air
    Nh bunda paket 1sdt,,,airx bpr banyak?air biasa auw air kaldu?
    Trus pas d campurkan tu 2sdt tiap tiap gasal atw 1sdt buat tiap tepung?

    Bunda ijin copas yh jadwal dita :-)
    D tunggu inbox bun,,makasih

    Jawab disini aja ya ma. Yang di menu itu maksudnya kalau tepungnya 2 macam, masing2 1 sdt ma. Kaldu saya kasih waktu Dita 7 bulan ma, jadi untuk usia 6 bulan pakai air biasa aja. Silakan lihat jenis mpasi vs usia di http://alumongga.files.wordpress.com/2009/03/tabel-rangkuman-mpasi-vs-usia.pdf

  68. anti mamanya ayska said

    Nanya lg yh bundit :)

    Dh cb bikin 1sdt gasol+20ml asi,,tapi belum 20ml asi dh encer skali bun,,mang gitu yh?!!ky makan air bukan bubur :P
    Terus mang 2sdt tu dh porsix yh,,g kebanyakan bis ayska sa cobain 1sdt aj kebanyakan tumpahx drpd msk mulut,,ap krn terlalu encer!!
    Trus bener g sech sy cara masak gasolx : 1sdt+100ml air d msk sampai didih trus klo dh jd bubur br d tambahin asi?!bis ne pengalamn pertamaku msk gasol bun,,
    makasiiiih banyak yhh bun bt infox
    Maaf klo kebanyakan nanya :)

    Memang awal2 kayak makan air bukan bubur..karena kan baru pengenalan. Pelan-pelan kekentalannya ditambah. Masaknya sudah benar kok ma. Ukuran makan di MPASI Dita bukan harga mati ya, di modif ukuran2 nya gak masalah kok ma, disesuaikan dengan anak. Intinya sih…usia 6 bulan kan baru pengenalan MPASI, jadi awalnya encer lama2 kental seperti bubur pada umumnya :-)

  69. wah terima kasihnya atas informasinya , anak aku berumur 5 bulan sudah saya berikan MPASI dari promina tetapi sekarang dia mosen dengan rasa itu itu saja apa mungkin dia mau yang rasa lainnya

  70. Dian Mayasari said

    Bunda, boleh nanya ya. di jadwal Mpasi Dita aku liat di antara kolom waktu pukul 09.00 dan 16.00 itu kadang ada bagian yg kosong, ada juga di pukul 09.00/12.00 bagian kolom itu juga kosong itu artinya apa yah?

    Yang kosong berarti di jam itu tidak ada jadwal makan Dita. Kemungkinan masih kenyang/anaknya tidak mau atau tidak ada cemilan yang dimakan hehehe. Intinya sih pada usia 6 bulan, 10 hari pertama makannya 1x sehari, kemudian 2x sehari, selanjutnya kadang jam 12 saya kasih cemilan lagi. Jadwal makan tidak strict/kaku sih, tergantung anak saja, kalau masih mau makan ya dikasih :-)

  71. mama shanum said

    Wah…lgkap bgt blog ini mbak. Pas lg nyari2 artikel utk mpasi koq ya untung bgt ktemu blog nya. Bun, aq mau donk dkirimin kumpulan Resep MPASI 6-12 bulan sama cara pengolahanx via email.
    Thx b4

  72. esthi said

    assalamualaikum..
    Salam kenal bunda…
    Saya mau jg dikirim menu dan resep MPASI utk 6 – 12 bln via email.

    Bunda hebat,lengkap data mpasi-nya…
    Mungkin bunda yg dah pengalaman bs kasih saran, klo nyimpen daging itu baiknya gmn ? saya lbh milih beli daging yg blm digiling, nah pas mau stok di frezer itu baiknya dcuci dl trus dblender (ga punya alat giling)br dsimpen,ato gmn ?

    Iya, daging nya diblender trus dulu saya masukin ke ice cube gitu baru dimasukin freezer :-)

    mikir dblender krn brkali2 klo numis daging yg dcincang ko dagingnya tetep alot ya ?

    Makasih sblmnya bunda…

  73. angry birds

    Howdy! Ι just wish to offer you a huge thumbs up fߋr yߋur greɑt informatіon үоu’ve ɡot гight herе оn tɦіs post.
    I’ll be returning to your web site fօr more soon.

    MPASI Dita 6 Bulan Lumongga Anandita

  74. kania wijaya said

    Selamat pagi Bunda
    Salam kenal

    saya ibu baru nama saya kania dan anak saya bernama ernest. ernest hari ini perdana mau mulai di kasih mpasi. setelah search beberapa hari menurut kania jadwal dan menu dari Bunda yang paling bisa kania terapkan ke ernest soalnya cukup mudah untuk langkah2nya.

    pertama kania mau tanya (kedepannya akan banyak pertanyaan nih bunda, maklum kania belum bisa masak sama sekali, hehehehe) untuk jadwal 10 hari pertama pemberian tepung gasol itu 1sdt+asi 20 mil, kan?. lalu setelah itu tidak ada ada tulisan berapa sendok dan berapa asi nya. apakah itu sudah sesuai dengan aturan penyajian yang di kardus tepung atau sesuai keinginan anak? lalu ernest kan lagi tumbuh gigi dan rewel banget 2 hari ini gimana cara mengakalinya yah?

    kania mau minta cara pembuatan menu mpasi dita bulan ke 6-12 via email.soalnya sejauh ini baru imajinasi aja belum tau prakteknya. terima kasih yang bunda sebelumnya dan maaf merepotkan. :)

    Aturan setelah 10 hari sengaja tidak saya tulis karena disesuaikan dengan anak. Semakin lama tekstur buburnya ditambah kekentalannya dan porsinya. Berdasarkan pengalaman saya, tidak usah terlalu saklek untuk ukurannya, prinsipnya sebagai pengenalan, buburnya encer dulu, makin lama makin kental. Untuk porsi sesuaikan dengan keinginan anak aja, kalau masih mau, yang dikasih saja.

    MPASI 6-12 bulan sudah saya kirim by email ya. Semoga bermanfaat. Tq

  75. Kania wijaya said

    Hai bunda dita

    Terima kasih untuk emailnya. Hari ini ernest sudah di kasih mpasi, tapi sepertinya kurang banyak atau terlalu encer. Soalnya si ernest nangis kenceng banget sedangka mpasi tinggal 20 ml gitu sepertinya masih lapar, karena nangisnya kenceng banget jdnya kania buatin susu. Maaf bunda untuk awal perkenalan mpasi apa boleh takarannya 2sdt? Atau jangan2 karena beda waktu kasih susu terakhir (jam 9.30 pagi) terlalu jauh jdnya anaknya keburu kelaparan banget? (buat mpasi jam 12 siang). Apakah ada masukan atau tips untuk mengakalin ernest? Makasi

    Kalau menurut saya tidak perlu risau soal takaran. Jika masih laper ya dikasih aja. Tp memang jaga jarak pemberian susu dengan makan, jangan terlalu dekat. Nyantai saja ma :-)

  76. […] Mpasi dita 6 bulan « lumongga anandita […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 190 other followers

%d bloggers like this: